Berita DJKN

Bukan Sekadar Human Resources Administrator, Pengelola Kepegawaian DJKN Harus Bertransformasi Jadi Human Capital Manager

Senin, 22 April 2019 pukul 09:48:05   |   532 kali

Jakarta - Seiring dengan transformasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dari asset administrator menjadi asset manager, para Kasubbag Kepegawaian di lingkungan kanwil DJKN dan para Kasubbag Tata Usaha di lingkungan direktorat juga harus mampu bertransformasi dari human resource administrator menjadi human capital manager. Hal tersebut disampaikan Dwi Wahyudi, Kepala Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN pada Forum Kepegawaian DJKN tahun 2019 di Jakarta  Rabu (10/4/2019) di Jakarta.

Acara tersebut diadakan untuk menjawab tantangan pengelolaan SDM yang semakin kompleks serta menguatkan koordinasi dan komunikasi secara dua arah antara Bagian Kepegawaian, Sekretariat DJKN dengan para Pengelola Kepegawaian di seluruh lingkungan kerja DJKN. Pengelola Kepegawaian yang kompeten dan humanis diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan produktifitas pegawai di lingkungan DJKN.

Lebih lanjut Dwi menambahkan, bahwa dengan transformasi unit tersebut para pimpinan unit kerja di DJKN hendaknya berusaha untuk mengembangkan sumber daya manusia di unit kerjanya, menegakkan integritas para pegawai, dan mengoptimalkan kompetensi dan potensi sesuai jabatan masing-masing. 

“Tugas para Kasubbag Kepegawaian dan Tata Usaha untuk menyajikan data dan bahan yang tepat terkait kepegawaian di unit kerja masing-masing untuk mendukung para pimpinan unit kerja dalam menyikapi transformasi organisasi tersebut.” Ujar Dwi Wahyudi.

Sebelumnya, Sekretaris DJKN Dodi Iskandar dalam arahannya mengatakan bahwa mengelola kepegawaian bukanlah hal yang mudah dan banyak hal yang harus dikerjakan. “ DJKN adalah organisasi yang memiliki banyak tugas dan fungsi sehingga SDM yang berkualitas menjadi salah satu modal yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan fungsi tersebut.” Ujar Dodi. “Pengelola kepegawaian di DJKN harus mampu melihat SDM yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh organisasi.” tambahnya.

Berbeda dengan penyelenggaraan Forum Kepegawaian pada tahun sebelumnya, kegiatan ini selain bertujuan sebagai pengembangan hard competency agar pengelola SDM tidak sekedar mengetahui berbagai macam peraturan di bidang kepegawaian, namun memiliki pemahaman dan persepsi yang sama terhadap maksud dan tujuan dari ditetapkannya peraturan-peraturan tersebut. 

Hal tersebut diperlukan sehingga para pengelola SDM di DJKN mampu menggunakan peraturan dimaksud sebagai alat dan dasar dalam menyelesaikan setiap permasalahan-permasalahan atau menentukan berbagai kebijakan di bidang kepegawaian sehingga setiap penyelesaian permasalahan dan kebijakan yang dilakukan oleh para pejabat/pegawai yang menangani bidang kepegawaian menjadi lebih akurat dan akuntabel. 

Selain pengembangan hard competency dari para pengelola SDM di DJKN, pada Forum Kepegawaian ini juga diberikan soft competency kepada para Pengelola SDM. Kami berharap motivasi, team work, peningkatan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan serta kompetensi sosiokultural semakin ditingkatkan dan selalu dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan kantor kedepannya. 

Pada Forum Kepegawaian tersebut juga menghadirkan Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai dan Kepemimpinan, Kepala Subbagian Manajemen Kinerja dan Mutasi Kepegawaian, dan Kepala Subbagian Perencanaan dan Administrasi Umum Kepegawaian sebagai pemateri.

Para Kepala Subbagian tersebut menyampaikan materi sesuai cakupan tugas masing-masing subbagian sekaligus memberikan kesempatan tanya jawab bagi para peserta seputar permasalahan kepegawaian yang terjadi di unit kerja masing-masing. 

Perwakilan dari Bagian Penghargaan, Penegakan Disiplin dan Pensiun, Biro SDM, Setjen Kemenkeu juga dihadirkan untuk memberikan materi dan pelatihan terkait penetapan pensiun otomatis pada aplikasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) bagi para peserta. Pada kesempatan tersebut hadir pula Widya Iswara dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan yang memandu acara capacity building.

Forum Kepegawaian DJKN 2019 ini dihadiri  tujuh belas kepala subbag kepegawaian di lingkungan Kanwil DJKN dan tujuh kepala subbag tata usaha di lingkungan Direktorat. (Tim Bagian Kepegawaian DJKN)

 

Foto Terkait Berita