Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Orientasi Pegawai Baru DJKN
N/a
Selasa, 17 Februari 2009 pukul 09:07:54   |   1106 kali

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) memberikan Orientasi CPNS kepada 93 orang Sarjana yang berlangsung mulai tanggal 8, 9, 12 dan 13 Januari 2009 bertempat di Pendopo DJKN Jalan Prapatan No. 10 Jakarta. Acara dihadiri oleh para pejabat eselon II di lingkungan Kantor Pusat dan Kanwil VII Jakarta, para pejabat lainnya dan dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Hadiyanto. Materi yang diberikan dalam orientasi tersebut adalah pengenalan terhadap tugas dan fungsi masing-masing unit eselon II di lingkungan DJKN.

Peserta orientasi adalah CPNS Departemen Keuangan tahun 2008, yaitu sebanyak 93 orang yang merupakan bagian dari 1.927 CPNS Depkeu, hasil seleksi dari 57.276 peserta ujian saringan CPNS Depkeu seluruh Indonesia.

CPNS yang ditempatkan di DJKN sebanyak 95 orang, terdiri dari 46 laki-laki dan 49 wanita. Sebanyak 28 orang adalah Sarjana Ekonomi, 33 orang Sarjana Hukum, 14 orang Sarjana Teknik (yaitu dari teknik sipil, pertambangan, pertanian, industri, geologi dan geodesi), 10 orang Sarjana Komputer, 2 orang Sarjana Geografi, 2 orang Sarjana Kehutanan dan dari bidang sastra inggris, ilmu komunikasi, statistik, manajemen kehutanan dan sosek pertanian masing-masing sebanyak 1 orang.  Sedangkan dua orang belum melaporkan diri hingga selesai orientasi.

Dalam arahannya, Direktur Jenderal menegaskan kembali pentingnya empat karakter dasar yang harus dimiliki pegawai Depkeu, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Keuangan dalam orientasi di tingkat Departemen sehari sebelumnya, yaitu integritas, dedikasi, loyalitas, serta produktivitas dan kreativitas. Keempat unsur dimaksud merupakan kompetensi yang dipersyaratkan sebagai pegawai Departemen Keuangan.

Dalam melaksanakan tugas, para CPNS tersebut dapat mencintai apa yang menjadi pekerjaannya, meningkatkan kompetensi, tekun, kreatif dan bekerja cerdas serta bangga menjadi pegawai Departemen Keuangan. Selain itu, harus mempunyai sifat untuk menjadi pelayan masyarakat dan selalu mencari solusi guna kemajuan organisasi agar dapat meningkatkan kinerja.

Para calon pegawai juga diharapkan mulai mengubah mindset masing-masing manajer aset serta dapat menyumbangkan pemikirannya untuk pengelolaan aset negara menjadi lebih baik, yang pada akhirnya dapat memperbaiki LKPP.

Kepada para CPNS, Direktur Jenderal memberikan motivasi bahwa dengan semangat kerja tinggi yang mengutamakan hasil kerja secara otomatis akan diikuti oleh kelancaran jalannya karir pada Departemen Keuangan.

Pada akhir sambutannya, Dirjen berpesan agar para pegawai baru dapat menjadi tunas-tunas yang tumbuh dengan benar dan proper, berbuah hal-hal yang baik, mencintai pekerjaan dan memulai segala sesuatu dengan baik dan benar.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini