Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Work Life Balance
Kevin Dzikri Faisal
Kamis, 02 Maret 2023 pukul 13:14:22   |   462 kali

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kalian sering mendengar istilah work life balance kan ya ? tapi sebenernya apa sih itu work life balance ? apa sih manfaatnya ? gimana sih cara kita menerapkan work life balance dalam kehidupan sehari-hari ? nah, disini penulis akan sedikit memberikan informasi terkait work life balance. So, check this out!.

Work life balance sendiri merujuk bahwa seseorang hidup dalam kehidupan sehari-hari dengan mencapai keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan, dan kesehatan. Ini berarti bahwa seseorang tidak hanya fokus pada pekerjaan saja dengan mengabaikan kegiatan kehidupan lain termasuk kesehatan. Seseorang tersebut juga harus memperhatikan kegiatan lainnya, seperti kesehatan fisik dan mental, hubungan sosial, maupun hobi yang digemari. Perlu untuk diingat, bahwa work life balance bukan semata-mata berarti membagi waktu secara merata antara pekerjaan dan waktu luang, karena kebutuhan pekerjaan dan waktu luang masing-masing individu berbeda, yang terpenting adalah mencapai keseimbangan yang sehat antara kedua hal tersebut sehingga kesehatan mental, fisik, serta produktifitas pekerjaan tetap optimal.

Banyak manfaat yang dapat diambil ketika kita menerapkan work life balance dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari dapat lebih bahagia dalam menjalani hidup, yang tentunya nantinya juga berdampak pada lebih produktifnya kita melakukan kegiatan, sehingga rasa lelah dan stress pun dapat kita minimalisir.

Untuk mencapai kehidupan “work life balance” penting untuk mengenal kebutuhan dan prioritas individu serta memperhatikan beberapa faktor, seperti jenis pekerjaan, peranan dalam kehidupan pribadi, maupun kebutuhan kebahagiaan yang disukai. Beberapa strategi untuk mencapainya antara lain:

1. Membuat jadwal dan waktu yang teratur, dalam hal membagi mana waktu untuk bekerja, dan mana waktu luang untuk melakukan kegiatan yang digemari.

2. Menjaga keseimbangan kehidupan pribadi, dengan cara menerapkan hidup sehat, seperti berolahraga, makan makanan bergizi, dan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga maupun teman-teman. Karena kegiatan-kegiatan tersebut tidak akan bisa kita lakukan jika kita juga tidak memiliki tubuh yang sehat dan prima.

3. Terapkan jam tidur yang teratur. Dengan menerapkan jam tidur yang teratur, kehidupan seseorang akan lebih tertata, dan tentunya dalam melaksanakan pekerjaan maupun kegiatan lain akan lebih maksimal karena kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh lebih terjaga.

4. Jangan terlalu workaholic. Rajin bekerja memang baik, namun jika sudah pada tahap gila kerja hingga lupa waktu yang lain hal ini tentunya kurang baik. Seseorang yang terlalu gila bekerja hingga lupa melakukan kegiatan lain tentunya lama kelamaan dapat menjadi stress dan kelelahan.

Work life balance bukan hal yang sulit untuk diterapkan namun begitu banyak manfaat yang kita terima jikalau kita telah menerapkannya. Jadi, yuk mulai sekarang luangkan waktu untuk merencanakan dan menerapkannya ya.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini