Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Bekasi Sukses Melaksanakan Lelang Gratifikasi KPK
Dasril
Jum'at, 15 Desember 2017 pukul 10:01:10   |   630 kali

Bekasi (7/12/2017) - Dengan tagline  “Harga Mulai Rp.3.000,-“  pelaksanaan lelang gratifikasi KPK pada Kamis (7/12/2017) di KPKNL Bekasi berhasil menjaring banyak peserta.  Sebanyak 94 lot barang yang bervariasi mulai dari kain,  raket,  pulpen hingga barang elektronik, lelang tersebut mendapat harga optimal dalam penawarannya.

Lelang ini merupakan permohonan dari Direktorat PKNSI, dan bertindak sebagai Pejabat Penjual adalah Karman. Lelang  gratifikasi ini dipimpin oleh Pejabat Lelang berpengalaman, Dimar Novensastomo dan dilaksanakan dengan cara e-auction menggunakan metode closed bidding. Peminat lelang yang sudah menyetor jaminan dan dinyatakan sah bisa melakukan penawaran menyampaikan harga penawaran melalui akun-nya di situs www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.   Penawar tertinggi atas lot barang yang dilelang akan dinyatakan sebagai pemenang lelang.

Kegiatan ini diawali dengan open house pada 5 Desember 2017 bertempat di Kantor Pusat DJKN.  Barang-barang  yang ditawarkan dipajang di ruang Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Bekasi sejak 6 Desember 2017 hingga hari pelaksanaan lelang, 7 Desember 2017. 

Saat open house di KPKNL Bekasi, ternyata cukup banyak yang belum memahami proses lelang dan menanyakan teknis pendaftaran mengikuti e-auction. Pejabat dan staf Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Bekasi memberikan penjelasan secara terperinci mengenai spesifikasi dan informasi terkait barang yang ditawarkan. Untuk menjaring lebih banyak peserta lelang, sesuai instruksi Kepala KPKNL Bekasi, Partolo,  KPKNL Bekasi  juga memasang spanduk promosi lelang gratifikasi KPK yang dipasang di depan kantor.

“Pelaksanaan lelang  gratifikasi  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  kali ini menjadi bentuk sinergi KPKNL Bekasi dengan Kantor Pusat DJKN melalui Direktorat PKNSI selaku pemohon dan KPK selaku instansi pengendali gratifikasi,” ujar Partolo, Kepala KPKNL Bekasi dalam sambutan saat open house

Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Supiyanta, menyampaikan bahwa pelaksanaan lelang gratifikasi sekarang merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh KPKNL Bekasi. Pelaksanaan lelang yang dimohonkan KPK sebelumnya adalah lelang rampasan hasil  korupsi. Akan tetapi, meski  menjadi pelaksanaan lelang gratifikasi yang pertama kali, Dimar yang ditunjuk menjadi Pejabat Lelang tersebut tetap menjalankan perannya dengan baik.

Dalam pelaksanaan lelang ini, berhasil mencatat penawaran tertinggi untuk iPhone 7,  128 Gb dengan harga Rp.8,33 juta. Selain itu, untuk iPod Shuffle 2 Gb sejumlah 50 unit terjual habis seluruhnya. Sebagai informasi, penawaran atas iPhone 6 diikuti oleh 32 peserta lelang.

Hal ini membuktikan bahwa e-auction menjadikan lelang semakin transparan dan menarik minat masyarakat luas. Dengan adanya pengumuman lelang di situs www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id, banyak pilihan bagi masyarakat jika akan mengikuti lelang di unit vertikal DJKN termasuk KPKNL Bekasi. (Naskah dan Foto: Aenul, Seksi HI KPKNL Bekasi) 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini