Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang Karya Seni Anak Negeri Hasilkan Miliaran Rupiah
Zulkifli
Senin, 23 Oktober 2017 pukul 17:39:37   |   2532 kali

Ubud (8/10) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal dan Kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara yang diwakili Kepala Bidang Lelang, Khosim dengan didampingi Kepala Seksi Bimbingan Lelang II, Rudiyanto Syahril melakukan pemantauan pelaksanaan Lelang Noneksekusi Sukarela.

Lelang yang selalu menarik minat peserta dari dalam dan luar negeri ini merupakan lelang benda seni karya anak bangsa dan perupa internasional berupa lukisan dan ukiran. PT Balai Lelang Larasati sebagai penyelenggara lelang, melaksanakan kegiatan lelang ini pada hari Minggu (8/10/2017) berlokasi di Larasati Fine Art Tebesaya Galleri (LFATG), Ubud, Gianyar, Bali.

Pelaksanaan Lelang dipimpin Pejabat Lelang Kelas II, Ni Luh Pujiantini. Sebanyak 80 lukisan dari berbagai macam aliran serta 2 buah ukiran ditawarkan pada lelang yang bertajuk “Tradisional Modern and Temporary Art” tersebut.

Lelang dibuka oleh pejabat lelang kelas II Ni Luh Pujiantini yang dilanjutkan Daniel perwakilan dari PT. Balai Lelang Larasati. Lelang dimulai dengan menghadirkan afslager yaitu Yuanita.

Dalam sambutannya, Daniel berkeinginan Balai Lelangnya dapat menjangkau seniman dan peminat seni di wilayah Bali untuk berperan serta dan menjalin kerja sama untuk memasarkan karya seni di Bali.

Selanjutnya, Yuanita yang sudah terbiasa menjadi Afslager lelang-lelang di Bali ini memandu lelang dengan lugas. Dengan piawai ia mengajak para penawar untuk menawar setinggi-tingginya masing-masing lot barang. Selain peminat melakukan penawaran langsung, lelang hari itu juga dilakukan dengan cara penawaran tanpa kehadiran peserta yakni penawaran melalui telepon dengan menggunakan teknologi internet live auctions.

“Menakjubkan” kata yang pas untuk menggambarkan hasil lelang hari itu. Dari 80 lot barang yang di lelang, 67 lot diantaranya terjual dengan pokok lelang sekitar dua miliaran lebih. Lukisan yang merupakan karya Nyoman Kayun (Indonesia, 1954) dengan judul “Suasana di Desa”, acrylic on canvas  62 x 92 cm, serta lukisan yang merupakan karya Ida Bagus Made Poleng (Indonesia, 1915) dengan judul “Tari Baris”, acrylic on canvas 55 x 44 cm berhasil mencapai harga tertinggi pada lelang kali itu.

Saat dimintai keterangannya, Khosim menyampaikan agar kerja sama antara PL kelas II dan Balai Lelang yang khusus melelang benda seni dapat ditingkatkan sehingga dapat menjangkau karya seniman-seniman yang saat ini masih tersebar di wilayah Bali. (Teks/Foto: Sms/ferry)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini