Berita DJKN

Gelar Media Briefing, Kanwil DJKN Sulutenggomalut Sosialisasikan Lelang di Masa Pandemi

Jum'at, 17 Juli 2020 pukul 20:52:57   |   187 kali

Manado - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sudah berlangsung lebih dari empat bulan ini menciptakan sebuah kondisi dan kebiasaan baru dimana masyarakat diharuskan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut juga berlaku pada pelayanan yang ada di lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) yang mengalami banyak penyesuaian, salah satunya terkait layanan lelang. “Kami sampaikan  pada rekan media bahwa ditengah kesulitan akibat wabah pandemi covid19 ini, pelayanan lelang tetap dijalankan dengan beberapa penyesuaian,” ujar Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Aloysius Yanis Dhaniarto saat memberikan sambutan dalam media briefing yang diadakan oleh Kanwil DJKN Sulutenggomalut pada Jumat (17/07) secara daring melalui aplikasi zoom.us.

 

Yanis menjelaskan bahwa penyesuaian layanan lelang tersebut telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Kekayaan Negara Nomor 5/KN/2020 tentang Panduan Pemberian Layanan Lelang pada KPKNL Dalam Status Bencana Nasional Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID 19). “Dengan adanya Perdirjen No 5 tahun 2020 ini, kehadiran penjual dan pihak-pihak yg mengikuti lelang tidak diwajibkan lagi, dengan kemudian layanan lelang kami tetap bisa berjalan terus meskipun dikondisi pandemi seperti ini,” jelasnya.

 

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa saat ini layanan lelang sudah menggunakan aplikasi lelang.go.id sehingga sebagian besar proses lelang saat ini sudah dilakukan secara daring. “Saat ini lelang sudah menggunakan Lelang.go.id, sehingga meskipun dikondisi sulit seperti ini tidak menjadi banyak masalah,” ungkapnya. Ia juga mengatakan bahwa seluruh layanan lelang DJKN saat ini sudah menggunakan sistem daring kecuali untuk lelang kayu Perhutani dan lelang sukarela yang masih dilakukan secara konvensional.

 

Menutup sambutannya, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan transaksi lelang. Pasalnya, saat ini banyak sekali pihak-pihak yang mengatasnamakan lelang DJKN untuk melakukan penipuan. “Seiring penggunaan lelang untuk jual beli, ada juga pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat kejahatan, menipu atas nama pemerintah. Jangan percaya apabila ada yang menawarkan barang murah atas nama lelang, karena pada dasarnya dalam lelang ini pesertanya berkompetisi. Tidak ada pihak manapun yg bisa menjamin pemenangnya.” Pungkasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Suluttenggomalut Neil Efryano Prayoga menjelaskan bahwa proses lelang yang ada di Kanwil DJKN Suluttenggomalut sudah disesuaikan dengan Perdirjen 5/KN/20. Seluruh kegiatan layanan lelang yang ada di kantor tersebut dilakukan secara daring. “Dengan adanya wabah ini penawaran lelang semua melalui internet melalui website lelang.go.id. selain permohonan lelang, untuk pelaksanaannya kami juga memberikan relaksasi pada penjual dan pembeli sehingga tidak perlu hadir secara fisik,” jelasnya diakhir kegiatan. 

 

Sebagai informasi, media briefing ini juga diikuti oleh Pejabat Lelang Kelas II atau swasta dan wartawan dari berbagai media yang ada di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara antara lain seperti Harian Manado Post, Sulut Daily, Sulut News TV dan masih banyak lagi. (fz-humas)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita