Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Kanwil DJKN Kalimantan Barat meraih Predikat ZI Menuju WBBM
Agus Rodani
Jum'at, 09 Desember 2022 pukul 09:56:47   |   175 kali

Perjuangan dan kerja keras segenap pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Barat akhirnya terbayar. Berdasarkan nota dinas Nomor ND-547/IJ.5/2022 tanggal 8 Desember 2022, Kanwil DJKN Kalbar ditetapkan sebagai salah satu unit kerja yang berhasil memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Segala proses seleksi mengikuti ZI-WBBM sudah dilaksanakan sejak tahun 2021. Dimulai dengan pembentukan Tim Pengungkit yang beranggotakan pegawai yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Tim Pengungkit terdiri dari Manajemen Perubahan, Manajemen Penataan Tata Laksana, Manajemen Penataan Sistem Manajemen SDM, Manajemen Penguatan Akuntabilitas, Manajemen Penguatan Pengawasan, dan Manajemen Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Hal pertama kali yang dibuat masing-masing Tim Pengungkit adalah membuat rencana kerja, yang kemudian harus dipresentasikan dalam rapat WBBM yang dipimpin Kepala Kanwil. Rencana kerja Tim Pengungkit harus dibuat dengan memperhitungkan waktu, biaya dan kendala yang kemungkinan dihadapi.

Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan guna meraih predikat ZI-WBBM, Kanwil DJKN Kalimantan Barat melakukan benchmarking ke KPKNL yang telah meraih predikat WBBM sebagai agenda yang harus segera dilaksanakan. Dalam hal ini Kanwil DJKN Kalimantan Barat benchmarking dengan KPKNL Pekalongan dan KPKNL Bekasi. Selain itu, inovasi layanan publik menjadi salah satu keharusan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Demikian pula dengan monitoring dan evaluasi yang harus terus dilakukan secara berkala.

Minimal sebulan sekali Kanwil DJKN Kalimantan Barat melaksanakan rapat monitoring terkait pelaksanaan rencana kerja, guna mengetahui kendala yang dihadapi dan mencari solusinya. Seluruh pejabat dan pegawai saling sinergi dan bersama-sama berkomitmen tinggi untuk mewujudkan zona integritas menuju WBBM.

Beberapa penilaian yang harus Kanwil DJKN Kalimantan Barat lalui berupa penilaian desk evaluation, survei eksternal, clearance Inspektorat Bidang Investigasi, field evaluation, mystery shopping, serta permintaan clearance kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ombudsman Republik Indonesia.

Beberapa hal yang harus menjadi perhatian unit kerja untuk memenuhi kriteria predikat WBBM yaitu :

a. senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan (Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan) dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada stakeholders;

b. menggunakan/mencantumkan dokumen asli (hasil output dari Nadine) untuk bukti pemenuhan seluruh area pembangunan ZI-WBK/WBBM;

c. melampirkan bukti pelaksanaan telah dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) berupa tindak lanjut, bukan sekadar laporan pelaksanaan monev;

d. atas penerapan inovasi, agar menambahkan bukti perubahan yang terjadi sebelum dan setelah penerapan.

Tujuan adanya penilaian unit kerja menuju WBBM adalah menilai dan memberikan saran perbaikan dalam pelaksanaan pembangunan ZI, agar dapat mewujudkan unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang bersih dan bebas dari KKN, serta memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Kunci keberhasilan Kanwil DJKN Kalimantan Barat meraih predikat ZI WBBM adalah adanya perbaikan terus menerus dalam upaya peningkatan kualitas layanan, komitmen dan kesungguhan segenap pejabat dan pegawai, serta adanya inovasi yang telah direplikasi yaitu Simpelman (Sistem Manajeman Pengelolaan Aset Negara), menjadi trigger dan role model bagi satuan kerja lain baik lingkup Kementerian Keuangan maupun di luar Kementerian Keuangan.

Beragam prestasi yang di tahun 2022 telah terukir antara lain Kanwil Terbaik Kementerian Keuangan dan lomba penataan arsip tingkat DJKN. Selain itu, Kanwil DJKN Kalimantan Barat menggali lebih detail terkait NKO (Nilai Kinerja Organisasi) yang telah berhasil mencapai target, upaya sinergi dan kolaborasi yang telah dan akan dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja dan layanan serta peran dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Perlu penulis informasikan bahwa Kanwil DJKN Kalimantan Barat mengikuti pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Bersih dan Melayani (WBBM) sebanyak 2 (dua) kali. Pada tahun 2021 gagal meraihnya walaupun dengan nilai indeks pemenuhan kriteria ZI WBBM sebesar 96 persen. Kegagalan tersebut tidak membuat Kanwil DJKN Kalimantan Barat patah semangat. Dengan dukungan, sinergi dan komitmen tinggi para pejabat dan pegawai, akhirnya di tahun 2022 Kanwil DJKN Kalimantan Barat berhasil meraih predikat ZI-WBBM.

Di Hari Anti Korupsi se-Dunia tanggal 09 Desember 2022, Kanwil DJKN Kalimantan Barat telah membuktikan dukungan untuk menciptakan lingkungan unit kerja dalam mencegah dan memberantas korupsi. Hal ini tergambarkan dalam kegigihan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Diharapkan dengan predikat WBBM, pegawai Kanwil DJKN Kalimantan Barat menjadi pegawai yang beriman dalam arti spiritual, maupun beriman dalam sifat yang bersih dengan tidak menerima yang bukan haknya, inovatif dalam memanfaatkan teknologi dalam bekerja, serta melayani dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pembangunan Zona Integritas ini bukan hanya untuk penilaian semata melainkan lebih dari itu, menuju ke arah yang lebih baik, sehingga pembangunan ZI merupakan suatu proses kontinu yang dilaksanakan unit kerja dengan senantiasa melihat celah perbaikan dan improvisasi, dan terus berupaya untuk menutup celah perbaikan tersebut sehingga menghasilkan output yang paling optimal dan terbaik. Harapan penulis, semoga apa yang telah diraih Kanwil DJKN Kalimantan Barat bisa menginspirasi dan memotivasi bagi satuan kerja lain bisa meraih WBBM.

Penulis : Agus Rodani

Pegawai pada Kanwil DJKN Kalimantan Barat

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini