Artikel DJKN

Aplikasi Penilaian Buku Pada Satker BPS Terkait Temuan BPK Atas Hasil IP

Senin, 03 Oktober 2011 pukul 08:51:23   |   845 kali

Oleh: Beta Embriyono Adna (Kasi PKN, KPKNL Palembang)

DJKN kembali melakukan Inventarisasi dan Penilaiain (IP) terkait dengan hasil temuan BPK. Sedikitnya terdapat 8 (delapan) Kementerian dan Lembaga yang mesti diselesaikan dengan segera dan hasilnya dilaporkan ke Kantor Pusat. Khusus untuk satker Badan Pusat Statistik (BPS) adalah melakukan IP atas buku yang ini merupakan hal baru bagi DJKN. Selain jumlah yang sangat banyak, dapat mencapai ribuan buku, juga memiliki penghitungan penilaian yang spesifik yang diatur dalam Surat Edaran yang baru saja diterbitkan khusus untuk melakukan penilaian buku.

Kendala

Surat Edaran Direktur Jenderal tentang Penilaian Barang Milik Negara (BMN) berupa buku menggunakan metode biaya, karena buku-buku yang akan dilakukan penilaian tidak diketahui harga perolehannya. Untuk dapat menentukan harga wajarnya, maka penilaian buku dilakukan dengan metode biaya sesuai dengan kaidah penilaian yang berlaku umum.

Metode biaya untuk menilai buku sangat rinci. Dimulai dari melakukan pengklasifikasian buku, apakah buku itu termasuk terbitan berkala atau terbitan tidak berkala dan masing-masing klasifikasi akan dibagi lagi dengan monograf, literatur, laporan, atau serial. Belum lagi menentukan komponen buku yang akan menghitung semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat buku dan komponen pelengkap buku. Kemudian, penilai harus menentukan penyusutan fisik dan penyusutan keusangan/fungsional untuk mengurangi biaya pembuatan buku. Singkatnya, metode biaya pada penilaian buku ini “rigid” padahal kuantitas buku yang akan dinilai jumlahnya dapat mencapai ribuan pada satu satker BPS.

Alasan menggunakan aplikasi

Profesionalisme adalah nilai-nilai DJKN yang mesti diaplikasikan dalam hal bekerja secara nyata saat bertugas. Oleh sebab itu, kami mencoba untuk memberikan solusi atas kendala dalam melakukan penilaian buku pada satker BPS yaitu dengan menggunakan aplikasi penilaian buku. Aplikasi ini adalah aplikasi sederhana dengan tujuan agar dalam melakukan penilaian buku dapat dilakukan secara cepat, tepat, easy, dan zero mistake.

Cepat maksudnya adalah dengan menggunakan aplikasi penilaian buku ini dapat melakukan penghitungan penilaian yang tidak memerlukan waktu yang lama. Setiap petugas dapat dengan cepat menilai, karena tinggal meng-klik fitur sesuai dengan data yang diinput dari lapangan tanpa membuka lagi tabel Daftar Komponen Penilaian Buku (DKPB) dan tabel-tabel lainnya. Dalam aplikasi ini sudah tersedia daftar komponen, sehingga penilai tinggal memilihnya pada daftar yang sudah sesuai dengan peraturan penilaian buku.

Tepat maksudnya adalah setiap menginput data tinggal meng-klik pada daftar yang ada dan harganya sudah sesuai dengan tabel-tabel yang diatur dalam peraturan.

Easy maksudnya adalah mudah digunakan oleh siapa saja yang ditugaskan dalam melakukan penilaian buku. Sebagian dari pegawai DJKN masih belum begitu paham dalam menggunakan aplikasi yang canggih. Dengan menggunakan aplikasi sederhana ini, maka siapa pun dapat menggunakannya tanpa kursus, sosialisasi, dan asistensi, karena tinggal klik dan tidak ada pengoperasian aplikasi yang rumit sehingga dapat memberdayakan pegawai-pegawai yang idle atau sedikit beban kerjanya. Selain itu, aplikasi ini murah tanpa biaya apapun. Kantor Pusat tidak perlu mengeluarkan dana untuk membuat aplikasi yang canggih dan mahal tetapi hanya tertentu orang yang dapat menggunakan dan perlu waktu untuk melakukan sosialisasi dan asistensi kepada kantor di daerah.

Zero mistake maksudnya adalah setiap output harga wajar yang dihasilkan dari aplikasi ini dipastikan tidak terjadi kesalahan karena aplikasi ini sudah sesuai dengan peraturan penilaian buku. Tabel penilaian buku yang banyak seringkali membuat penilai keliru dalam melakukan input, apalagi akan menilai buku dalam jumlah yang banyak. Aplikasi ini memudahkan untuk mengurangi kekeliruan input dan kesalahan dalam melakukan penghitungan.

Penggunaan aplikasi

Dalam menggunakan aplikasi penilaian buku ini penilai diminta untuk meng-klik sesuai dengan data yang ada. Pada isian jenis cover buku, luas halaman, finishing cover, penjilidan, isi buku, ukuran kertas dan jenis kertas penilai diminta untuk memilih dan klik sesuai data. Pada isian jumlah halaman, penyusutan fisik dan penyusutan fungsi penilai diminta untuk mengisi dengan mengetik angka sesuai dengan kondisi buku. Pada isian ini sudah diberikan “warning info” apabila terjadi kesalahan dalam mengisi angka.

Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, dan sukses dalam mengemban tugas. Apabila terdapat kritik dan saran dapat menyampaikannya di belina1441@yahoo.com. Dari kami tiada yang diinginkan kecuali keikhlasan. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

 Aplikasi dapat di download di sini     

Palembang, 25 September 2011

Dari belina1441@yahoo.com

Mobile: 08123205038


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.