Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Lakukan Ini Agar Kerjaan Menumpuk Bisa Beres
Fia Malika Sabrina
Jum'at, 30 Desember 2022 pukul 19:17:39   |   1144 kali

Sebagian besar orang tidak menyukai apabila mempunyai kerjaan yang menumpuk. Terkadang melihat kerjaan yang menumpuk bukannya membuat kita semakin semangat dalam menyelesaikan, namun justru membuat kita semakin berat untuk mengerjakannya. Padahal mau tidak mau semua pekerjaan tersebut tetap harus kita selesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun sering kita tidak menyadari sebenarnya pekerjaan menumpuk itu penyebabnya adalah diri kita sendiri lho.

Lakukan hal-hal berikut agar pekerjaan yang menumpuk bisa selesai

1. Buatlah daftar semua tugas yang harus diselesaikan

Walaupun hal ini sepele, ini bisa membuat kita lebih terstruktur dan tidak aka nada tugas yang tertinggal. Karena terkadang karena ada banyaknya tugas, kita terlupakan tugas-tugas yang lain padahal hal itu juga harus kita selesaikan. Dengan mencatat semua tugas kita dan melakukan checklist terhadap tugas yang

2. Lakukan Skala Prioritas

Dari sekian banyak tugas yang ada, pisahkan tugas mana yang menjadi prioritas. Dalam hal ini kalian bisa memisahkan pekerjaan yang paling mendekati deadline ya.

3. Fokus terhadap pekerjaanmu

Terkadang pekerjaan yang banyak dan menumpuk karena kita sendiri suka menunda-nunda pekerjaan tersebut. Jadi sampingkan hal yang lain dahulu dan fokus dengan pekerjaan kalian ya.

4. Jauhkan Barang yang Membuat Distraksi

Hal ini bisa seperti media sosial ataupun gadget kalian. Sementara, mari kita simpan barang-barang tersebut ya.

5. Beri Waktu Istirahat

Walaupun kita harus fokus mengerjakan pekerjaan yang banyak, tubuh kita tetap membutuhkan waktu istirahat. Sehingga kalian harus memberi jeda untuk istirahat juga ya. 10-15 menit dengan melihat pepohonan yang hijau, atau sekedar menyandarkan badan cukup untuk istirahat kalian.

Nah apabila kalian sudah bisa melakukan hal tersebut secara rutin, maka tidak akan lagi ada pekerjaan yang menumpuk. Hal tersebut juga bisa mengatur manajemen waktu kita agar menjadi lebih disiplin lho.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini