Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang BMD Pemda Kendal Terjual 465% Lebih Tinggi dari Nilai Limit
Dian Syuraiya
Jum'at, 29 Juni 2018 pukul 16:04:49   |   1276 kali

Kendal - Pemerintah Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan mengadakan lelang penghapusan aset Barang Milik Daerah (BMD) dengan perolehan harga penawaran tertinggi mencapai 465% dari nilai limit atau nilai terendah yang ditawarkan. Lelang dilaksanakan pada Selasa (26/06) pukul 10.01 WIB di Ruang Pertemuan Bakeuda Kabupaten Kendal dengan menggunakan sistem lelang internet dan cara penawaran closed bidding. Uang jaminan yang efektif masuk mencapai Rp1 miliar dari total 230 setoran uang jaminan.


Peserta dapat melakukan penawaran setelah menyetorkan uang jaminan sesuai yang disyaratkan. Penawaran tersebut dimulai sejak pengumuman lelang diunggah pada Jumat, 8 Juni 2018 sampai dengan 26 Juni 2018 pukul 10.00 WIB waktu server. Lelang ditutup dengan total penawaran sejumlah 255.

Lelang kali ini bertujuan untuk melaksanakan ketentuan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan BMD Pasal 339 ayat (3), mengoptimalkan BMD yang tidak digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi OPD atau tidak dimanfaatkan oleh pihak lain, mewujudkan tertib administrasi penjualan barang dalam rangka penghapusan BMD sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku dan tercapainya target pendapatan daerah.


Aset yang dilelang berupa kendaraan berbagai jenis dan tipe yang dijual satuan maupun dalam paket antara lain sepeda kayuh, truk, dump truck, sedan, ambulans, pick up, jeep, delivery van, kendaraan roda dua dan mobil penumpang berbagai tahun, serta barang inventaris meliputi ATK, instalasi dan cetakan.


Hadir dalam lelang ini Pejabat Lelang KPKNL Pekalongan Gunawan Raharjo, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Triyanto, Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kendal Tri Marti Andayani dan beberapa staf Bakeuda Kabupaten Kendal. Turut menyaksikan perwakilan dari Inspektorat Kabupaten Kendal, Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Dinas PUPR Kabupaten Kendal dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Kendal.


Lelang ini bagi Pemerintah Kabupaten Kendal merupakan lelang pertama kali menggunakan sistem lelang internet Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kendal Tri Marti Andayani mengucapkan banyak terima kasih kepada KPKNL Pekalongan karena lelang berjalan dengan sangat aman, nyaman, efektif, efisien serta harga yang terbentuk pun ternyata sangat memuaskan. Bahkan ada beberapa barang yang mencapai empat kali lipat dari nilai limit. Andayani berharap kerja sama yang sudah berjalan dengan sangat baik ini dapat diteruskan dan ditingkatkan di kemudian hari. Bagi KPKNL Pekalongan lelang kali ini akan menambah penerimaan capaian target 2018.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini