Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Mengapa Kita Harus Berubah?
N/a
Rabu, 19 Desember 2012 pukul 15:05:06   |   8143 kali

Jakarta – “One Team…One Spirit…One Goal…Salam change agent!” Ruang Krakatau Convention Center Hotel Mercure Ancol seketika bergemuruh dengan suara “Salam perubahan!” Begitulah salam change agent yang diteriakkan oleh seluruh peserta executive training dan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan 14 – 15 Desember 2012, bertempat di Hotel Mercure Ancol Jakarta. Acara yang dihadiri oleh seluruh eselon II dan III kantor pusat DJKN ini, merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Keuangan Agus Martowardjojo untuk meningkatkan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. “Memang selama ini kita masih dalam tahapan tataran sosialisasi dan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, belum sampai pada tahapan pelaksanaan program implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan,” tutur Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Sekretaris DJKN) Agus Rijanto Sedjati di sela-sela penyampaian laporan terkait pelaksanaan sosialisasi dan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yang telah dilakukan di lingkungan DJKN.

Perlu diketahui change agent Kementerian Keuangan adalah pegawai Kementerian Keuangan yang bertugas untuk mengajak dan ikut terlibat dalam menyusun dan menerapkan program sosialisasi dan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan untuk dapat diimplementasikan dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari. “Change agent di lingkungan Kantor Pusat DJKN sebelumnya berjumlah tiga orang. Namun saat ini change agent telah bertambah menjadi 10 orang,” ujar Sekretaris DJKN.

     

Untuk lebih memaknai perubahan, pengarahan Dirjen kali ini tidak disampaikan dengan cara seperti biasanya, tetapi dengan cara dialog interaktif kepada para peserta. Di awal pengarahan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto terlebih dahulu bertanya kepada para peserta, “mengapa kita harus berubah?” Hal ini sengaja dilakukan, agar para peserta paham terlebih dahulu mengenai makna, penyebab, dan reaksi dari perubahan.

Hadiyanto melanjutkan seberapa jauh suatu organisasi melakukan suatu perjalanan, mulainya pasti dari satu langkah. Langkah perubahan di masa lalu itu merupakan a long journey bagi perubahan masa akan datang yang kita harapkan lebih baik. “A long journey starts from one step,” tutur Hadiyanto.

Dalam banyak hal semua berubah dan perubahan tidak dapat terelakkan.“Penyebabnya bisa dari eksternal ataupun dari internal,” ungkap Hadiyanto. Tuntutan dan harapan masyarakat, serta lingkungan yang dinamis merupakan faktor penyebab perubahan yang berasal dari eksternal, sedangkan kebutuhan dan keinginan organisasi untuk berkembang merupakan faktor penyebab perubahan yang berasal dari internal. “Untuk itu kita harus mampu mengemas resep dan kiat-kiat jitu dari awal dengan baik untuk menghadapinya, sedangkan momentum perubahan merupakan sesuatu yang harus kita ambil dan kita hadapi dengan sebaik-baiknya, agar kita dapat masuk dalam satu level perbaikan organisasi yang lebih berkelanjutan terus-menerus (sustainable),” lanjut pria yang gemar menonton sepak bola.

     

Hadiyanto menekankan perubahan juga harus didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni, modal, dan infrastruktur yang memadai.“Akan lebih efektif lagi jika didorong oleh strong leadership,” lanjut Dirjen KN.

Acara yang digagas oleh Sekretariat DJKN ini juga mendatangkan dua orang motivator, yaitu pengarang buku “Manajemen Pikiran dan Perasaan” Ikhwan Sopa yang memaparkan tentang Internalisasi Nilai-Nilai untuk Meningkatkan Produktivitas dan Hari Subagya, penulis buku “Time to Change”,“Success Proposal”dan “Time to Change in Selling” yang mengambil topik “Change & Leadership”.

     

Semangat perubahan semakin terlihat dari para peserta saat Dirjen KN membagi para peserta menjadi 5 kelompok yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Kemudian Dirjen KN memberikan tantangan yaitu masing-masing kelompok berdiskusi singkat mengapa DJKN harus berubah dan prasyarat-prasyarat apa agar perubahan tersebut berjalan lebih baik dengan topik bahasan seputar tugas dan fungsi DJKN dan langsung dipresentasikan oleh perwakilan masing-masing kelompok. Antusiasme peserta juga terlihat saat para pserta merespon beberapa pertanyaan yang diajukan Dirjen KN dan motivator.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja DJKN dengan dijiwai semangat perubahan dan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan untuk mewujudkan DJKN sebagai Pengelola Kekayaan Negara, Piutang Negara dan Lelang yang profesional dan bertanggung jawab untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

One Team, One Spirit, One Goal, yes! Salam DJKN.

(Johan, Dimas dan Alif – Humas DJKN)

     

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini