Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Begini Cara Sukses Melakukan Penelitian
Azif Qurba Rahman
Rabu, 01 Agustus 2018 pukul 14:54:58   |   1250 kali

Jakarta – Sekretariat Direktorat Jendral kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan kegiatan knowledgde sharing di bidang pengembangan pegawai pada Selasa (31/7) di Ruang Rapat Aula DJKN. Jose Arif Lukito yang saat ini menjabat sebagai Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Sekretariat DJKN berbagi pengalamannya selama menjalani tugas belajar sebagai mahasiswa S3 di Queensland University of Technology, Australia. Melalui kegiatan ini, para pegawai DJKN yang berminat untuk meneruskan pendidikan, baik ke jenjang S2 maupun S3, dapat memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai proses penelitian akademis.

Riset yang dijalankan Jose membahas tentang faktor-faktor pendukung dan kendala dalam manajemen aset di Indonesia dengan studi kasus Barang Milik Negara (BMN) pada DJKN dan Barang Milik Daerah (BMD) pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Semarang. Menurut hasil yang diperoleh Jose, kepemimpinan dan komitmen pemerintah merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam manajemen aset negara, diikuti oleh faktor peraturan, kapabilitas SDM, TIK dan basis data yang terkomputerisasi, perencanaan aset, koordinasi, penganggaran, serta monitoring dan evaluasi. Kurang atau tidak adanya faktor-faktor tersebut akan menghambat praktik manajemen aset negara.

Yang menarik dari kegiatan ini, di sela-sela paparannya, Jose banyak berbagi mengenai pengalaman pribadinya selama menyelesaikan studi. Menurutnya, untuk dapat menyelesaikan studi dan penelitian S3, tidak hanya cukup pintar, tapi harus tangguh dan tahan banting. Mengenai proses penelitian, Jose berpesan agar memilih topik yang disukai. “Kita harus mencintai (topik) yg diteliti supaya sustainable. Banyak yg pinter, tp putus (kuliah) tengah jalan karena nggak tahan”, ujarnya. Selain itu, data juga memegang peranan penting dalam penelitian. "Upayakan akses kita ke data mudah. Jangan sampai penelitian terhambat karena nggak dapat data” tegas Jose.

Jose berharap para peserta knowledge sharing dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun melakukan penelitian seputar tugas dan fungsi DJKN. "Menjadi mahasiswa S3 adalah a life changing experience", ujarnya. (Tim Humas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini