Berita DJKN

Gubernur Kalbar dan Dirjen Kekayaan Negara Saksikan Pencanangan WBK/WBBM pada Kanwil DJKN Kalbar

Sabtu, 16 Februari 2019 pukul 11:57:59   |   237 kali

Pontianak – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat menyelenggarakan tiga acara besar yaitu Pencanangan Pembangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM), Penyerahan Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa (ABMA/T) dan Stakeholder Gathering pada Jumat, (15/2) di Aula Lantai III Gedung Kanwl DJKN Kalimantan Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Sutarmiji, Direktur Jenderal  Kekayaan Negara Isa Rachmatawarta, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edih Mulyadi,  Kasdam XII Tanjungpura, Wakapolda Kalimantan Barat, Walikota Singkawang,  perwakilan dari Kepala Daerah TK II di Provinsi Kalimantan Barat dan satker pada Kanwil DJKN Kalimantan Barat.


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan bahwa zona integritas harus dijadikan sebagai misi utama untuk memberikan pelayanan yang optimal ke masyarakat. Semua pelayanan harus ada Standard Operating Procedure  (SOP) nya. “Sebagai Institusi pemerintahan kita harus memberikan pelayanan yang cepat dan transparan kepada masyarakat,” ungkap Sutarmiji.


Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata mengatakan sejak pencanangan, akan banyak yang melihat kinerja dari kanwil untuk serius membebaskan dirinya dari korupsi dan bersih melayani dan ini bukan hanya menjadi slogan atau kegiatan mengikuti SOP, namun harus keluar dari hati dan tercemin sehari-hari. “Saya, Ibu Menteri Keuangan, dan yang ada di kantor pusat  serta stakeholder mendukung sekaligus mengawasi Kanwil DJKN Kalbar dan KPKNL di wilayah Kalimantan Barat dalam proses menuju WBK/WBBM,” kata.


Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edih Mulyadi menyampaikan seiring dengan tuntutan masyarakat dan bentuk akuntabilitas institusi publik, Kanwil DJKN Kalimantan bertekad mengikuti WBK/WBBM. Proses tersebut, tidak terlepas dari peran serta stakeholder dalam memberi masukan terhadap pelayanan yang diberikan. Dalam kesempatan ini, Kanwil DJKN Kalimantan Barat bertekad memperbaiki semua kekurangan dan memastikan semua pelayananan yang diberikan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

 

Di tempat yang sama, dilakukan penyerahan 20 Aset ABMA/T dengan rincian 16 menjadi BMD dan 4 menjadi BMN kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kodam XII Tanjungpura, Polda Kalimantan Barat dan 8 Pemerintah Daerah Tingkat II di wilayah Kalimantan Barat. Penyerahan aset ini  diharapkan dapat memberikan optimalisasi aset untuk meningkatkan  standar pelayanan kepada lingkungan sekitar supaya memberikan manfaat terbaik dan nilai tertinggi untuk negeri.


Kanwil DJKN Kalimantan Barat memberikan apresiasi kepada satker Kodam XII/Tanjungpuran dalam kategori “Penghargaan Terbaik Pengelolaan BMN”, PT BRI (Persero) Cabang Barito “Penghargaan Terbaik Hasil Lelang Tertinggi” dan PT BRI (Persero) Cabang Gajahmada  untuk ”Penghargaan Terbaik Pemohon Lelang terbanyak”


Acara terakhir adalah Stakeholder Gathering sebagai  cara Kanwil DJKN Kalimantan Barat  untuk mendengar apa yang dihendaki dan dikeluhkan oleh Stakeholder kepada Kanwil DJKN Kalimantan Barat sehingga dapat mewujudkan pelayanan yang semakin baik. (KIHIKanwilKalbar)

Foto Terkait Berita