Berita DJKN

DJKN Resmi Luncurkan Domain Lelang.go.id

Jum'at, 16 November 2018 pukul 13:16:41   |   1099 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN),  resmi meluncurkan Portal Lelang Indonesia dengan domain lelang.go.id pada Kamis (15/11) di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan. Peresmian portal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara bank BUMN (Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia dan Bank Tabungan Negara) dan DJKN tentang pertukaran informasi lelang melalui situs web. Acara peluncuran portal Lelang Indonesia ini merupakan salah satu rangkaian pekan kekayaan negara dalam rangka memperingati HUT DJKN ke-12.


Acara ini juga dihadiri oleh wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata yang ikut memberikan kata sambutan di awal acara. Dalam sambutannya, Alexander mengungkapkan KPK menyambut positif dan mendukung sepenuhnya langkah DJKN terkait inovasi di bidang lelang karena pengetahuan mengenai lelang negara terutama barang gratifikasi dapat tersampaikan lebih baik ke masyarakat apabila melalui sistem online atau aplikasi, mengingat perubahan zaman yang semuanya sudah mulai terhubung dengan internet. “Kami sangat mengapresiasi DJKN dan berharap sinergi DJKN, KPK dan KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang-red) semakin strategis dalam pelelangan barang-barang gratifikasi, serta besar harapan kami lelang kekayaan negara menjadi semakin efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ujarnya.


Peresmian portal ini dilakukan oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Ia mengatakan Lelang.go.id akan menjadi identitas perusahaan yang berfungsi membangun kesadaran masyarakat luas akan fungsi lelang, mulai dari menjaring pembeli potensial, mengangkat citra lelang yang aman, hingga merubah presepsi negatif masyarakat terkait lelang itu sendiri. "Selama ini setiap kita dengar kata lelang maka yang terlintas di benak kita adalah proses yang berbelit-belit, sulit diakses, ada asimetri informasi, ada informasi orang dalam, dan sebagainya. Maka dari itu Lelang.go.id ini merupakan terobosan yang luar biasa, karena dengan ini maka hal-hal negatif tadi bisa hilang dengan sendirinya. Semua terbuka bagi masyarakat,” jelasnya.


Rangkaian acara dilanjutkan dengan lelang dengan kehadiran peserta barang gratifikasi yang dilakukan oleh KPKNL Jakarta III. Peserta yang telah hadir dapat melakukan penawaran langsung terhadap barang-barang yang dilelang. Ada lima barang dalam acara ini yang dilelang yaitu jam tangan merek Alexander Christie, Tas Polo merek Ralph Lauren, Kain batik, Jam tangan merek Bonia Rosso, dan Kemeja Batik Keris. Lelang berlangsung seru dan semua barang laku terjual dengan nilai yang cukup tinggi dibanding harga pembukaan. Selain itu ada juga pengumuman pemenang lelang yang penawarannya melalui internet secara close bidding dan secara terbuka (open bidding) yang dapat diakses melalui gadget. (Hinji/AL/Corin-Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita