Berita DJKN

Dukung Pengendalian Sampah dan Pemeliharaan Alam Indonesia, Kemenkeu Lakukan Bersih Pantai

Jum'at, 11 Oktober 2019 pukul 15:50:57   |   258 kali

Banten - “Kemenkeu Bersih Pantai” diharapkan menjadi suatu langkah simbolis bagi Kementerian Keuangan dalam menjaga dan terus-menerus peduli terhadap lingkungan. “Isu lingkungan dan kebersihannya akan terus-menerus menjadi suatu isu yang tidak akan hilang tanpa kita semua ikut peduli dan berpartisipasi”, ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat membuka kegiatan Kemenkeu Bersih Pantai (Kemenkeu Beach Cleanup Day) pada Jumat (11/10) di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kegiatan yang melibatkan sekitar 300 peserta yang terdiri dari seluruh jajaran Kementerian Keuangan, mahasiswa, dan anggota Jakarta Angler Community ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-73 dan bentuk kampanye Kementerian Keuangan kepada masyarakat mengenai pentingnya pengendalian penggunaan sampah plastik dan menjaga lingkungan alam Indonesia. “Di dalam rangka memperingati hari uang kita tidak hanya berpikir mengenai uang karena dengan uang banyak tapi kalau lingkungan rusak dan lingkungan kotor itu sama sekali tidak memberikan kualitas hidup”, jelas Sri Mulyani.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pemerintah sudah mulai melakukan berbagai upaya untuk terus bersinergi dan berkoordinasi lebih, mulai dari mobilisasi pendanaan hingga pelaksanaan program di dalam menjaga lingkungan Indonesia. “Saat ini Indonesia barangkali termasuk negara yang harus mulai memikirkan tidak hanya bagaimana menumbuhkan ekonomi tapi juga bagaimana kita menangani sampah. Pertumbuhan jumlah penduduk yang meningkat, pertumbuhan ekonomi yang meningkat, dan terjadinya arus urbanisasi menimbulkan semakin meningkatnya persoalan sampah di Indonesia”, tambahnya.

Bentuk dukungan dan respon Kementerian Keuangan terhadap pengendalian sampah dan pemeliharaan alam Indonesia juga dilakukan melalui kebijakan fiskal mulai dari cukai, pajak, sampai kepada belanja dan transfer ke daerah. “Itu kita coba lakukan dengan sungguh-sungguh bahkan kita juga menggunakan instrumen pembiayaan untuk bisa mendukung agar Indonesia makin lama makin menyadari bahwa kita harus peduli dan memelihara alam kita sendiri”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sri Mulyani juga menyerahkan donasi kepada Mitra Pengelola Tanjung Pasir Supriadi dan Asisten Potensi Maritim Lantamal 3 Kolonel Laut Muhadi dengan tujuan dapat memunculkan budaya tertib buang sampah di sekitar pantai sehingga pengelolaan sampah menjadi lebih mudah dan lebih tepat serta dapat menjadikan pantai sebagai tempat kegiatan ekonomi maupun sosial dan budaya bagi masyarakat secara nyaman. (Anggit/Andi/Faza)

 

 

Foto Terkait Berita