Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Bendungan Batutegi
N/a
Jum'at, 10 Juli 2009 pukul 10:59:28   |   6044 kali

Tim BMN KPKNL Bandarlampung telah berhasil menilai salah satu bendungan di Provinsi Lampung, yaitu Bendungan Batutegi yang terletak di Desa Way Harong, Kec. Pulau Panggang, Kab. Tanggamus, ± 90 km sebelah barat daya kota Bandarlampung. Bendungan tersebut merupakan salah satu aset Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, salah satu satker di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum.

Bendungan tersebut mulai dikerjakan fisiknya pada tahun 1994, akan tetapi studi kelayakannya telah dilaksanakan sejak tahun 1978 dan detail desainnya baru dapat diselesaikan pada tahun 1983 dengan dana pinjaman Bank Dunia (Loan IBRD).

Bendungan Batutegi adalah tipe bendungan timbunan batu dengan inti tanah kedap air (rock fill dam). Karakteristik tubuh bendungan adalah sbb: panjang puncak adalah 701 meter, elevasi puncak + 284,50 meter (tengah), lebar puncak 12 meter, tinggi bendungan 122 meter, volume timbunan 9.641.071 m3, dan panjang access gallery adalah 233 meter.

Pelaksanaan konstruksi untuk pekerjaan sipil dan hidromekanikal bendungan tersebut dilaksanakan dalam 3 paket LOT, yaitu:

1. Paket LOT-I, meliputi pekerjaan pembuatan terowongan pengelak, bangunan pelimpah, dan terusan air (waterway).

2. Paket LOT-II, meliputi pekerjaan bangunan sipil tubuh bendungan tipe urugan batu, bangunan pengambilan, gedung pembangkit, dan outlet irigasi.

3. Paket LOT-III, meliputi pekerjaan pengadaan dan pemasangan hidromekanikal.

Dengan menggunakan pendekatan kalkulasi biaya, nilai Bendungan Batutegi pada tanggal 16 April 2009 adalah Rp2,01Triliun, dengan rincian sbb: Nilai LOT-I Rp291,65Miliar, LOT-II Rp1,57Triliun, dan LOT-III Rp144,45Miliar. Proses penilaian dimulai dari peninjauan aset, pencarian data pendukung (original contract, amandment contracts, completion report, dsb), serta pengolahan data dan analisis.

Keberhasilan tim tersebut tidak terlepas dari semangat dan passion tim untuk menyelesaikan, dukungan dari pimpinan KPKNL Bandarlampung dan Kanwil V DJKN Bandarlampung, serta support dari pimpinan DJKN dengan menugaskan 2 (dua) orang penilai kantor pusat untuk memberikan asistensi dan bimbingan teknis, yaitu Sdr. Rochmat Kurniawan dan Sdr. Ahsanul Marom. Selain itu, hal yang terpenting adalah sikap kooperatif dari personil satker dan ketersediaan data yang tersimpan rapi di Pusat Data Bendungan Batutegi.

Ketersediaan data untuk penilaian bendungan adalah sangat penting, apalagi untuk karakteristik bendungan sebesar batutegi dan bendungan-bendungan lainnya.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini