Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lantik Direksi Dua SMV, Dirjen KN: Tak Hanya Profit Oriented, BUMN Harus Jadi Fiscal Tools Pemerintah
Faza Fakhriyan Wildan
Selasa, 23 Juni 2020 pukul 08:29:33   |   760 kali

Jakarta- Kondisi perekonomian nasional dan global saat ini mewajibkan kita semua untuk mengerahkan upaya terbaik dalam mengantisipasi dampak dari pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki peranan penting karena mengemban mandat khusus untuk membantu pemerintah mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi. “Tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan atau profit oriented, namun juga ditujukan sebagai fiscal tools atau instrumen yang dapat digunakan sewaktu-waktu oleh pemerintah dalam menggerakkan dan menjaga perekonomian nasional,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata pada saat melantik Andre Permana sebagai anggota Direksi PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) dan Sylvi Juniarty Gani sebagai anggota Direksi PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) pada Senin, (22/06) di Aula Kantor Pusat DJKN. 

Dalam arahannya, ia menyampaikan bahwa dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), PT PII dan PT SMI diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen utama yang dapat digunakan Pemerintah untuk turut menggerakkan perekonomian nasional. “PT SMI melalui instrumen pembiayaan dan PT PII melalui kapabilitas di bidang penjaminan diharapkan dapat menawarkan solusi bagi pemerintah dan menjadi instrumen eksekusi kebijakan yang efektif dan akuntabel dalam melaksanakan program PEN,” jelasnya. 

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa untuk melengkapi PT PII dan PT SMI dengan dukungan regulasi yang dibutuhkan, Kemenkeu telah menginisiasi izin prakarsa perluasan maksud dan tujuan pendirian PT PII dan PT SMI sehingga dapat lebih mendukung kerangka kebijakan countercyclical yang diperlukan untuk menangkal resesi ekonomi. Kedua special mission vehicle (SMV) di bawah Kemenkeu ini diharapkan dapat secara proaktif terlibat dalam pembahasan skema PEN dan dapat memberikan masukan berdasarkan expertise yang dimiliki.

Pada akhir arahannya Isa menyampaikan harapannya kepada Andre dan Sylvi sebagai anggota baru Direksi PT PII dan PT SMI. “Semoga dapat segera beradaptasi dengan jabatan yang baru dan melaksanakan tugas secara efektif sebagai Direksi. Semoga dengan bergabungnya Sdr. semakin mantap dalam menjalankan mandatnya sebagai SMV dan memberikan sumbangsih yang optimal bagi perekonomian nasional khususnya membantu pemerintah dalam upaya memulihkan perekonomian nasional pasca krisis COVID-19,” tutup Isa. (fz/ts-humas)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini