Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Kiat Menyaring Informasi di Era Serba Teknologi
Prilla Geonestri Ramlan
Selasa, 27 Desember 2022 pukul 14:21:52   |   10184 kali

Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat, terbukti saat ini jarak dan waktu tidak lagi menjadi sebuah penghalang untuk melakukan komunikasi secara cepat. Orang yang berada di sebuah tempat yang jauh atau negara yang berbeda kini sudah mampu melakukan komunikasi melalui audio ataupun komunikasi yang dapat ditampilkan secara visual. Tidak hanya itu saja, aktivitas berbasis elektronik seperti e-banking, e-learning, e-library turut berkembang dan tentunya sangat membantu kegiatan kita sehari-hari.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat tersebut, proses penyebaran informasi dan interaksi antar manusia pun menjadi semakin cepat dan terbuka. Sebagai contoh dengan perkembangan media sosial, kita semakin mudah terhubung dengan teman, keluarga, dan kerabat. Melalui media sosial kita juga mudah untuk mendapatkan sebuah informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui menjadi kita ketahui. Namun perlu untuk diketahui bahwa tidak semua informasi tersebut bermanfaat, tidak semua informasi tersebut diakui kebenarannya, bisa saja informasi tersebut hoax, berita fitnah, atau berita tidak benar. Menyikapi kemudahan untuk mendapatkan informasi tersebut, ada beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman untuk menyaring informasi di era perkembangan teknologi komunikasi saat ini:

1) Baca dari sumber terpercaya

Jika kita ingin mendapatkan informasi yang benar dan akurat sebaiknya cari dari sumber terpercaya. Biasanya saat kita membuka internet ataupun sosial media akan terlihat berbagai informasi yang berseliweran. Ini karena jutaan akun setiap harinya saling memberikan infromasi. Banyaknya informasi yang di bagikan tersebut tidak semuanya benar. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati, tidak mudah percaya dan harus cermat dalam menyaring informasi.

2) Baca secara menyeluruh

Seringkali kita temukan banyak berita yang isinya berbeda atau bahkan tidak sesuai dengan judul. Tak sedikit pula orang yang terprovokasi hanya karena membaca berita atau informasi dari judul saja. Maka dari itu, sebagai pengguna yang bijak, kita harus dapat membaca informasi yang diterima secara keseluruhan, tidak hanya dari judul atau poin-poin saja agar terhindar dari hoax atau berita palsu.

3) Bandingkan dengan situs lainnya

Cara lain yang bisa kita terapkan dalam menyerap informasi ialah bandingkan dengan situs lainnya. Perlu diwaspadai meski judul dan isi konten sudah sesuai, kita harus tetap berhati-hati apabila ingin menyebarkan informasi tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena terkadang suatu media berpihak pada golongan atau kelompok tertentu sehingga konten yang disajikan mengandung pro dan kontra menyikapi suatu permasalahan. Agar lebih aman, kita perlu mengecek kembali dan membandingkannya dengan situs lain yang membahas permasalahan yang serupa.

Demikian 3 (tiga) tips sederhana yang bisa kita terapkan dalam menyaring informasi sebelum menyebarluaskannya kepada orang lain. Mari dengan bijak menyaring informasi, karena dengan itu kita membantu mencegah penyebaran informasi hoax ataupun berita palsu.

-Seksi Hukum dan Informasi-

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini