Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Jadwal KRL per 01 April 2015 buat para rocker DJKN
N/a
Kamis, 09 April 2015 pukul 08:26:37   |   1053 kali

Sejak tanggal 01 April 2015 PT KAI telah merubah jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek dengan beberapa jadwal baru dengan menambah armada perjalanan serta menambah layanan terhadap penumpang KRL Jabodetabek. Dibanding dengan jadwal sebelumnya untuk jurusan Bogor – Jakarta Kota PP bertambah sebanyak 36 keberangkatan yaitu sebanyak 357 keberangkatan menjadi 393 keberangkatan sedangkan jurusan Bekasi – Jakarta Kota PP bertambah sebanyak 27 keberangkatan dari rute sebelumnya berjumlah 126 keberangkatan menjadi 153 keberangkatan.


Pegawai DJKN Jakarta sendiri yang kebanyakan bertempat tinggal di pinggiran Kota Jakarta banyak yang memanfaatkan moda transportasi ini selain murah, tepat waktu, lebih nyaman daripada bis dan tentunya hemat tenaga perjalanan sampai mendapat sebutan rocker (rombongan kereta) atau anker (anak kereta). Rocker DJKN Jakarta yang meliputi pegawai Kantor Pusat DJKN, Kanwil DKI Jakarta dan KPKNL cukup terbantu dengan penambahan jadwal ini


Lokasi Kantor Pusat terletak di Lapangan Banteng sedangkan Kanwil serta KPKNL terletak di Jalan Prapatan Nomor 10 berdekatan dengan dengan stasiun Pasar Senen, St. Juanda dan St Gondangdia. Oleh karena itu jurusan Bogor - Jakarta Kota dan jurusan Bekasi – Jakarta Kota yang paling banyak digunakan oleh para rocker DJKN Jakarta.


Perubahan/penambahan jadwal KRL ini juga termasuk pada tarif progesif baru yang dulunya berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati menjadi berdasar jarak tempuh kilometer. Dalam tariff progesif baru penumpang akan membayar sebesar Rp.2000,- pada 25 kilometer pertama dan setiap 10 kilometer selanjutnya bertambah biaya Rp1000,-. Pada sistem sebelumnya tarif biaya KRL dipatok Rp2500,- pada 5 stasiun pertama dan dikenakan Rp500,- untuk setiap 3 stasiun selanjutnya.
 

Jadwal baru KRL pas berangkat dan pulang kantor
Pada jam berangkat kantor yaitu mulai pukul 05.00 s.d 06.30 untuk jurusan Bogor – Jakarta Kota dan jurusan Bekasi – Jakarta Kota adalah sebagai berikut (Foto 1)

Banyak juga rocker bekasi yang pindah kereta turun jatinegara dan melanjutkan naik KRL jurusan Bogor turun Stasiun Pasar Senen, selain waktu tempuh yang tidak berbeda jauh, jarak jalan kaki dari Stasiun Pasar Senen ke Jalan Prapatan Nomor 10 dan Kantor Pusat di Lapangan Banteng juga lebih dekat.


Sedangkan pada jam pulang kantor yaitu mulai pukul 17.15 s.d 19.00 untuk jurusan Jakarta Kota - Bogor dan jurusan Jakarta Kota - Bekasi adalah sebagai berikut: (Foto 2)

Untuk yang naik dari Stasiun Juanda ditambah 4 menit keberangkatan dari Stasiun Juanda, dengan jadwal baru tersebut dapat mengurangi kepadatan penumpang pada jam berangkat kantor dan jam pulang kantor. Bahkan yang dari arah bekasi sekarang ditambah KRL jurusan Stasiun Manggarai yang dulunya tidak ada sehingga penumpang yang naik pun tidak sepenuh dulu karena yang bertujuan Stasiun Cikini sampai dengan Stasiun Jakarta tidak menaiki KRL tersebut.
 

Penutup
Jadwal KRL Jabodetabek tersebut yang mulai berlaku per tanggal 01 April 2015 cukup memudahkan bagi pengguna Commuter Line Khususnya rocker DJKN Jakarta, diharapkan dengan semakin nyaman berangkat ke kantor akan membawa suasana hati yang lebih ceria ketika mulai bekerja di kantor.
(Badrud Duja – KPKNL Jakarta V) 

Daftar Pustaka
www.krl.co.id

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini