Berita DJKN

Kenalkan Tusi, KPKNL Pekalongan Lelang Durian di Festival Durian

Senin, 11 Februari 2019 pukul 15:38:50   |   286 kali

Pekalongan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan ikut menyemarakkan acara Festival Durian pada Sabtu (9/2) yang digelar di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Kesempatan yang langka ini digunakan KPKNL Pekalongan untuk memperkenalkan tugas dan fungsi serta membangun image KPKNL Pekalongan sekaligus dalam rangka mengangkat dan mempekenalkan khasanah budaya lokal setempat.


Pengenalan tusi ini dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Pekalongan Marhaeni Rumiasih yang  mengenalkan tugas dan fungsi KPKNL Pekalongan yaitu tusi pengelolaan kekayaan negara, pelayanan lelang, dan pelayanan piutang negara.


Pada festival ini diadakan lelang durian yang dipimpin oleh Pelelang KPKNL Pekalongan Ery dibantu Gunawan Satria. Dengan penuh semangat mereka berdua memimpin jalannya simulasi lelang durian, dimulai dengan harga limit Rp111,00 (Seratus sebelas rupiah) sebanyak 11 buah.  Acara yang bertepatan dengan bulan Ulang Tahun Undang-Undang Lelang (Vendu Reglement) ke 111 tersebut dimeriahkan dengan kehadiran Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.


Dari harga limit Rp111,00 laku terjual dengan harga lelang Rp250 ribu. Seluruh hasil lelang  disumbangkan kepada Karang Taruna Desa Lolong untuk pengembangan pariwisata di daerah tersebut.


Selain acara lelang durian, dilakukan juga pengenalan lelang kepada masyarakat dan pendaftaran akun lelang kepada pengunjung yang datang ke stand KPKNL Pekalongan. Antusias pengunjung sangat bagus terbukti dari banyaknya pengunjung yang mengikuti simulasi lelang. Diharapkan dengan acara ini KPKNL Pekalongan dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat.


Sebagai informasi, Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu sentra penghasil durian di Jawa Tengah.  Sejak tahun 2010 Kabupaten Pekalongan secara rutin menyelenggarakan acara “Festival Durian Lolong”. Dalam Festival tahunan ini menampilkan kirab 25 gunungan durian dan kontes durian yang merupakan perwakilan dari 10 kecamatan yang ada di Kab. Pekalongan. Acara lebih semarak dengan dibagikannya 1.000 buah durian hasil panen para petani Ds. Lolong secara cuma-cuma kepada pengunjung.


Untuk pengunjung yang tidak mau repot berebut durian, panitia menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin membeli durian di stand bazar durian dengan membeli voucher terlebih dahulu. Selain itu pula, festival durian dimaksudkan untuk  memperkenalkan durian lokal Pekalongan agar dikenal luas oleh masyarakat di luar Pekalongan.

 (Narasi dan foto: Seksi HI)

 

 

Foto Terkait Berita