Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Bukittinggi Memiliki Modal Menjadi Kantor Terbaik
N/a
Jum'at, 09 September 2016 pukul 00:09:56   |   1207 kali

Bukittinggi – Antusiasme para pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi terlihat saat rombongan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepaulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) datang berkunjung. Tim dari Kanwil DJKN RSK ini datang untuk melaksanakan program rutin yakni pembinaan terhadap KPKNL di bawah naungannya. “Terima kasih atas sambutan yang hangat dari KPKNL Bukittinggi,” kata Kepala Bagian Umum (Kabu) KPKNL DJKN RSK Zulfi Meidiansyah dalam pengarahannya. Kegiatan yang diikuti oleh semua pegawai KPKNL Bukittinggi ini dilaksanakan pada Kamis, 8 September 2016.

Selain Bagian Umum yang diwakili langsung oleh Zulfi, rombongan Kanwil DJKN RSK juga meliputi bidang-bidang yang lain. Bidang Penilaian diwakili oleh Koko Hertiawan, Bidang Piutang Negara diwakili oleh Hikma Yuyat, Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) diwakili oleh Ali Akbar, Bidang Piutang Negara (PN) diwakili oleh Murgana, dan Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum dan Informasi (KIHI) diwakili Endratno.

Sebelum dimulai, acara yang diadakan di Ruang Serbaguna KPKNL Bukittinggi ini dibuka oleh Kepala Subbagian Umum KPKNL Bukittinggi Ganjar Patrianto selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor.

Selanjutnya Zulfi memberikan pengarahan secara umum kepada para pegawai KPKNL Bukittinggi. Zulfi mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini merupakan bentuk tanggung jawab Kanwil DJKN RSK dalam hal memberikan pembinaan terhadap KPKNL. Pada saat pemaparan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Bukittinggi, Zulfi memberikan komentar positif, “NKO KPKNL Bukittinggi sampai dengan Agustus ini baik sekali.” Zulfi berharap agar kinerja sangat baik ini dipertahankan. “Sebagai peserta kantor percontohan (Kantor Pelayanan Percontohan DJKN 2016-red), KPKNL Bukittinggi telah memiliki modal untuk menjadi kantor terbaik. Ini merupakan hasil dari keseriusan bekerja teman-teman KPKNL Bukittinggi,” demikin ungkap pria yang saat ini menjabat sebagai Kabu Kanwil DJKN RSK sejak 5 bulan yang lalu itu.

Namun demikian Zulfi juga mengingatkan bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah, dan dia berpesan agar KPKNL Bukittinggi tidak cepat puas dan terus menjadi yang terbaik. Setelah arahan umum Kabu, sesi berikutnya diberikan kepada masing-masing bidang.

Pada saat pembahasan di bidang penilaian, Kasi Penilaian I Bidang Penilaian Koko Hertiawan mengungkapkan berbagai current issue terkait penilaian. Sebagian current issue yang diangkat adalah program penilaian asset Bulog. Selain itu, penilai KPKNL Bukittinggi juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan pelaksanaan Inventarisasi dan Penilaian Barang Milik Negara (IP BMN).

Pada kesempatan itu, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Eko Heru Cahyono mengungkapkan bahwa saat ini KPKNL Bukittinggi juga sedang bersiap untuk melaksanakan penilaian buku milik Perpustakaan Bung Hatta yang berjumlah 100.000 buku.

Di bidang pengelolaan kekayaan Negara, Kasi PKN I Ali Akbar menyinggung tentang utilisasi, program sertipikasi tanah, dan peran baru DJKN sebagai revenue center. Di bidang pengurusan piutang, Kasi PN I Murgana menekankan tentang pentingnya pemetaan database di Seksi Pengurusan Piutang Negara. “Kita perlu memetakan mana saja berkas yang bisa diselesaikan agar tercapainya target Q2,” katanya.

Pada sesi akhir, Kasi Hukum Bidang KIHI Endratno memaparkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) KPKNL Bukittinggi. “Untuk semester I ini semua IKU KPKNL Bukittinggi sudah hijau semua,” kata pria yang suka dipanggil Endro tersebut.

Selain pemaparan IKU, mewakili Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum dan Informasi (KIHI), Endro juga menyinggung tentang penanganan perkara. Saat ini KPKNL Bukittinggi telah menangani perkara perdata dengan baik. Dia menyarankan agar secara periodik diadakan gelar perkara untuk gugatan perdata yang berdampak signifikan. Secara pribadi Endro memberikan apresiasi positif terhadap semangat Seksi Hukum dan Informasi dalam memberitakan kegiatan KPKNL Bukittinggi di portal resmi DJKN.

Kegiatan ini meliputi pengarahan bersama di ruang rapat dan ditindaklanjuti dengan diskusi di masing-masing seksi. Masing-masing anggota rombongan dari Kanwil DJKN RSK mengadakan rapat kecil di seksi sesuai bidangnya membahas lebih detil permasalah di seksi terkait.
Selain terjalin silaturahim yang semakin erat, kegiatan yang telah menjadi program tahunan ini juga memperkuat sinergi antara Kanwil DJKN RSK selaku pembina dengan KPKNL Bukittinggi selaku kantor operasional.

(Teks: Hakim SB Mulyono, Foto: M. Ilham Aldavi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini