Berita DJKN

Peringati HUT DJKN Ke-12, KPKNL Ternate Bagikan Helm SNI

Jum'at, 02 November 2018 pukul 14:30:37   |   367 kali

Ternate – Di Hari Ulang Tahun DJKN ke-12, KPKNL Ternate bekerjasama dengan Kepolisian Resor Ternate, Forum BUMN, dan instansi terkait lainnya melaksanakan pembagian helm SNI secara gratis kepada masyarakat Ternate. Kegiatan yang bertajuk “Aman Berkendara Dengan Helm SNI, Aman Jual Beli Dengan Lelang DJKN” ini berlangsung pada hari Kamis (1/11), dimana kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Salero Kota Ternate dan dimulai pada pukul 4 sore waktu setempat. Mewakili DJKN, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong, turut menghadiri pembagian helm ini dengan didampingi Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Resor Kota Ternate, Ketua Forum BUMN, dan para pimpinan instansi baik instansi pemerintahan maupun Badan Usaha Milik Negara.

Sebelum pembagian helm dilaksanakan, pihak Kepolisian Resor Ternate sudah terlihat melakukan pengamanan di sekitar lokasi pelaksanaan kegiatan. Rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk mengantisipasi membludaknya warga. Kegiatan pembagian helm secara resmi dimulai setelah mobil pengangkut helm yang akan dibagikan dan para pimpinan instansi yang terlibat tiba di lokasi pembagian. Pembagian dilakukan pertama kali secara simbolis oleh pimpinan instansi yang hadir, dimana mereka langsung menyematkan helm ke para pengendara motor yang melewati tempat kegiatan.

Seperti yang telah diantisipasi sebelumnya, pembagian helm SNI ini mengundang animo masyarakat yang sangat besar. Selang 10 menit sejak kegiatan pembagian helm dimulai, para pengendara motor terlihat memenuhi ruas jalan. Antrian kendaraan mengular dimana hal ini sempat membuat kewalahan para petugas yang berjaga. Meskipun demikian, kegiatan pembagian helm ini tetap berlangsung dengan tertib dan proses penyerahan helm ke masyarakat berjalan dengan lancar. Pada kegiatan pembagian helm kali ini, penyerahan helm dikhususkan kepada pengendara motor maupun penumpang sepeda motor yang masih menggunakan helm yang tidak memenuhi standar serta yang menggunakan helm yang sudah tidak layak pakai. Kegiatan pembagian helm berlangsung selama sekitar 1 jam, dan usai pembagian helm, arus lalu lintas di sekitar tempat kegiatan kembali normal.

Kegiatan pembagian helm SNI merupakan wujud kepedulian dan sumbangsih seluruh instansi yang terlibat terhadap masalah keamanan berkendara di Kota Ternate. Pihak Kepolisian Resor Kota Ternate menuturkan bahwa tingkat kepatuhan para pengendara sepeda motor di Kota Ternate untuk selalu menggunakan helm SNI selama berkendara tergolong rendah. Kegiatan pembagian helm ini diharapkan dapat meningkatkan kembali kesadaran para pengendara sepeda motor untuk selalu memperhatikan faktor keamanan berlalu lintas. Helm yang dibagikan dalam kegiatan ini merupakan kontribusi dari 29 instansi, dimana jumlah helm yang berhasil dihimpun sebanyak 447 buah.

Sesuai dengan tema kegiatan dan pelaksanaan kegiatan yang bertepatan dengan HUT DJKN, acara pembagian helm ini juga diisi dengan edukasi tentang layanan lelang DJKN. KPKNL Ternate sebagai salah satu inisiator kegiatan ini turut memberikan informasi tentang layanan lelang DJKN yang bisa dimanfaatkan melalui KPKNL Ternate. Para pegawai KPKNL Ternate membagikan brosur berisi informasi terkait layanan lelang DJKN sekaligus memberikan penjelasan kepada masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang lelang DJKN.

Suksesnya kegiatan pembagian helm ini menunjukkan baiknya kolaborasi antar instansi di Maluku Utara. Kerjasama yang ditunjukkan dalam kegiatan ini menandakan soliditas yang terjaga di antara instansi yang terlibat. Hubungan yang baik ini diharapkan berlanjut di masa yang akan datang, terutama untuk kemajuan Ternate dan Maluku Utara secara umum. (Seksi HI KPKNL Ternate)

Foto Terkait Berita