Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Juga Setorkan Dividen Perdana Tahun 2017
Paundra Adi Ristiawan
Senin, 05 Juni 2017 pukul 09:28:20   |   899 kali

Jakarta – (26/5) PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, satu-satunya perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang penjaminan infrastruktur, menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Persetujuan Laporan Tahunan Tahun Buku 2016 pada tanggal 26 Mei 2017. Bertempat di Gedung Syafrudin Prawiranegara II, RUPS dipimpin oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Sonny Loho, selaku kuasa pemegang saham Negara Republik Indonesia melalui Surat Kuasa Khusus Menteri Keuangan dengan dihadiri oleh jajaran Direksi dan Komisaris PT PII, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND), dan Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Revitalisasi dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan (TP-RPEKND)-DJKN. 

Hingga tahun 2016, PT PII sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pembinaan dan pengawasan Menteri Keuangan telah berhasil  melakukan penjaminan atas  beberapa proyek infrastruktur.  Direktur Utama PT PII, Sinthya Roesli, menyampaikan bahwa target yang tertuang dalam RKAP tahun 2016 secara keseluruhan dapat tercapai dengan total nilai proyek yang telah dijamin oleh PT PII mencapai Rp82 triliun. Proyek yang telah mencapai tahap financial close meliputi Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang Jawa Tengah/Central Java Power Plant (CJPP), Proyek Palapa Ring Barat, dan Palapa Ring Tengah.  Selain itu, proyek yang telah mencapai Guarantee Agreement Signing (Penandatanganan Perjanjian Penjaminan) antara lain Proyek Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Pandaan-Malang, Proyek SPAM Umbulan, dan Proyek Palapa Ring Timur. Proyek CJPP bahkan meraih tiga penghargaan sekaligus yakni Project Finance Deal of the Year 2016 dari Asia Award, Best Power Deal in Asia Pacific dari IJGlobal Euromoney Award, dan Best Enviromental-Concerned Project dari Globe Asia.    

Dirjen Kekayaan Negara Sonny Loho memberikan apresiasi atas kinerja PI PII selama tahun 2016, “Pencapaian penjaminan di tahun 2016 sangat baik sebagai milestone perseroan ke depan. Direksi, Dewan Komisaris, dan seluruh karyawan agar terus melakukan monitoring yang efektif atas proyek-proyek yang telah dijamin, selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memproses penjaminan yang diberikan serta merencanakan dengan baik upaya mitigasi risiko yang akan dilakukan sehingga exposure terhadap klaim dapat diminimalkan,”

Dalam RUPS Tahunan PT PII tersebut disetujui pembayaran dividen oleh PT PII kepada pemegang saham sebesar Rp100,65 milyar atau sekitar 20% dari laba bersih perusahaan pada tahun 2016 sebagaimana telah diproyeksikan dalam RKAP PT PII tahun 2017. Pembayaran dividen ini merupakan pertama kalinya sejak PT PII berdiri sejak 7 (tujuh) tahun lalu. (KND IC)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini