Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Bincang Santai Dengan Direktur Lelang, Awali Pekan Transformasi DJKN 2017
Hendrawan Yudie Susanto
Rabu, 08 November 2017 pukul 16:38:21   |   734 kali

Jakarta – Gebyar Pekan Transformasi DJKN mulai digelar pada Selasa (7/11) di aula Gedung Syafruddin Prawiranegara II Lantai 5 Selatan, Jakarta Pusat. Beberapa kegiatan yang dirangkai dalam sepekan ini akan tersaji mulai hari Selasa sampai dengan hari Jumat.  

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata yang membuka kegiatan ini mengungkapkan bahwa dalam hidup tidak bisa dipungkiri akan penuh dengan perubahan, dan Kementerian Keuangan harus siap dengan adanya perubahan itu. ”Kita harus melalui perubahan dari yang sekarang ini, berubah dari satu praktek ke praktek yang lain untuk bertransformasi,” ujar Isa.

Lebih lanjut Isa menyampaikan dengan mengambil contoh kegiatan lelang. “Masih banyak diluar sana kegiatan jual beli yang mirip-mirip dengan lelang, bahkan dengan mekanisme yang lebih sederhana. Apakah mereka mengikuti ketentuan kita?” tanyanya. “Poin saya dengan ada yang mirip-mirip seperti itu bagaimana kita menyikapinya,“ Kata Isa.

Lelang apabila ingin menjadi alat bertransaksi jual beli yang diminati masyarakat, harus dapat membuktikan menjadi hal yang diminati masyarakat, dibuktikan dengan peningkatan volume peminat lelang. Untuk itu menyikapi perkembangan yang terjadi seperti di dunia maya sekarang, mau tidak mau harus bertransformasi. “Banyaknya mekanisme serupa lelang dengan cara-cara lebih mudah dan sederhana. Apakah kita tinggal diam? Atau mau berubah? Kalau mempertahankan untuk tidak berubah, pasti bukan pilihan kita,” tegas Isa.

Lebih jauh Isa mengungkapkan bahwa transformasi suatu institusi harus berakar dari transformasi personal, yakni dimulai dari perubahan diri, perubahan cara berfikir, perubahan cara bertindak. Isa juga mengambil contoh dirinya yang merasa telah berubah dari sebelumnya yakni menjadi lebih predictable, membuat teman-teman harus menyesuaikan dengan dirinya.     

Setelah pembukaan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, sesuai jadwal pada hari pertama Pekan Transformasi akan diawali dengan Bincang Santai dengan Direktur Lelang. Namun sebelum acara ini berlangsung, kuis “Kahoot” yang dipandu oleh Kresentia Angela lebih dulu menyapa, pegawai yang biasa dipanggil Inez ini mengajak para peserta kegiatan ini menjawab pertanyaan dengan menggunakan Gadget masing-masing, kemudian penayangan video tentang lelang sebagai tambahan pengetahuan kondisi lelang terkini dan dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang lomba essay tentang lelang yang telah digelar sebelumnya.

Puncak acara pada hari pertama yakni sesi Bincang Santai bersama Direktur Lelang. Kegiatan ini merupakan sarana untuk memberikan pandangan mengenai lelang dan untuk mendapatkan masukan dari para pegawai mengenai kebijakan lelang. Acara ini dimoderatori oleh Iman Abdurrahman, staf Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN.

Direktur Lelang Lukman Effendi membuka perbincangan dengan pemaparannya tentang current issue lelang. “Lelang itu Industri, jadi tidak hanya milik kita, semua bisa bekerja dengan lelang,” ujar Lukman. “Dengan layanan kita bisa mewujudkan capaian lelang yang menghasilkan PNBP. Namun tujuan saya bukan untuk menjelaskan capaian ini, saya ingin perspektif yang berbeda bisa saya dapatkan dari teman-teman,” ungkapnya lebih lanjut.

Beberapa permasalahan lelang yang menjadi bahan diskusi juga diungkap oleh Lukman dalam kesempatan ini. Diskusi menjadi menarik dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para peserta dalam kegiatan ini.

Jadwal Kegiatan lengkap dalam Pekan Transformasi ini yakni Bincang Santai dengan Direktur Lelang Selasa (7/11/2017), Cerita Transformasi Pimpinan yang menghadirkan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Janji Transformasi, Bedah Buku bersama Ika Natassa Bestselling Author, Diskusi Pengarustamaan Gender bersama Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Kemenkeu RI pada hari Rabu (8/11/2017), English Day dengan bintang tamu Tasya pada hari Kamis (9/11/2017), dan menutup rangkaian kegiatan ini adalah Knowledge Sharing Mengelola Kekayaan Negara dengan Teknologi Informasi dengan menghadirkan Firmansyah, Praktisi di Bidang Geographic Information System (GIS) dan Deden Hasanudin, Solution Lead Big Data & Analytics IBM Indonesia. Yang digelar Jumat (10/11).

Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini