Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
MALAS MACET SAAT LIBURAN AKHIR TAHUN? YUK INTIP AKTIVITAS APA SAJA YANG BISA DIJADIKAN ALTERNATIF LIBURAN DI RUMAH
Ratih Prihatina
Rabu, 28 Desember 2022 pukul 13:55:21   |   767 kali

“Jalanan macet parah, Mbak. Nggak enak, mending enggak pergi di rumah saja”. Seorang teman kemarin sempat membagi pengalaman macet perjalanannya saat mencoba berlibur ke daerah Batang.

“Dusun Semilir (Semarang) parah, mlebu wae ga iso (masuk ke tempat wisatanya saja tidak bisa)”, cerita teman yang lain saat mencoba mengajak keluarganya berlibur waktu-waktu liburan sekolah.

Saya yang juga sedang berlibur ke Bandung di masa Nataru 2022 dalam hati mengiyakan informasi dari beberapa teman tersebut. Jalanan macet di banyak ruasnya. Kalau tidak keluar pagi-pagi, kita mungkin (orang daerah, lebih sepi daerahnya akan merasa gegar budaya akan kemacetan) malah dongkol karena kemacetannya. Tempat wisata makin siang amat ramai, mungkin bisa ke kondisi jenuh tinggi pengunjung, kenikmatan menikmati objek wisata berkurang karena saking ramai dan berisiknya tempat wisata tersebut.

Wajar sebetulnya, kapan lagi mungkin, bagi pekerja-pekerja kantoran bahkan bagi sebagian besar masyarakat untuk menjadwalkan liburannya ke tempat wisata tertentu. Apalagi ditambah anak-anak sekolah sedang masa liburan, maka rasanya pas saja waktunya untuk bepergian mengajak keluarga.

Nah, bagi kita-kita yang mempunyai pertimbangan malas untuk bepergian karena macet dan ramai di jalan dan tempat-tempat wisata, sebetulnya ada kok kegiatan di rumah saja yang dapat kita lakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga secara tetap baik dan produktif, seperti contoh-contoh kegiatan seperti :

1. Memasak bersama makanan kesukaan keluarga;

Kegiatan memasak bersama keluarga bisa dengan resep-resep mudah yang disukai anak-anak seperti memanggang roti sosis telur, atau masakan kesukaan keluarga seperti capcay dan lainnya. Meski terdengar sederhana, memasak dapat dijadikan sebagai ide liburan keluarga di rumah yang menyenangkan. Ajaklah segenap anggota keluarga untuk menyiapkan bahan kemudian memasak sambil bercengkerama.

2. Menonton film atau serial TV favorit;

Di jaman teknologi berkembang sangat pesat, kita tidak dibatasi ruang lagi untuk dapat menikmati hiburan-hiburan semacam film atau serial TV kesukaan. Berbagai channel alternatif seperti youtube, netflix, disney hotstar dapat dipakai untuk menikmati serial kesukaan keluarga bersama-sama. Jangan lupa siapkan camilan agar pengalaman menonton lebih menyenangkan.

3. Berkemah atau piknik di pekarangan rumah;

Agar tidak bosan saat libur akhir tahun di rumah saja, kita bisa mengajak anggota keluarga untuk berkemah atau piknik di pekarangan rumah. Kita bisa membangun tenda di halaman, agar lebih seru lakukan juga permainan-permainan saat berkemah di pekarangan rumah. Siapkan juga bekal yang cukup agar kita seperti sedang berkemah atau piknik sungguhan.

4. Mengikuti kelas olahraga online, atau olahraga di sekitar rumah saja bersama keluarga;

Meski liburan, kita tetap perlu menjaga kesehatan. Selain mengatur pola makan sehat, kita juga bisa mencari berbagai kelas olahraga online melalui sosial media, misalnya di youtube sudah banyak channel yang menyediakan tutorial berbagai jenis olahraga seperti aerobik, yoga dan semacamnya. Jangan lupa carilah jenis olahraga yang aman dilakukan di rumah karena kita berolahraga tanpa didampingi instruktur secara langsung.

5. Membaca buku-buku favorit;

Kegiatan membaca buku memang telah menjadi hal yang mulai ditinggalkan di era media sosial yang amat merebak seperti sekarang ini. Tetapi sebetulnya saat kita membaca, otak kita berada dalam fase kegiatan yang amat aktif yang bagus efeknya untuk kesehatan otak itu sendiri. Ajaklah anak-anak dan keluarga memilih buku favoritnya kemudian sediakan tempat dan suasana yang nyaman saat kegiatan membaca buku berlangsung.

6. Bermain bersama hewan kesayangan;

Bermain dengan hewan kesayangan adalah salah satu cara meredakan stres yang paling mudah dilakukan. Jika biasanya waktu bermain dengan hewan kesayangan sangat terbatas, saat libur tahun baru kali ini kita dapat bermain dengan hewan kesayangan dengan lebih baik. Dengan melakukan kegiatan itu mungkin kita bisa semakin mengenal kebiasaan hewan kesayangan yang selama ini tidak kita sadari.

7. Belajar dan mengembangkan hobi atau kegiatan baru;

Mempelajari hal baru mempunyai efek baik untuk pikiran. Coba pertimbangkan kegiatan apa yang kira-kira dapat kita sukai, terlebih jika kegiatan tersebut berguna bagi kita suatu saat nanti. Mencoba mendokumentasi kegiatan keseharian dan menuangkannya menjadi konten pada media sosial kita misalnya, atau menulis blog untuk menuangkan pikiran dan gagasan. Contoh lainnya adalah belajar bersama bahasa asing yang baru.

8. Staycation / menginap di penginapan dalam kota;

Kegiatan staycation memang tidak dilakukan di rumah kita sendiri, tetapi ini dapat juga dimasukkan ke dalam kegiatan alternatif pengisi liburan bersama keluarga. Cari saja tempat menginap yang dekat dengan tempat tinggal kita yang tidak memerlukan effort yang melelahkan untuk menuju tempat tersebut. Staycation adalah istilah yang cukup sering kita dengar, terutama setelah pemerintah mengumumkan masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal akibat pandemi. Pasalnya, banyak orang yang merasa jenuh untuk berdiam diri di rumahnya dan mencari suasana baru untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Nah, kegiatan-kegiatan di atas merupakan alternatif yang dapat kita lakukan bersama keluarga untuk mengisi liburan akhir tahun nanti. Pilihan kegiatan akhirnya ada di tangan kita, apakah ingin tetap mencoba liburan keluar rumah (yang itu lebih menantang) atau memilih menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan positif di sekitar rumah bersama keluarga. Selamat menyambut tahun baru 2023, semoga kita dapat menjadi versi diri kita yang lebih baik lagi di tahun mendatang. (Penulis: Ratih Prihatina, Seksi HI)

Sumber tambahan :

https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6268632/staycation-adalah-apa-saja-yang-dilakukan-dan-bedanya-dengan-vacation#:~:text=Kalau kamu sedang ingin berlibur,dekat dari tempat tinggal mereka.

https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/momen/kegiatan-di-rumah/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini