Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Webinar Practical Experience in Making Economic Policies, Siapkan Pegawai Muda DJKN Jadi Policy Maker Masa Depan
Esti Retnowati
Senin, 26 Oktober 2020 pukul 06:41:35   |   305 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam rangkaian HUT ke 14 menyelenggarakan DJKN Muda Webinar  yang bertemakan Practical Experience in Making Economic Policies pada Jumat (23/10) secara daring melalui aplikasi Zoom yang juga merupakan bagian dari kelas DJKN Muda Public Policy Bootcamp 2020.

 

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 200 peserta dari pegawai lintas eselon I Kementerian tersebut mengundang Dessy Minarni Bonita dari Badan Kebijakan Fiskal untuk memberikan sharing pengalamannya dalam membuat kebijakan ekonomi sepanjang menjadi pegawai BKF, Temporary Consultant di World Bank Washington DC, serta Secondee di Australian Treasury Canberra.

 

Sebagai pembuka Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai dan Kepemimpinan DJKN, Bagus Kurniawan menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan DJKN Muda Public Policy Bootcamp bertujuan untuk mempersiapkan pegawai muda DJKN untuk menjadi Policy Maker di masa mendatang karena pada tahun 2045 di saat Indonesia berusia 100 tahun, orang-orang yang akan menjadi pemimpin adalah pegawai-pegawai yang saat ini berusia di bawah 35 tahun, sehingga organisasi harus mempersiapkan para pegawai muda tersebut untuk memiliki kompetensi-kompetensi yang komprehensif.

 

Lebih lanjut narasumber Dessy Bonita menjelaskan beberapa hal yang paling fundamental dalam menentukan kebijakan ekonomi atau kebijakan publik diantaranya bagaimana memformulasi kebijakan ekonomi dengan menggunakan teori dan model, kemudian Dessy juga menjelaskan bahwa kebijakan ekonomi tidak sama dengan kebijakan publik karena dimensi dan scope kebijakan publik berdampak lebih luas.

 

Dessy juga menjelaskan bahwa praktisi memiliki beragam konsep, kerangka, dan alat kebijakan public. Ia memberikan langkah-langkah yang harus diambil dalam penentuan kebijakan publik. Ia mengutip teori yang disampaikan Eugene Bardach dalam buku Practical Guide for Policy Analysis dimana pada pemaparannya dijelaskan dalam membuat kebijakan publil langkah yang diambil harus dimulai dengan identifying problem, find the evidence, construct alternative solutions, select evaluation criteria, project the outcomes, confront the trade-offs sampai dengan penentuan kebijakan yang tepat dan menyampaikannya kepada public.

 

Pada webinar tersebut para peserta berdiskusi dan menanyakan tentang teknis implementasi kebijakan-kebijakan ekonomi di level Kementerian Keuangan mulai dari proses birokrasi yang harus dihadapi sampai dengan tujuan akhir dari implementasi suatu kebijakan publik yang telah melalui proses formulasi. (Guntur)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini