Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Menkeu: Aset Negara Harus Mampu Menjadi Aset Produktif
Esti Retnowati
Sabtu, 07 November 2020 pukul 19:55:44   |   355 kali

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik 55 pejabat eselon III di lingkungan Kementerian Keuangan, termasuk di dalamnya para pejabat dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada Kamis (05/11) di Jakarta. Menkeu berpesan kepada para pejabat eselon III DJKN bahwa inovasi dan terobosan dalam menggunakan dan memanfaatkan aset negara menjadi sangat penting. “Karena kita telah banyak dan telah begitu besar membelanjakan APBN yang sebagian adalah sekarang menjadi bentuk aset-aset, aset tersebut harus mampu menjadi aset yang produktif,” ujarnya.

 

Selain itu, ia juga berpesan kepada tiga direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang saat itu turut dilantik, bahwa LMAN merupakan institusi yang diharapkan mampu untuk terus meningkatkan kemampuan negara di dalam mengelola aset-asetnya secara inovatif, reaktif dan produktif. Dirinya berharap ketiga direktur yang dilantik pada hari ini dapat menjadi motor penggerak bagi terus menerus perbaikan kinerja inovasi, produktifitas dan kreatifitas LMAN.

 

“Sudah seharusnya aset negara betul-betul menjadi aset yang menjadi bagian untuk memberikan solusi terutama pada situasi covid, dimana kita harus menurunkan leverage dan menaikkan kesehatan keuangan negara. Disinilah peranan aset negara menjadi luar biasa penting dan makin critical,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, ia berharap LMAN sebagai salah sau dari Special Mission Vehicle (SMV) dari Kemenkeu terus berkoordinasi dengan unit-unit eselon I, tidak hanya dengan DJKN namun terus membangun sinergi kolaborasi dengan unit-unit yg lain, sehingga Kementerian Keuangan mampu meningkatkan dan menggunakan efektifitas keuangan negara baik itu dari sisi penerimaan dan belanja, tapi juga dari sisi pembiayaan dan aset negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat yang adil dan merata.

 

“Saya berharap kepada seluruh pejabat-pejabat yang hari ini di lantik, selamat menjalankan tugas dan tanggung jawab Anda dan teruslah memperbaiki kinerja Anda karena kinerja Anda adalah juga kinerja organisasi. Berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Itulah wujud kita tidak pernah lelah mencintai Indonesia,” pungkasnya.

 

Pada hari yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata melantik sepuluh Ketua Panitia Urusan Piutang Negara Cabang (PUPNC). Ia berpesan kepada jajaran PUPN untuk dapat melaksanakan pengurusan penyelesaian piutang negara secara efektif dan profesional dengan terus bersinergi dengan berbagai pihak terkait. (humasDJKN - foto:eka, Biro KLI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini