Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Memenuhi Ekspektasi Melalui Perencanaan Yang Efektif
Agus Rodani
Kamis, 05 Januari 2023 pukul 16:26:50   |   211 kali

Tahun 2022 telah berlalu meninggalkan begitu banyak kenangan dalam pencapaian ekspektasi seseorang ataupun organisasi. Banyak target tercapai, banyak pula yang kandas. Bagi yang tercapai, patut disyukuri dan jangan terlena, bersiap-siap untuk memulai pencapaian-pencapaian baru yang lebih baik di tahun 2023. Bagi yang belum tercapai jangan patah semangat dan bangkit untuk mulai mengambil langkah-langkah jitu dalam memperbaiki pencapaian di tahun sebelumnya.

Tahun 2022, bagi penulis yang bertugas di Kanwil DJKN Kalimantan Barat adalah tahun yang berat tapi cemerlang. Kanwil DJKN Kalbar banyak mengikuti kompetisi dan event, baik di tingkat DJKN maupun Kementerian Keuangan diantaranya meraih unit kerja berpredikat ZI-WBBM, Kanwil Terbaik pada Kementerian Keuangan dan Penataan Arsip. Walaupun tugas pokok dalam memberikan layanan kepada stakholders tetap terlayani dengan baik yang dibuktikan dengan capaian NKO (Nilai Kinerja Organisasi) Tahun 2022 sebesar 114,74 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun 2021 sebesar 117,76 persen.

Keberhasilan Kanwil DJKN Kalbar mencapai NKO yang tinggi dan meraih banyak prestasi, tidak terlepas dari perencanaan, implementasi dan monitoring evaluasi yang baik. Selain itu, kerja sama/sinergi dan kesungguhan seluruh pejabat dan pegawai turut berperan dalam pencapaian. Mulai dari penyusunan rencana, pelaksanaan rencana, dan monitoring evaluasi hasil pelaksanaan dilaksanakan secara rutin dan terencana.

Membuat perencanaan sebelum melaksanakan pekerjaan, akan membantu tim mendapatkan hasil yang lebih baik dan efisien. Ketika membuat perencanaan kerja, kita dituntut untuk spesifik dan lebih detail menuliskan apa saja yang harus dilakukan. Agar lebih jelas dan terorganisir, wajib menuliskannya dengan menggunakan format yang rapih sehingga tim kerja akan lebih mudah mengerti. Seseorang yang ditunjuk sebagai pemimpin tim, harus membuat kertas kerja evaluasi tim. Meskipun memakan waktu, persiapan ini akan membantu menyelesaikan semua pekerjaan tepat pada waktunya. Termasuk menjadi pengingat untuk kembali ke rencana kerja setiap harinya.

Berikut cara-cara dalam membuat perencanaan kerja yang baik [1]:

1. Tentukan target. Tentukan tujuan dari keseluruhan pekerjaan yang akan dilakukan.

2. Memilih pemimpin tim kerja yang tepat. Sangat penting memiliki pemimpin yang dapat membimbing tim untuk bekerja sesuai rencana.

3. Tentukan tugas, anggaran, dan waktu. Dengan demikian semua rencana pekerjaan dapat dijalankan dengan baik dan memudahkan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Atur secara logis. Aturlah tugas untuk masing-masing orang dalam satu tim kerja sesuai dengan kemampuannya.

5. Work in progress. Jangan lupa melaporkan progress update secara teratur kepada seluruh pihak yang terlibat.

6. Rencana cadangan. Selalu siapkan sebuah rencana cadangan untuk menghadapi kondisi yang dapat menghambat pekerjaan tim.

7. Evaluasi. Selalu lakukan evaluasi atas semua pekerjaan yang telah dilakukan sehingga dapat diketahui apa yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan.

Berdasarkan pengalaman yang penulis alami, untuk memenuhi semua persyaratan kompetisi, perlu adanya komitmen dan tanggung jawab tinggi dari setiap tim dan komponen penunjang. Dimulai dengan membuat perencanaan yang dituangkan dalam suatu table (spreadsheet) yang kemudian akan dipresentasikan dalam rapat bersama untuk menguji apakah kegiatan yang direncanakan sudah efektif dan dapat direalisasikan.

Setelah rencana kerja sepakat untuk ditetapkan, maka setiap tim/komponen berkomitmen keras untuk mengimplementasikan dengan penuh tanggung jawab. Dimana setiap anggota tim berusaha melaksanakan rencana dan saling mengingatkan apabila ada rencana yang belum/tidak bisa diimplementasikan. Dalam hal anggota tim mendapatkan kendala dalam melaksanakan rencana kerja, maka akan dicatat dan dibahas dalam rapat kecil maupun rapat besar.

Secara rutin seminggu sekali bahkan menjelang hari H kompetisi, dilakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan rencana kerja, terkait capaian dan realisasinya. Begitu banyak masukan secara antusias yang diberikan dari anggota tim maupun dari tim lainnya untuk memberikan solusi pelaksanaan atau perbaikan.

Alhamdulillah, secara umum, Kanwil DJKN Kalbar atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, bisa mencapai target/tujuan di tahun 2022. Sesuai dengan apa yang kita harapkan, dimana semuanya sudah diusahakan secara maksimal, selanjutnya kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Akhirnya penulis berkesimpulan, membuat perencanaan yang efektif dan berhasil perlu ditambahkan dengan niat, konsisten diri serta jiwa yang ingin selalu belajar. Tujuan kita membuat perencanaan, untuk menjadikan apa yang kita kerjakan menjadi lebih baik dan maksimal. Selain itu, kita menjadi orang yang teratur dan bisa mengarahkan fokus pada apa yang ingin kita kerjakan.

Penulis : Agus Rodani

Pegawai pada Kanwil DJKN Kalimantan Barat


[1] Perencanaan Kerja Secara Tim | Alchemy Event Organizer Jakarta

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini