Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Ketika Tugasmu Bukan Pilihanmu
N/a
Senin, 22 September 2014 pukul 07:56:56   |   3150 kali

Ketika Tugasmu Bukan Pilihanmu
Oleh : Joko Juwianto  (Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Penempatan pegawai merupakan suatu keniscayaan dalam sebuah organisasi baik dipemerintahan maupun diswasta. Penempatan kadang menjadi momok yang menakutkan bagi pegawai yang belum pernah bertugas ditempat jauh. Mereka dihantui rasa takut dan cemas untuk melaksanakan tugas ditempat baru. Pegawai yang selama ini merasa nyaman bertugas dekat homebase-nya mulai merasa cemas dengan perbaikan sistem mutasi yang mungkin akan mendeteksi keberadaan mereka yang sudah lama tidak terkena mutasi.  Jadikan penempatan itu sebagai lambang kebanggaan atas kepercayaan pimpinan dalam pengabdianmu terhadap nusa dan bangsa.

Surat keputusan mutasi atau pemindahan pegawai merupakan suatu harapan atau menjadi kesedihan. Harapan bagi pegawai yang sudah sekian tahun bertugas di tempat yang jauh untuk mendekat ke homebase. Atau dapat menjadi kesedihan bagi pegawai-pegawai yang akan bertugas di tempat baru yang belum sesuai harapannya. Mereka ada yang mendekati atau menjauhi homebase dan ada pula yang transit terlebih dahulu dengan jangka waktu yang belum pasti.

Harus terus bergerak demi tugas negara ke tempat yang bukan menjadi pilihannya, berjuang ditempat tugas baru dengan lingkungan, budaya, dan rekan-rekan kerja yang baru, harus menata hidup baru dengan membawa atau tidak keluarganya, mencari tempat tinggal, mengurus kepindahan sekolah anak-anaknya, meninggalkan usaha yang telah dirintis ditempat lama,  meninggalkan keluarga besarnya, dan sebagainya. Itu semua adalah bagian dari pengorbanan demi pengabdian kepada DJKN tercinta.

Bila tugas itu belum sesuai pilihan sebaiknya tidak menyalahkan pihak-pihak di luar diri kita, tetapi lebih baik melakukan evaluasi diri untuk meyakinkan diri bahwa mungkin itu adalah yang terbaik. Janganlah mengeluh dan berputus asa karena di tempat baru masih ada harapan baru. Ketika membayangkan sesuatu yang menakutkan, maka akan membuat takut, ketika memikirkan hal yang menyenangkan, maka semua akan terasa menyenangkan. Berpikirlah positif dan berjiwa besar untuk menjalankan tugas ditempat baru dengan penuh keikhlasan karena dimana bumi dipijak disitu orang-orang baik selalu ada. Jadikanlah penugasan sebagai panambah pahala untuk menyampaikan ilmu kepada pegawai-pegawai ditempat baru. Bila tugas itu bukan pilihan semoga Tuhan yang memilihkan untuk melaksanakan tugas itu. Terima dan syukuri adalah jalan terbaikmu dan semoga Tuhan mengirim orang-orang baik yang tidak disangka-sangka untuk membantu ditempat baru.

Kesuksesan dalam bekerja dapat terwujud bila anda berani keluar dari zona nyaman. Banyak pegawai yang tidak berani keluar dari zona nyaman karena telah bekerja sesuai dengan harapannya atau berada di homebase sudah sekian tahun lamanya. Namun ketika mendengar kata mutasi akan terasa sebaliknya, timbul perasaan cemas, takut, tidak percaya diri bahkan bisa jatuh sakit karena kepikiran. Zona nyaman kadang membuat terlena untuk meningkatkan kemampuan terbaikmu. Lihatlah air yang mengalir, dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, walaupun terhalang batu-batu tetap mencari celah-celah agar dapat mengalir ke tujuan akhir. Berbeda dengan air yang tergenang atau tidak mengalir dapat membuat bau tidak sedap dan bisa menimbulkan sarang penyakit. Kini tiba saatnya untuk bergerak membuat perubahan yang lebih berarti dalam hidupmu.

Jadikanlah penempatan pegawai sebagai salah satu cara yang membuatmu harus bergerak untuk memberikan manfaat ditempat baru. Untuk menjadi nahkoda yang tangguh haruslah berlayar menghadapi terjangan badai dan gelombang ditengah lautan. Penempatanmu merupakan jalan terbaik yang akan membuat semakin kuat dan tangguh dalam menjalankan tugas. Beberapa pemimpin lahir dimulai dari penempatan yang jauh dengan fasilitas yang terbatas. Namun mereka bisa bangkit menjadi pemimpin yang sebelumnya tidak diperhitungkan, lihat saja pimpinan kita yang sewaktu mudanya pernah tugas di Jayapura, Sorong, Nusa Tenggara Timur, dan daerah terjauh lainnya, kini mereka menjadi pimpinan yang menginspirasi. Tanyalah bagaimana beliau-belau berjuang saat itu dengan fasilitas yang terbatas, transportasi yang begitu mahal dan kini mereka menjadi pemimpin-pemimpin yang kuat dan tangguh.

Bersyukurlah atas penugasan barumu, ditempat baru dapat membangkitkan potensimu. Potensimu yang selama ini tertidur ditempat lama akan bangkit ditempat yang baru hingga menjadi orang pilihan dimasa mendatang untuk kejayaan DJKN.Jadikan penempatan itu sebagai lambang kebanggaan atas kepercayaan pimpinan dalam pengabdianmu terhadap nusa dan bangsa. Yakinlah, yakinlah, dan yakinlah.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini