Berita DJKN

Persiapan Optimal, Pencapaian Maksimal Demi Terwujudnya Kontrak Kinerja Tahun 2013

Senin, 28 Januari 2013 pukul 07:43:23   |   412 kali

Jakarta -  Dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan dan kekayaan negara yang mengimplementasikan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan sebagai tindak lanjut dari Reformasi Birokrasi yang telah diterapkan di Kementerian Keuangan sehingga tercapai good governance dan peningkatan kepercayaan stakeholders terhadap layanan Kementerian Keuangan, maka Kementerian Keuangan melaksanakan pengelolaan kinerja pegawai. Pengelolaan kinerja pegawai sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 454/KMK.01/2011 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, dimulai dengan penetapan/penandatanganan kontrak kinerja pegawai yang ditetapkan secara berjenjang mulai Kemenkeu-One hingga Kemenkeu-Five.

Sejalan dengan tujuan Reformasi Birokrasi Kementerian Keuangan tersebut, bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Kantor Wilayah VII Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil VII DJKN) Jakarta pada 10 Januari 2013, Kanwil VII DJKN Jakarta menyelenggarakan Rapat Persiapan Kontrak Kinerja Tahun 2013. Rapat dibuka oleh Kepala Kanwil VII DJKN Jakarta Aminah. Dalam pembukaannya, Aminah menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras dari semua Bagian/Bidang di lingkungan Kanwil VII DJKN Jakarta serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I s.d. V sehingga pada tahun 2012 Kanwil VII DJKN berhasil mencapai target IKU dengan capaian sebesar 113,38%.

Tahun 2012 merupakan tahun yang menggembirakan untuk Kanwil VII DJKN Jakarta dan KPKNL Jakarta I s.d. V, karena Nilai Kinerja Organisasi (NKO) seluruh unit kerja baik Eselon II maupun Eselon III mencapai lebih dari 100%, yakni KPKNL Jakarta I mencapai 107,10%, KPKNL Jakarta II mencapai 111,05%, KPKNL Jakarta III mencapai 107,01%, KPKNL Jakarta IV mencapai 112,66%, dan KPKNL Jakarta V mencapai 112,26%.

Selanjutnya Kepala Kanwil juga mengharapkan koordinasi dan kerja sama yang baik dari Bidang Hukum dan Informasi dengan Bagian/Bidang di Lingkungan Kanwil VII DJKN Jakarta serta KPKNL Jakarta I s.d. V agar dalam pengelolaan IKU baik Kanwil VII DJKN Jakarta maupun KPKNL Jakarta I s.d. V tercapai sinergi, akurasi, dan data yang valid.  

Tak lupa disampaikan himbauan kepada para pejabat Eselon III di lingkungan Kanwil VII DJKN Jakarta dan KPKNL Jakarta I s.d. V untuk memberi perhatian lebih terhadap nilai kinerja pegawai yang terdiri dari komponen capaian kinerja pegawai dan nilai perilaku pegawai, yang akan berimbas kepada pemberian tunjangan kinerja tambahan untuk pegawai.

Terkait persiapan kontrak kinerja tahun 2013, dalam rapat tersebut juga dibahas masukan terhadap konsep Kemenkeu-Two Kanwil guna disampaikan ke Kantor Pusat DJKN, khususnya terhadap IKU Baru Tahun 2013. Diharapkan dengan adanya masukan terhadap konsep Kemenkeu-Two Kanwil, dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Kantor Pusat DJKN dalam menetapkan Kemenkeu-Two Kanwil agar lebih realistis dalam rangka pencapaian target IKU Tahun 2013.

    

Selanjutnya Kakanwil memberikan arahan terhadap penyusunan rencana program kerja Bagian/Bidang di Lingkungan Kanwil VII DJKN Jakarta serta KPKNL Jakarta I s.d. V tahun 2013 agar dalam penyusunan rencana program kerja harus disinergikan dengan sumber daya dan anggaran yang tersedia. “Perlu diperhatikan juga pekerjaan yang belum selesai di tahun 2012 dan yang menjadi fokus di tahun 2013. Segera setelah disusun rencana program kerja tahun 2013, selanjutnya akan dipresentasikan dalam rapat berikutnya”, lanjut Kakanwil.

Rapat ditutup oleh Kepala Kanwil VII DJKN Jakarta, dengan ucapan “Selamat Bekerja di Tahun Yang Baru, Kontrak Kinerja Baru, Tantangan Baru”, pada pukul 12.30 WIB dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah para pejabat dan pegawai yang hadir dalam rapat. (Bidang HI-Kanwil VII DJKN Jakarta)

Foto Terkait Berita