Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Peringatan Sewindu Indonesia Eximbank 2017
Frengky Setiawan
Kamis, 02 November 2017 pukul 13:42:31   |   511 kali

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir pada acara malam Peringatan Sewindu Indonesia Eximbank, Sabtu (28/10) di Aston Semarang Hotel & Convention. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Sekjen Kemenkeu Hadiyanto, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rahmatawarta, Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, anggota Komisi XI DPR RI, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jawa Tengah, pimpinan kementerian/lembaga terkait ekspor, Direktur Utama BUMN dibawah Kementerian Keuangan dan BLU LMAN, jajaran muspida Provinsi Jawa Tengah, pelaku usaha, akademisi, dan asosiasi penguasaha.

Menteri Keuangan pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas peringatan hari jadi ke-8 LPEI dan sekaligus menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja LPEI yang mampu meningkatkan aset lebih dari Rp100 triliun sampai dengan pertengahan tahun 2017, dengan modal awal dari Pemerintah hanya sekitar Rp4 triliun. Menteri Keuangan memuji kontribusi LPEI kepada negara yang telah mencapai lebih dari Rp5 triliun berupa pajak, dividen, dan PNBP.

Selanjutnya, Menteri Keuangan meminta kepada Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly beserta Dewan Direktur, Direktur Pelaksana dan jajaran LPEI untuk dapat meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Beliau meminta LPEI bekerja menggunakan platformambitioustargetedsmartefficient, profesional, dan integrity. Selain itu, LPEI perlu revitalisasi di dalam, belajar dari para pelaku usaha ekspor, berkoordinasi dengan kementerian/pemda, dan memiliki analis yang mampu membaca nota keuangan APBN. Harapan dan pesan ini akan menjadi “Pekerjaan Rumah” LPEI dan akan ditagih Menteri Keuangan pada peringatan satu dasawarsa LPEI pada tahun 2019 nanti.

Menteri Keuangan juga menyampaikan pesan Presiden untuk melaksanakan “Kerja Bersama, Kerja Sama”. Pada kesempatan peringatan Sewindu Indonesia Eximbank tersebut, Menteri Keuangan meluncurkan platform yang dibangun oleh LPEI dalam rangka mendukung usaha kecil menegah yang berorientasi ekspor yaitu Portal UKME.  

Pada esok harinya, Minggu (29/10/2017) Dirjen Kekayaan Negara yang mewakili Menteri Keuangan hadir dalam kegiatan peninjauan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana 2 dan melakukan audiensi dengan masyarakat nelayan dan pelaku ekspor di Pati Jawa Tengah. Dalam kegiatan audiensi yang dilaksanakan di kantor PT Dua Putra Utama Makmur Tbk (PT DPUM) tersebut, Isa disambut langsung oleh Bupati Pati, Haryanto dan Presiden Direktur PT DPUM.

Secara umum pelaksanaan audiensi berjalan dengan baik dan lancar. Sesi temu wicara diisi dengan pertanyaan/testimoni antara lain dari perwakilan masyarakat nelayan, supplier, nasabah/ penerima CSR LPEI, pelaku UKME, dan peserta program rintisan ekportir baru LPEI. Hal-hal yang disampaikan antara lain terkait kebutuhan pembiayaan untuk ekspansi usaha, masalah perizinan, dan masalah pungutan.  

Dirjen Kekayaan Negara pada kesempatan tersebut menyampaikan antara lain bahwa dukungan Pemerintah Pusat melalui APBN untuk sarana dan prasarana perikanan merupakan stimulus sehingga diharapkan adanya keterlibatan dari Pemda, BUMN/BUMD dan pihak swasta. Selain itu, permasalahan pembiayaan, perizinan, dan pungutan yang menjadi concern peserta temu wicara akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Isa juga meminta agar LPEI dapat kembali lagi ke Pati Jawa Tengah untuk mendiskusikan lebih lanjut bentuk kerjasama atau dukungan konkrit yang bisa diberikan untuk mendukung masyarakat nelayan dan pelaku UKME di Pati.

Disamping menghadiri rangkaian agenda peringatan Sewindu Indonesia Eximbank, Isa yang didampingi Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan, Dedi Syarif Usman, menyempatkan diri untuk mengunjungi Kanwil DJKN Jateng dan DIY serta KPKNL Semarang sebanyak 2 kali. Kunjungan pertama saat kedatangan Sabtu (28/10/2017) dan kunjungan kedua saat sebelum kepulangan di hari Minggu (29/10/2017). Kedatangan Dirjen Kekayaan Negara dan Direktur KND tersebut disambut oleh Kakanwil DJKN Jateng dan DIY Tavianto Noegroho dan Kepala KPKNL Semarang Wildan Ahmad Fananto. Kunjungan pada saat libur weekend tersebut, diisi dengan pemantauan langsung Dirjen Kekayaan Negara atas kondisi kedua kantor DJKN tersebut.

(Frengky Setiawan – Dit. KND)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini