Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Pekalongan Menjuari Lomba Kantor Pelayanan Terbaik 2020
Siti Rokhayah
Senin, 02 November 2020 pukul 08:48:14   |   389 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan berhasil memperoleh juara I dalam Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Kementerian Keuangan tahun 2020. Pengumuman pemenang KPT tersebut disampaikan dalam acara Puncak Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-74 yang dilaksanakan secara virtual pada Sabtu (31/10/2020).


Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan, penilaian KPT dilaksanakan setiap tahun sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi dan prestasi dalama rangka percepatan reformasi birokrasi menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK dan WBBM) dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat. 


KPKNL Pekalongan layak menyandang gelar tersebut karena kantor ini memberikan pelayanan yang sangat prima bagi pengguna jasa dalam bentuk pelayanan pengelolaan kekayaan negara, pelayanan lelang, pelayanan penilaian dan pelayananan Pengurusan Piutang Negara. Kerja keras dan kreativitas dari insan KPKNL Pekalongan mampu di dioptimalkan dengan kinerja yang tinggi dan pemberian pelayanan prima kepada seluruh pengguna layanan (stakeholder).


Pelayanan prima yang diberikan kantor ini antara lain berbentuk layanan unggulan dalam bentuk validasi PPh dimana dengan sebuah surat keterangan dari KPKNL Pekalongan, pemenang lelang dapat mempersingkat waktu pengurusan, biaya dan tenaga karena pemenang lelang tidak perlu mengumpulkan enam dokumen yang diperlukan untuk proses balik nama. KPKNL Pekalongan juga mengoptimalkan Teknologi Informasi dengan menyediakan aplikasi SIP Sakpore untuk mendukung kemudahan pelayanan dan pengaduan. Aplikasi ini tentunya sangat membantu terutama pengguna layanan (stakeholder) karena sangat efektif, efisien, dan lebih cepat.


Dari sisi kinerja, Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Pekalongan sudah mencapai target pada Triwulan III tahun 2020 bahkan mendapat nilai tertinggi di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta untuk periode Semester II dan Triwulan III tahun 2020. Sedangkan dari sisi inovasi, KPKNL Pekalongan telah mengembangkan beragam inovasi baik yang sifatnya untuk mempersingkat Standar Operasional Prosedur (SOP) maupun untuk kemudahan layanan bagi pengguna jasa. Beragam inovasi tersebut didukung pula upaya untuk tetap menjaga integritas pegawai KPKNL Pekalongan.  Sementara itu dari segi prestasi, KPKNL Pekalongan mempunyai prestasi yang membanggakan baik dari sisi invidual maupun sebagai organisasi.


Sejalan dengan keberhasilan memperoleh predikat Kantor Pelayanan Terbaik 2020, upaya KPKNL Pekalongan dalam Pembangunan ZI menuju WBBM merupakan bagian dari upaya dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna layanan melebihi ekspektasi dengan tetap mengedepankan integritas.  (Naskah/Foto : seksi Hukum dan Informasi)

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini