Berita DJKN

DTU 2018. Kopassus TNI AD Tanamkan Kedisiplinan ke 214 CASN DJKN

Senin, 26 November 2018 pukul 07:05:58   |   1297 kali

Sukabumi – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat memberikan penanaman kedisiplinan kepada 214 Calon Aparatur Sipil Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (CASN DJKN) Penerimaan Umum pada Rabu (22/11) di Cikundul Campground, Sukabumi, Jawa Barat.

Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Tata Upacara Sipil (TUS), dan Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD) adalah menu latihan yang diberikan oleh tim Kopassus TNI-AD.


Pelatihan Diklat Teknis Umum (DTU) ini merupakan kerja sama Sekretariat DJKN dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (KNPK) dalam rangka penyiapan pegawai yang beretika, disiplin dan mampu menyelesaikan pekerjaan untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.


Jadwal kegiatan latihan dimulai sejak pukul 06.00  WIB – 22.00 WIB. Selain yang telah disebutkan, pelatihan lain yang diagendakan dalam DTU adalah Pembinaan Jasmani (Binjas), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Pembimbingan dan Pengasuhan (Binsuh), Pertolongan Pertama di Lapangan (Longmalap), Navigasi Barat (Navrat), Pengamatan, dan Survival.


"Tidak sampai sempurna, tidak apa bila gerakannya tidak sempurna. Yang ditekankan adalah tumbuhnya kesadaraan siswa akan filosofi kegiatan DTU ini," ujar pelatih Kopassus kepada Tim Humas DJKN sore itu.

Melalui materi baris-berbaris, lanjutnya, harapannya agar kelak CASN DJKN terbiasa bekerja dengan rapi dan teratur sesuai prosedur. Sedangkan pelatihan fisik bertujuan untuk mengajarkan siswa untuk mampu melakukan lebih di luar batasnya.


"Contohnya setelah disuruh beruling, otomatis kepala mereka pusing dan perut mual. Tapi pas disuruh baris mereka terbukti mampu melaksanakan perintah dengan benar. Ini sebenarnya bukti bahwa siswa mampu bahkan di saat situasi tertekan dan tidak kondusif. Sikap seperti itu sangat penting dalam dunia pekerjaan," ujar pelatih lainnya di tengah kegiatan DTU.


Sebelum mengakhiri kegiatan pada malam hari, batas mental dan fisik peserta DTU masih terus diuji dan dikembangkan dengan materi pembimbingan dan pengasuhan, pembinaan jasmani yakni senam militer, dan ditutup dengan apel malam.

Kegiatan DTU ini dilangsungkan pada 19-28 November malam yang rencananya ditutup dengan malam api unggun dan pertunjukan bela diri. [Tim Humas]

 

 

 

Foto Terkait Berita