Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Presiden Resmikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Hasil Pendanaan Pembebasan Lahan LMAN

Selasa, 25 Agustus 2020 pukul 14:22:12   |   156 kali

Aceh - Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi IV Indrapuri-Blang Bintang di Gerbang Tol Blang Bintang, Selasa (25/8). Jalan tol yang pertama di Aceh ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembebasan lahannya didanai oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), melalui mekanisme dana talangan kepada PT. Hutama Karya (Persero) Sigli-Banda Aceh Toll Road selaku Badan Usaha Jalan Tol.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembebasan lahan di Aceh berlangsung paling cepat. “Misalnya yang 74 kilometer ini dari Banda Aceh ke Sigli, sudah 86 persen. Ini cepat sekali," katanya.

Jalan tol Sibanceh mempersingkat waktu tempuh dan memperlancar konektivitas di antara kedua daerah, termasuk lalu lintas antara Bandara Sultan Iskandar Muda serta Pelabuhan Perikanan Lampulo. Dukungan jalan tol ini akan memudahkan pergerakan orang serta barang sekaligus berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi dan efektivitas kegiatan perekonomian di wilayah sekitarnya.

“Selain itu dalam kondisi saat ini, pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Presiden Joko Widodo. Menurutnya, meski tengah menghadapi pandemi Covid-19, pembangunan infrastruktur harus tetap dijalankan untuk menumbuhkan titik-titik ekonomi dan usaha baru, perluasan usaha yang sudah ada, serta membangkitkan ekonomi.

Tol Sibanceh sepanjang 74 kilometer ini akan memiliki tujuh gerbang serta enam simpang susun atau seksi. Seksi I membentang dari Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25 kilometer, Seksi II dari Seulimeum-Jantho sepanjang 6 kilometer, Seksi III dari Jantho - Indrapuri sepanjang 16 kilometer, Seksi IV dari Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 kilometer, Seksi V dari Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 8 km, dan⁣ Seksi VI dari Kuto Baro-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km.⁣ Tol ini juga akan dilengkapi dengan dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di Seksi III KM 37 dan Seksi IV KM 54. (Foto: Hutama Karya, Teks: nf/humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |