Berita DJKN

Resmikan Gedung Baru Kanwil DJKN Kaltimtara, Dirjen Kekayaan Negara: Optimalkan Utilisasi Gedung

Kamis, 31 Oktober 2019 pukul 22:33:09   |   537 kali

Samarinda - Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata, mengunjungi kota Samarinda pada hari Rabu (30/10) untuk meresmikan Gedung Ditjen Kekayaan Negara yang merupakan tempat berkantor baru bagi Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtara) dan KPKNL Samarinda, serta memberikan pembinaan dan pengarahan bagi para pegawai DJKN di lingkup Kaltimtara.

Selain peresmian Gedung Ditjen Kekayaan Negara, pada kesempatan ini turut pula diresmikan Masjid Baitul Makmur yang terletak di belakang gedung serta Aula KPKNL Tarakan. Acara peresmian dimulai pukul 20.30 WITA , dengan pembukaan oleh Surya Hadi, Kepala Kanwil  DJKN Kaltimtara. Dalam sambutannya, Surya Hadi menjelaskan napak tilas pembangunan gedung di depan para tamu undangan yang hadir, termasuk di antaranya  Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Timur, perwakilan DJBC Samarinda, KPP Samarinda Ulu, KPP Samarinda Ilir, dan KPP Tenggarong. “Dengan perjuangan yang tidak mudah, segala kendala yang muncul saat pembangunan dapat dituntaskan hingga proses finalisasi gedung selesai, dan bisa diresmikan pada hari ini.”

Sebelum melakukan peresmian, Isa Rachmatarwata memberikan wejangan terkait optimalisasi penggunaan gedung yang baru. “Perjuangan tidak berhenti setelah gedung diresmikan. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana me-utilisasi gedung ini agar lebih optimal.” Ia menyoroti masih banyaknya space kosong di dalam gedung yang berpotensi untuk dimanfaatkan, misalnya melalui mekanisme sewa. Beliau juga menekankan pentingnya pegawai DJKN lingkup Kaltimtara mempersiapkan diri dalam menyongsong Kalimantan Timur sebagai calon ibukota negara (IKN) baru, termasuk diantaranya mengenai pembiayaan IKN. “Pembiayaan IKN memerlukan kita untuk mencari sumber revenue yang baru, salah satunya dari pengelolaan aset.” Setelah wejangan, dilakukan peresmian Gedung Ditjen Kekayaan Negara, Masjid Baitul Makmur, dan Aula KPKNL Tarakan yang ditandai dengan penandatangan prasasti serta pemotongan tumpeng oleh Isa Rachmatarwata.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembinaan dan pengarahan oleh Dirjen Kekayaan Negara dengan dimoderatori oleh Surya Hadi. Isa Rachmatarwata mengawali pengarahannya dengan memberikan penjelasan terkait Perdirjen No.2/2019 yang baru dirilis. Dalam Perdirjen tersebut klasifikasi kantor tidak lagi menggunakan 4 zonasi, melainkan dibagi menjadi 5 kategori, yaitu kategori khusus, I, II, III, dan IV. Adapun pembagian kategori ini didasarkan pada beban kerja dengan porsi sebesar 70% dan fasilitas setempat sebesar 30%. Isa Rachmatarwata kembali menyinggung pentingnya persiapan dalam menghadapi wacana Kalimantan Timur sebagai calon ibukota baru. “Anda akan semakin sering dihadapkan dengan konsep perkembangan IKN, seperti smart city, forest city, green building, ibukota yang punya karakter, dan sebagainya. Diperlukan sikap antisipatif terhadap calon IKN baru, jangan sampai Anda tidak tahu apa yang terjadi di sekitar Anda,” ujarnya.

Sebagai penutup, beliau menggarisbawahi peran vital SDM dalam pembangunan DJKN ke arah yang lebih baik. “Terus gali SDM dan jadilah proaktif. Jangan terpaku pada rutinitas sehari-hari, teruslah berinisiatif membangun knowledge . DJKN tidak akan tetap sama, akan ada challenge yang semakin besar. Lingkungan sekitar kita terus berubah dengan cepat, yang bisa kita lakukan adalah berusaha memahami dan beradaptasi sebaik-baiknya. Pada akhirnya yang kita inginkan adalah DJKN yang semakin baik, yang ditandai dengan pengakuan performa oleh pihak luar tanpa harus kita promosikan,” pungkasnya. Setelah pembinaan, dilakukan sesi tanya jawab yang direspons antusias oleh para pegawai dengan mengajukan pertanyaan dan masukan seputar Perdirjen yang baru, wewenang unit vertikal, pola mutasi, dan IKU yang lebih challenging. Sesi tanya jawab berjalan seru hingga tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 02.00 WITA. Acara pembinaan pun diakhiri dengan sesi foto bersama. (Bellisa/KIHI Kaltimtara)

Foto Terkait Berita