Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Semua Orang Bisa Menulis
N/a
Kamis, 11 Juli 2013 pukul 16:05:54   |   3052 kali

Perhatikan halaman utama portal DJKN (www.djkn.kemenkeu.go.id), terutama bagian berita, anda akan menjumpai bahwa berita/artikel yang termuat di sana hanya akan bertahan dalam hitungan hari, karena akan segera tergeser dengan berita/artikel yang baru. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan tulis-menulis artikel khususnya artikel berita semakin lama semakin semarak.

Di samping kuantitas artikel yang semakin banyak, dari segi isi pun semakin berkualitas dan menarik. Pemberian judul artikel pun provokatif, artinya dengan membaca judul artikel tersebut para pengunjung portal DJKN, sadar atau tidak, akan tergelitik untuk membaca isinya. 

Kegiatan-kegiatan kedinasan baik di kantor pusat, kanwil, maupun KPKNL bisa terekspos dengan baik. Bahkan untuk KPKNL yang berlokasi jauh pun dapat menyampaikan kegiatannya melalui portal dan diketahui oleh semua pegawai DJKN maupun penjelajah internet umum. Berita-berita yang ditayangkan melalui portal, selain merupakan wahana berbagi informasi, juga bermanfaat untuk saling mencontoh kegiatan-kegiatan serupa yang telah dilakukan pada suatu KPKNL misalnya. Peningkatan jumlah berita/artikel maupun pengunjung portal DJKN tentunya tidak terlepas dari peran Direktorat Hukum dan Humas DJKN (Dit.Huhu) yang telah beberapa kali mengadakan pelatihan jurnalisme. 

Pada hakekatnya semua orang bisa menulis, baik itu berupa artikel umum atau pun artikel berita. Masalahnya adalah ada atau tidaknya kemauan untuk menulis. Apalagi di jaman sekarang, banyak orang menuliskan olah pikirannya, idenya, ataupun, perasaannya melalui media jejaring social seperti facebook dan twitter. 

Khusus untuk menulis artikel yang akan dikirimkan ke portal DJKN, kiranya ada beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan dalam penulisannya sebagai berikut:  

Tentukan temanya 

Hal pertama dalam menulis artikel adalah menentukan tema atau topik dari tulisan. Pikirkan tema yang sesuai dengan media yang akan dituju. Untuk portal DJKN mestinya memuat tema-tema yang berkaitan dengan tugas dan fungsi DJKN. Tema terkait pengelolaan barang milik Negara, lelang, penilaian, kekayaan Negara dipisahkan, piutang Negara dan kekayaan Negara lain-lain dapat menjadi pilihan. Selain itu, tema terkait dengan peraturan/hukum, ataupun kesekretariatan juga bisa menjadi pertimbangan untuk diangkat dalam tulisan. Bahkan bisa juga dipertimbangkan untuk membuat tema yang secara tidak langsung berkaitan atau mendukung tugas dan fungsi DJKN.

Tema tersebut tidak harus yang rumit (complicated), tema yang sederhana tapi mengena dan up to date mestinya lebih mudah untuk dikembangkan dalam bentuk tulisan. Tema sederhana misalnya adalah bagaimana untuk bisa membuat penghematan dalam proses kerja di kantor. Pengembangan tema tersebut bisa jadi dengan penggunaan kertas yang tidak terpakai lagi untuk membuat konsep surat, dan lain sebagainya.

Buat kerangka tulisannya

Setelah menentukan tema yang ingin diangkat menjadi tulisan, tema tersebut perlu dijabarkan dan dirincikan dalam sub-sub tema. Manfaat dari membuat kerangka ini adalah agar tulisan tersebut tersusun rapi dalam pengembangan tema utama tersebut.

Kerangka tulisan akan menjaga penulisan tidak bersifat loncat-loncat dari suatu bahasan ke bahasan lainnya. Selain itu juga berguna bagi penulis untuk fokus dalam alur penulisannya.

Gunakan bahasa yang pas   

Tentu penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi rujukan dalam penulisan sebuah artikel. Namun, penggunaan bahasa tersebut juga perlu disesuaikan dengan para pembaca yang dituju oleh artikel tersebut. Karena portal DJKN merupakan portal resmi, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa formal. Hindarkan menggunakan bahasa gaul.

Cari referensi yang dibutuhkan

Apabila membutuhkan referensi, carilah referensi sesuai dengan tema tulisan. Referensi bisa dari buku, artikel, jurnal, internet, ataupun pendapat orang. Oleh karena itu, seorang penulis perlu banyak membaca dan mencari informasi. Dengan banyak membaca niscaya akan memperkaya bahan dan ide dalam penulisan.

Segera memulai menulis

Hal terpenting seputar menulis artikel adalah segeralah menulis dan sering-seringlah berlatih. Dalam menulis, anggaplah anda sedang berbicara dengan orang lain tentang topik tertentu. Apabila berbicara yang dikeluarkan adalah dalam bentuk suara, maka dalam penulisan, anda berbicara namun dengan output tulisan. Satu hal yang bisa memotivasi untuk membuat tulisan/artikel adalah apabila tulisan kita bermanfaat bagi orang lain, maka sebagai orang yang beragama, kita yakin akan mendapatkan pahala. (Oleh: Yoni Ardianto - Direktorat BMN)

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini