Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Dukung Usaha Kecil di Masa Pandemi, DJKN Sosialisasikan Lelang Sukarela ke Pelaku UMKM

Selasa, 29 September 2020 pukul 10:55:31   |   146 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) memberikan sosialisasi Lelang Sukarela kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Senin (28/9). Acara yang diselenggarakan secara daring ini dimaksudkan untuk memberikan informasi akurat terkait layanan lelang DJKN guna menggenjot aktivitas ekonomi UMKM di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Melalui pelayanan lelang yang berbasis digital dan unit kerja kami yang tersebar di seluruh Indonesia, kiranya kami dapat membantu bapak dan ibu pelaku UMKM untuk memasarkan produk,” kata Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto.

Kepala Subdirektorat Bina Lelang III Nunung Eko Laksito mengatakan, lelang memiliki keunggulan sebagai instrumen jual beli yang mudah, objektif, dan aman. Kemudahan lelang dirasakan pada berbagai tahap, mulai dari akses, pencarian objek, hingga transaksi. Lelang juga wajib didahului oleh pengumuman, transparan, dan dilakukan sesuai kondisi untuk menjaga objektivitas. Keamanan proses lelang pun turut terjaga sebab pelaksanaannya harus di hadapan pejabat lelang, dengan penjual dan peserta yang terverifikasi, serta disahkan pada risalah lelang.  

“Situs lelang internet kami, lelang.go.id, juga sudah tersertifikasi lulus security testing oleh BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara.red),” ungkap Eko.

Alasan lain untuk menggunakan lelang.go.id dikemukakan oleh Kepala Seksi Bina Lelang II B Wisnu Ary Pratama. Menurutnya, harga objek lelang yang laku melalui lelang.go.id pada umumnya mengalami persentasi kenaikan yang signifikan. “Untuk lelang dengan penawaran tertutup atau closed bidding 8,51% kenaikannya, dan penawaran terbuka atau open bidding sebesar 2,74% kenaikan dari harga awalnya. Ini yang menarik dari lelang kami,” kata Wisnu.

Sosialisasi ini dihadiri oleh lebih dari 500 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, koperasi, dan perwakilan dari berbagai dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten di Indonesia. Selain lelang DJKN, kegiatan ini juga mengedukasi para peserta dengan paparan terkait Lelang Sukarela dan Pejabat Lelang Kelas II yang masing-masing disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Balai Lelang di Indonesia (PERBALI) Daddy Doxa Manurung dan  Ketua Umum Perkumpulan Pejabat Lelang Kelas II seluruh Indonesia (PPL2I) Priyatno. (nf/bril-humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |