Berita DJKN

Menulislah, karena Tulisan Itu Abadi

Jum'at, 29 Mei 2020 pukul 09:13:36   |   139 kali

Jakarta - Tulisan merupakan refleksi eksitensi dan simbol peradaban manusia di dunia. Sebuah peribahasa latin kuno 'verba volent scripta manent' menyiratkan hal yang senada, bahwa apa yang terkatakan, akan segera lenyap, apa yang tertulis akan menjadi abadi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN (Kanwil DJKN) Kalimantan Barat Edward UP Nainggolan selaku narasumber webinar bertajuk 'Knowledge Sharing Penulisan Artikel DJKN'. Menurutnya, tulisan merupakan salah satu bentuk publikasi yang penting bagi sebuah institusi di tengah pesatnya perkembangan media dan informasi saat ini.

 

Pria yang akrab disapa Edo ini menegaskan bahwa selain sebagai media komunikasi dan informasi kepada stakeholder, publikasi juga berfungsi membangun branding di tengah masyarakat.

"Sebagai ASN Kementerian Keuangan sepatutmya kita bisa membangun persepsi positif masyarakat terhadap pemerintah, salah satunya dengan mempublikasikan program dan kinerja kita melalui tulisan," tandasnya.

 

Kehadiran Edo sebagai narasumber webinar ini tak lepas dari kiprahnya selama ini yang berhasil menjadi kontributor terbanyak artikel di website DJKN maupun di Media Kekayaan Negara. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara ini, juga tercatat sukses membina para pegawai di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat untuk mempublikasikan tulisan baik dalam bentuk artikel berita, opini maupun kolom. Hal tersebut ia tunjukkan dengan beberapa potongan kliping tulisan yang telah dimuat di surat kabar/media lokal.

"Modal utama untuk menulis adalah keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kita mampu, selain itu luangkan waktu untuk membaca sehingga menambah bekal wawasan kita," pungkasnya.

 

Webinar yang berlangsung pada Kamis (28/3) ini digagas oleh Direktorat Hukum dan Humas, diikuti oleh lebih dari 200 peserta perwakilan dari kantor pusat DJKN, Kanwil DJKN, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Dalam sambutannya, Direktur Hukum dan Humas, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, menyampaikan bahwa selain sebagai upaya menumbuhkan motivasi, kreativitas, dan produktivitas pegawai DJKN dalam penulisan artikel, webinar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai di bidang penulisan sesuai kaidah jurnalistik.

 

Selain Eduard Up Nainggolan, acara yang dimoderatori oleh Kasubdit Humas DJKN Bernadette Yuliasari M ini, hadir pula sebagai narasumber Nilam Rakhmawati dan Reni Saptati Dwi Iswari dari Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan, yang masing-masing mengangkat tema 'Menulis Artikel Website di Lingkungan Kementerian Keuangan' dan 'Menulis untuk Media Cetak Internal Kementerian Keuangan'. Dalam webinar yang berlangsung hampir tiga jam setengah ini, selain mendapatkan paparan materi dari narasumber, peserta juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan praktik menulis secara langsung.

Bagi pembaca yang berkeinginan untuk mendapatkan materi dan video webinar 'Knowledge Sharing Penulisan Artikel DJKN', dapat mengunduh di tautan berikut ini bit.ly/materiskpenulisanartikel.

Foto Terkait Berita