Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)
Pekalongan berhasil memperoleh juara I dalam Lomba Kantor Pelayanan Terbaik
(KPT) Kementerian Keuangan tahun 2020. Pengumuman pemenang KPT tersebut
disampaikan dalam acara Puncak Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI)
ke-74 yang dilaksanakan secara virtual pada Sabtu (31/10/2020).
Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan, penilaian KPT dilaksanakan setiap tahun sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi dan prestasi dalama rangka percepatan reformasi birokrasi menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK dan WBBM) dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat.
KPKNL Pekalongan layak
menyandang gelar tersebut karena kantor ini memberikan pelayanan yang sangat
prima bagi pengguna jasa dalam bentuk pelayanan pengelolaan kekayaan negara,
pelayanan lelang, pelayanan penilaian dan pelayananan Pengurusan Piutang
Negara. Kerja keras dan kreativitas dari insan KPKNL Pekalongan mampu di
dioptimalkan dengan kinerja yang tinggi dan pemberian pelayanan prima kepada
seluruh pengguna layanan (stakeholder).
Pelayanan prima
yang diberikan kantor ini antara lain berbentuk layanan unggulan dalam bentuk
validasi PPh dimana dengan sebuah surat keterangan dari KPKNL Pekalongan,
pemenang lelang dapat mempersingkat waktu pengurusan, biaya dan tenaga karena pemenang
lelang tidak perlu mengumpulkan enam dokumen yang diperlukan untuk proses balik
nama. KPKNL Pekalongan juga mengoptimalkan Teknologi Informasi dengan
menyediakan aplikasi SIP Sakpore untuk mendukung kemudahan pelayanan dan
pengaduan. Aplikasi ini tentunya sangat membantu terutama pengguna layanan (stakeholder) karena
sangat efektif, efisien, dan lebih cepat.
Dari sisi kinerja, Nilai Kinerja Organisasi (NKO)
KPKNL Pekalongan sudah mencapai target pada Triwulan III tahun 2020 bahkan
mendapat nilai tertinggi di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D.I
Yogyakarta untuk periode Semester II dan Triwulan III tahun 2020. Sedangkan
dari sisi inovasi, KPKNL Pekalongan telah mengembangkan beragam inovasi baik
yang sifatnya untuk mempersingkat Standar Operasional Prosedur (SOP) maupun
untuk kemudahan layanan bagi pengguna jasa. Beragam inovasi tersebut didukung
pula upaya untuk tetap menjaga integritas pegawai KPKNL
Pekalongan. Sementara itu dari segi prestasi, KPKNL Pekalongan
mempunyai prestasi yang membanggakan baik dari sisi invidual maupun sebagai
organisasi.
Sejalan dengan keberhasilan memperoleh
predikat Kantor
Pelayanan Terbaik 2020, upaya KPKNL Pekalongan dalam Pembangunan ZI menuju WBBM
merupakan bagian dari upaya dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna
layanan melebihi ekspektasi dengan tetap mengedepankan integritas. (Naskah/Foto
: seksi Hukum dan Informasi)