Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pesan Presiden RI; Tetap Bersabar, Optimis, dan Disiplin di Rumah
Faza Fakhriyan Wildan
Selasa, 14 April 2020 pukul 09:29:11   |   1710 kali

Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan imbauan kepada seluruh rakyat Indonesia di tengah wabah Corona Virus Disease (COVID-19). Presiden menyampaikan pesannya kepada masyarakat Indonesia. “Tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin di rumah. Jaga jarak dalam berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan, dan pakailah masker ketika keluar rumah,” ujar Presiden RI dalam pesan yang disampaikannya melalui video Biro Pers Sekretariat Presiden pada Jumat, (10/04).

Menurut Presiden, saat ini sekitar 209 negara di dunia sedang menghadapi wabah ini. “Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi corona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang, dan kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari,” terangnya

Jokowi meyakini bahwa anjuran yang dilakukan dengan disiplin oleh seluruh masyarakat akan mempercepat situasi kembali noral. “Ketika kedisiplinan kuat itu kita lakukan, insya allah kita akan kembali pada situasi dan kondisi normal dan dapat bertemu saudara, teman, kerabat, dan tetangga dalam situasi yang normal, tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang selama ini tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran corona. Menurutnya, warga yang memilih untuk tinggal di rumah telah menyelamatkan banyak warga lainnya dari bahaya virus corona.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh tenaga medis yang selama masa pandemi ini berada di garis depan dalam menangani pasien yang terinfeksi virus corona. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Tentara Negara Indonesia, Polisi Republik Iindonesia dan seluruh relawan yang selama ini menjalankan tugasnya di luar rumah. “Atas nama masyarakat dan negara, saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya karena apa yang bapak, ibu, dan saudara-saudara lakukan merupakan pengorbanan yang luar biasa,” ujarnya. 

Presiden juga mengatakan bahwa dengan adanya kebersamaan, maka bangsa Indonesia akan kuat dalam memutus rantai penyebaran COVID-19. “Mari kita bersama-sama menangani pandemi ini, bergotong royong, bersatu padu, karena hanya dengan cara kebersamaan ini kita dapat mengatasinya,” pungkas Jokowi. (ts/fz-humas)

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini