Berita DJKN

Berkomitmen Cegah Korupsi, KPKNL Tarakan Selenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

Rabu, 27 Februari 2019 pukul 07:09:32   |   86 kali

Tarakan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan menyelenggarakan acara  Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Kantor Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), U'Tarakan Awards, dan Sosialisasi Tugas dan Fungsi KPKNL Tarakan bertempat di U’Tarakan Ballroom pada Selasa, (26/2). Acara ini dihadiri oleh kementerian /lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan pemangku kepentingan.

Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Surya Hadi menyebutkan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) bertujuan untuk mewujudkan reformasi birokrasi. “Predikat ZI diberikan kepada instansi yang berkomitmen dalam pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik,” ungakpnya.


Surya Hadi juga menambahkan Pada tahun 2018 ada 60 unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang meraih predikat Zona Integritas, yang terdiri dari 59 kantor berpredikat WBK dan 1 kantor berpredikat WBBM. Tahun 2019 ini Kementerian Keuangan mengusulkan 260 unit kerja untuk mengikuti penilaian  ZI WBK dan WBBM. Sambutan diakhiri dengan permintaan dukungan serta kerjasama kepada satuan kerja yang hadir dalam pembangunan Zona Integritas yang sedang dijalankan KPKNL Tarakan, terlebih pada tahun ini juga KPKNL Tarakan mengikuti perlombaan Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan DJKN.


Pencanangan Pembangunan Zona Integritas merupakan langkah awal setiap unit kerja dalam Pembangunan Zona Integritas sesuai Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Sedangkan Pedoman Pembangunan dan Penilaian Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Lingkungan Kementerian Keuangan tertera pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2017. 


Tahun ini, KPKNL Tarakan sebagai unit vertikal DJKN di Bawah Kementerian Keuangan diusulkan sebagai unit kerja yang berpeluang meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi. Sebagai bukti dukungan para pemangku kepentingan kepada KPKNL Tarakan dalam pembangunan Zona Integritas Wilayah  Bebas dari Korupsi, dilakukan penandatanganan piagam pencanangan dihadapan perwakilan pemangku kepentingan KPKNL Tarakan, diantaranya Kepala Kanwil Kaltimtara, Ketua Pengadilan Negeri Tarakan, Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, Kepala KPPN Tarakan, Kepala KPP Pratama Tarakan, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tarakan, dan Pemimpin Cabang BRI Tarakan.


Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi pada pengguna layanan KPKNL Tarakan tahun 2019 yang meliputi delapan kategori. Kategori tersebut, yaitu Kontributor terbanyak dalam penyelesaian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) yang diraih BPJS Ketenagakerjaan Tarakan, Lelang Non Eksekusi Terbaik diraih Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan, Lelang Eksekusi Terbaik diraih Kejaksaan Negeri Bulungan, Pemohon Penilaian BMN Terbaik diraih Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan, Pemohon Penilaian BMD Terbaik diraih Pemerintah Kabupaten Bulungan, Pengelolaan BMN Terbaik diraih Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan, Pengadministrasian BMN Terbaik diraih Pengadilan Negeri Nunukan dan nominasi terakhir untuk partisipasi dan kerja sama dalam pelaksanaan kegiatan percepatan sertifikasi BMN berupa tanah terbaik diraih  Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Kalimantan Utara.


Selain itu, KPKNL Tarakan melakukan sosialisasi terkait Tugas dan Fungsi KPKNL, yang bertujuan memberikan edukasi kepada para pemangku kepentingan terkait pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Tarakan. KPKNL Tarakan memiliki empat pelayanan antara lain, Pengelolaan Kekayaan Negara, Pelayanan Penilaian, Pelayanan Lelang, dan Piutang Negara.


Di sela acara, dihadapan para wartawan, Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro berharap dengan adanya  acara ini, KPKNL Tarakan senantiasa dapat meningkatkan pelayanan dibidang kekayaan Negara, pelayanan penilaian, pelayanan pengurusan piutang Negara dan pelayanan lelang di wilayah utara Indonesia untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Ia juga mengharapkan dengan wilayah kerja diperbatasan Indonesia, KPKNL Tarakan berkontribusi menggerakan perekonomian masyarakat melalui pengelolaan dan pemanfaatan aset Negara.

(Teks & Foto : Rini Rosfitasari & Mei Wulandari, Editor : Ani Rejeki)

 

Foto Terkait Berita