Berita DJKN

Dirjen Kekayaan Negara : Mari Semangat Melakukan Perubahan

Minggu, 08 April 2018 pukul 18:48:57   |   1018 kali

Banjarbaru - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dodi Iskandar beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kalselteng), Jumat, 6 April 2018.

Kunjungan ke Kanwil DJKN Kalselteng merupakan akhir rangkaian kunjungan kerja Dirjen ke beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yaitu peresmian KPKNL Tarakan, kunjungan kerja ke KPKNL Palangkaraya dan KPKNL Banjarmasin.

Dalam kunjungannya ke Kanwil DJKN Kalselteng, Isa Rachmatarwata memberikan pengarahan kepada para pegawai. Hadir dalam pengarahan tersebut Pejabat Lelang Kelas II di lingkungan Kanwil DJKN Kalselteng.

Isa memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Kanwil yang telah menunjukkan semangat bekerja, semangat mengawal perubahan dan melakukan perubahan serta capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) tahun 2017 dimana Kanwil Kalselteng menduduki peringkat pertama nasional.

Di depan para pegawai dan Pejabat Lelang Kelas II, Isa berharap lelang ke depan semakin populer dan menjadi instrumen jual beli yang menjadi andalan masyarakat, bukan hanya sekedar sebagai ritual/kewajiban untuk mengakhiri suatu proses misalnya proses di pengadilan, utang piutang dan sebagainya, Isa  juga mengapresiasi capaian salah satu Pejabat Lelang Kelas II di wilayah kerja Kanwil DJKN Kalselteng yang menjadi Pejabat Lelang Kelas II terbaik  tingkat nasional serta kontribusinya kepada DJKN.

Pada kesempatan tersebut Isa Rachamatarwata menyatakan bangga dan senang ketika melakukan kunjungan kerja ke beberapa kantor di wilayah Kanwil Kalselteng. “Saya terkejut karena apa yang saya saksikan lebih baik dari yang saya bayangkan, temasuk aula untuk pertemuan ini yang demikian megah. Kemegahan ini akan memiliki arti apabila kita mengisinya dengan aktifitas yang bermanfaat yang bisa meningkatkan kinerja organisasi,” tegasnya,

“Sejauh penglihatan dan pengamatan saya, yang tercermin dari masyarakat di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan adalah masyarakat yang selalu gembira, penuh semangat. Oleh karena itu kehadiran DJKN di tengah-tengah masyarakat harus memiliki semangat untuk lebih menggembirakan masyarakat. Semangat tersebut bisa diwujudkan dengan mengelola aset pemerintah sebaik-baiknya sehingga selain kita mengamankan aset juga berupaya memanfaatkan aset tersebut bagi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Pada saat yang sama Isa Rachmatarwata menekankan, paradigma terhadap pengurusan piutang negara/daerah juga harus berubah. “Apabila selama ini kita konsen untuk mendapatkan hasil dari piutang tersebut (Biaya Administrasi), pelan-pelan harus berubah untuk mengantisipasi timbulnya piutang-piutang baru yang menjadi beban negara. Kita semestinya konsen ke penyelesaian piutang-piutang lama, bukan besarnya piutang baru yang diserahkan. Perubahan-perubahan ke arah yang lebih maju termasuk perubahan paradigma akan membuat DJKN bisa bersaing dan ke depannya diharapkan tumbuh industri-industri dimana DJKN berfungsi sebagai pengawas dan regulator dari industri tersebut,” ujarnya. 

Pada kesempatan sebelumnya Kepala Kanwil DJKN Kalselteng Joko Prihanto menyampaikan bahwa Nilai Kinerja Organisasi pada awal tahun ini masih on the track, serta capaian NKO tahun lalu menduduki peringkat tertinggi nasional. “Kami selalu menekankan kepada semua pegawai di lingkungan kanwil untuk tidak berpuas diri atas hasil yang dicapai serta selalu meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya. Di internal Kanwil semua pegawai selalu melakukan sharing knowledge yang dimasukkan sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) sehingga kemampuan pegawai selalu terasah dan meningkat sesuai tugas dan fungsinya,” kata Joko.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Joko Prihanto dengan narasumber Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dan Sekretaris Dirjen Kekayaan Negara, Dodi Iskandar. Selanjutnya Isa Rachmatarwata beserta rombongan meninjau rumah dinas dan fasilitas lain di lingkungan kantor. (Teks/Foto : Arief Nugroho/Tim Bid.KIHI)

Foto Terkait Berita