Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Layanan Informasi Terpadu: Kunci Keberhasilan KPKNL Banda Aceh
N/a
Kamis, 20 Desember 2012 pukul 08:03:14   |   750 kali

Banda Aceh - Melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 334/KMK.01/2012, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh ditetapkan sebagai Kantor Pelayanan Percontohan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2012 mewakili Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Hal ini merupakan bukti sinergi yang kuat antara jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) I DJKN Aceh dengan KPKNL Banda Aceh guna meraih prestasi yang sangat prestisius tersebut. Salah satu kunci sukses prestasi tersebut adalah adanya inovasi dan kreativitas di bidang teknologi infromasi dan komunikasi (TIK) yaitu sebuah aplikasi layanan informasi yang diberi nama Layanan Informasi Terpadu (LIT) KPKNL Banda Aceh. Sebagai bentuk respon terhadap kreativitas dan inovasi tersebut, pada 26 November 2012, Kanwil I DJKN menyelenggarakan sharing knowledge dengan narasumber salah satu anggota tim pengembang aplikasi LIT, yaitu Nugroho Dwi Muriawan.

            Dalam paparannya, Nugroho menjelaskan bahwa LIT adalah aplikasi yang sederhana dengan harapan dapat diimplementasikan pada KPKNL lainnya. Namun dalam kesederhanaannya, aplikasi ini memuat banyak informasi yang diperlukan stakeholder, baik internal maupun eksternal. LIT secara umum memiliki tiga informasi terpadu yaitu profile, finder, dan map. Informasi profile berisi profil KPKNL Banda Aceh dengan content yang bervariasi dari sekilas profil KPKNL, layanan KPKNL termasuk Standard Operating Procedure (SOP) layanan unggulannya, testimoni dari para stakeholder, galeri foto kegiatan KPKNL, dan secara langsung terintegrasi dengan portal dan fanpage KPKNL Banda Aceh. Sementara dari informasi finder, stakeholder disuguhi data Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) yang memungkinkan debitur dan penyerah piutang untuk memeriksa jumlah hutang dan pembayaran yang telah dilakukan secara mandiri, termasuk sistem pengelolaan arsip BKPN, data Laporan Hasil Penilaian (LHP) yang memudahkan untuk pencarian berkas laporan serta informasi Barang Milik Negara (BMN) idle yang sedang dalam proses penghapusan yang berguna bagi para investor maupun calon peserta lelang yang ingin memproyeksikan investasi dalam pengelolaan BMN idle atau aset lainnya. Pada informasi map, stakeholder diberikan kemudahan untuk menemukan lokasi dari BMN yang berada di wilayah kerja KPKNL, sekaligus melihat resume hasil penilaian atas BMN tersebut yang telah dilakukan oleh Tim Penilai KPKNL Banda Aceh.

            Selain itu, fitur lain yang menjadi unggulan adalah adanya pengumuman lelang yang dapat diakses langsung melalui LIT dan fitur layanan pengaduan. Dengan adanya akses pengumuman lelang secara online, diharapkan lelang dapat diinformasikan secara lebih luas. Sedangkan dengan layanan pengaduan, stakeholder dapat melaporkan perbuatan yang terindikasi KKN secara online tanpa harus menyertakan identitas diri untuk menjamin kerahasiaan. Pengaduan tersebut telah terintegrasi secara real-time dengan smartphone pengelola LIT dan Kepala Kantor sehingga dapat segera ditindaklanjuti.

            Antusiasme pegawai Kanwil I DJKN cukup besar untuk memberi dukungan pengembangan aplikasi LIT. Masukan ide, baik teknis maupun non-teknis disampaikan untuk pengembangan aplikasi. Sementara itu, Kepala Kanwil I DJKN Banda Aceh Ischak Ismail sangat mengapresiasi inovasi aplikasi LIT ini. Ischak mengharapkan agar aplikasi LIT terus disempurnakan untuk nantinya diimplementasikan pada KPKNL Lhokseumawe dan kantor lain dengan dukungan kantor pusat. Semoga bakat-bakat yang kreatif dan inovasi unggul pegawai DJKN selalu berkembang dan selalu berusaha meraih yang terbaik. (Rofii – Kanwil I DJKN  Aceh)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini