Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Peringati Hari Pahlawan, Kanwil DJKN Kalbar-BDK Pontianak Selenggarakan Kemenkeu Corpu Open Class

Selasa, 17 November 2020 pukul 07:59:45   |   76 kali

Pontianak - Kanwil DJKN Kalimantan Barat berkolaborasi dengan BDK Pontianak menyelenggaraan Kemenkeu Corpu Open Class dengan tema “Menggelorakan Semangat Kepahlawanan untuk Meningkatkan Nasionalisme dan Pembangunan Nasional” secara virtual pada Senin (16/11). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020. Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen penting untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, momen ini dapat digunakan sebagai sarana untuk membangun kesadaran guna menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan dalam kehidupan kita saat ini dan ke depannya.

 

Webinar yang digelar secara virtual ini dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata. Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji sebagai keynote speaker dan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edward UP Nainggolan sebagai moderator.

 

Dalam pembukaannya Dirjen mengatakan bahwa semangat kepahlawanan sangat relevan dengan kondisi saat ini  ditengah pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 ini tidak hanya merupakan masalah kesehatan yang telah memakan korban jiwa, tetapi juga berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan keuangan. 

 

Kami berharap webinar ini memberikan manfaat dan mendorong kita untuk selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk Bangsa Indonesia. Semangat kepahlawanan, seyogyanya dapat kita wujudkan dalam kehidupan kita sehari-hari, yang pada akhirnya memberikan kontribusi untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Dirjen.


Pada kesempatan yag sama, Sutarmidji menjelaskan bahwa Nasionalisme didefinisikan sebagai kesadaran  keanggotaan  dalam  suatu  bangsa  yang  secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa itu, yakni semangat kebangsaan. “Jika dikaitkan pada masa pandemi Covid-19 saat ini, sikap kita yang menunjukkan rasa cinta Tanah Air dapat dibuktikan dengan cara yakni adanya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat secara kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

 

Diakhir acara Edward mengutip perkataan Bung Tomo untuk turut membangkitkan semangat para peserta webinar. “Selama rakyat Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, maka selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga,” pungkasnya.


Adapun empat narasumber yang hadir pada webinar ini yaitu Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan bagaimana menanamkan nilai-nilai Nasionalisme dalam mendukung Pembangunan Nasional. Wakil Katib Syuriah PWNU Kalbar, Drs. H. Jipridin menjelaskan bagaiman kontribusi umat Islam dalam meningkatkan Nasionalisme dan Pembangunan Nasional. Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus memaparkan bagaimana merawat keberagaman sebagai perekat bangsa. Dan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Garuda Wiko memaparkan semangat kepahlawanan generasi muda pada masa pandemi Covid  dan era digital.

 

Kegiatan webinar ini diikuti oleh 663 peserta dari berbagai daerah, instansi pemerintahan, organisasi keagamaan, dan mahasiswa. Diakhir paparan, para narasumber juga menjawab beberapa pertanyaan yang telah dikirimkan oleh peserta webinar. (Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |