Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Inovasi Layanan pada KPKNL Pematang Siantar
Widya Aprilina Sinaga
Jum'at, 30 September 2022 pukul 16:08:30   |   161 kali

1. Mini Portal KPKNL Pematang Siantar

Mini Portal KPKNL Pematang Siantar merupakan aplikasi berbasis web yang menjadi inovasi unggulan pada KPKNL Pematang Siantar dalam menjawab kebutuhan para stakeholder akan informasi layanan yang cepat, akurat, dan mudah diakses di tengah masa pandemi Covid-19 yang membatasi mobilitas para stakeholder untuk berkunjung ke KPKNL. Mini portal hadir untuk memudahkan pengguna layanan dalam menggali beragam informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui website : https://linktr.ee/KPKNLPematang Siantar. Terdapat 6 (enam) layanan yang disajikan dalam Mini Portal, yaitu layanan Pengelolaan Kekayaan Negara, layanan Penilaian, layanan Lelang, layanan Pengurusan Piutang Negara, layanan akses Sosial Media KPKNL, dan layanan Pengaduan.

  • Dari layanan Pengelolaan Kekayaan Negara, para stakeholder dapat mengakses Peraturan seputar Pengelolaan BMN, Informasi terkait persyaratan dalam pengajuan usulan Pengelolaan BMN beserta contoh format dokumen yang perlu dilengkapi, dapat mendownload dan menginstal sendiri aplikasi terkait BMN, bahkan mendownload produk pengelolaan BMN yang pernah diajukan sebelumnya serta layanan konsultasi langsung dengan seksi terkait.
  • Dari layanan Penilaian, para stakeholder dapat mengakses Peraturan seputar Penilaian Aset, baik itu lingkup BMN maupun BMD beserta informasi terkait kelengkapan berkas yang menjadi syarat dalam permintaan Penilaian Aset.
  • Dari layanan Lelang, para stakeholder dapat memperoleh informasi terkait Peraturan Lelang, Persyaratan kelengkapan berkas pengajuan, Informasi pelaksanaan lelang, Rencana pengambilan kutipan (yang terhubung dengan aplikasi Minutes), hingga layanan konsultasi langsung dengan Seksi Pelayanan Lelang.
  • Dari layanan Pengurusan Piutang Negara, stakeholder yakni penyerah piutang selaku pemilik piutang dapat terhubung dengan aplikasi Rekon-PN yang juga menjadi salah satu inovasi pada KPKNL Pematang Siantar dalam menjawab kebutuhan stakeholder atas informasi terkait pengurusan piutang negara yang dilakukan oleh KPKNL Pematang Siantar, dimana aplikasi ini memuat data-data debitur yang telah diserahkan penyerah piutang kepada KPKNL Pematang Siantar berupa nomor register yang menginformasikan bulan dan tahun penyerahan ke KPKNL Pematang Siantar, nilai penyerahan, jumlah pembayaran/angsuran yang telah dilakukan dan sisa hutang dari debitur, termasuk didalamnya tingkat pengurusan piutang Negara. Aplikasi ini memudahkan pihak penyerah piutang untuk memonitoring pengurusan piutang yang telah dilakukan oleh KPKNL, demikian juga untuk mengetahui jumlah sisa hutang dan angsuran yang dilakukan oleh debitur. Dan kepada debitur juga dimudahkan untuk mengetahui sisa hutangnya, debitur hanya perlu datang ke kantor penyerah piutang. Dengan demikian, penyerah piutang maupun debitur tidak perlu datang ke KPKNL Pematang Siantar.
  • Selain dari layanan-layanan utama tersebut, kami memberikan para stakeholder layanan akses ke Sosial Media KPKNL seperti Facebook, Instagram, dan Youtube sehingga para stakeholder juga dapat mengikuti setiap update kegiatan yang dilakukan oleh KPKNL Pematang Siantar.
  • Dan yang terakhir, untuk menampung segala kritik, saran, ataupun masukan dari para stakeholder, kami memfasilitasi Layanan Pengaduan pada Mini Portal sebagai sarana bagi stakeholder dalam menyampaikan pengaduan mereka jika menemukan kendala ataupun ketidakpuasan dalam pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Pematang Siantar.

2. Arise (Auction Reminder Service)

Arise (Auction Reminder Service) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengingatkan para pemohon lelang agar melakukan pengumuman lelang yang terjadwal melalui surat kabar harian. KPKNL Pematangsiantar akan mengirimkan pesan reminder kepada stakeholder melalui whatsapp 2 (dua) hari sebelum jadwal pengumuman lelang kepada pihak pemohon lelang. Latar belakang pembuatan inovasi ARISE dikarenakan adanya pembatalan lelang pada tahun 2020 karena pemohon tidak melaksanakan kewajibannya untuk menayangkan pengumuman pada surat kabar harian di waktu yang telah ditetapkan dikarenakan ketidaksengajaan/lupa. Selain itu, pada tahun 2020 sejumlah stakeholder mengeluh karena kerap kali lupa untuk menayangkan pengumuman lelang pada surat kabar harian dikarenakan jarak waktu antara penetapan dengan waktu penanyangan pengumuman cukup jauh (15 hari kalender). Oleh karena itu, inovasi ARISE bersinergi dengan inovasi whatsapp gateaway dibuat bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada stakeholder dan mencegah hilangnya potensi capaian hasil lelang, meskipun kesalahan tidak ditayangkannya pengumuman tersebut bukan berasal dari KPKNL Pematangsiantar. Dampak dari inovasi ARISE tersebut yaitu meminimalkan terjadinya lelang batal yang dapat menghilangkan potensi pendapatan Negara dari PNBP lelang serta pendapatan pokok lelang bagi pemohon lelang sendiri hanya dikarenakan lupa menayangkan pengumuman lelang tersebut.Penyampaian Arise (Auction Reminder Service) didukung dengan Nota Dinas Nomor ND-52/WKN.02/KNL.0205/2021 tanggal 17 Februari 2021 tentang Penyampaian Reminder Pengumuman Lelang kepada Stakeholder Lelang.

3. OOTD (One Information Of The Day)

OOTD (One Information Of The Day) merupakan implementasi Budaya Kerja Kementerian Keuangan pada poin pertama, yaitu Satu Informasi Setiap Hari. Satu Informasi Setiap Hari dimaksudkan untuk mendorong seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan (Pegawai Kementerian Keuangan) mencari informasi yang positif dan membaginya (sharing) dengan Pegawai Kementerian Keuangan lainnya untuk pengetahuan bersama. Dengan bertambahnya satu informasi setiap hari, ilmu dan wawasan yang dimiliki oleh para pegawai pun diharapkan dapat ikut bertambah. Progam OOTD (One Information Of The Day) telah dilaksanakan setiap hari melalui speaker kantor yang dibawakan oleh para pegawai. Informasi yang dibagikan oleh para pegawai secara bergantian tersebut tidak hanya terpaku pada pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pematangsiantar saja, melainkan juga mencakup berbagai informasi penting lainnya, baik dalam bentuk berita terkini, motivasi sebagai penyemangat pegawai, ataupun informasi menarik lainnya yang dapat menambah wawasan para pegawai KPKNL Pematangsiantar. Selain itu, kegiatan OOTD ini menjadi bentuk pelatihan public speaking bagi para pegawai yang menyampaikan informasi.

4. Minutes

Latar belakang pembuatan inovasi MINUTES adalah pentingnya Kutipan Risalah Lelang sebagai Akta Otentik Jual Beli Lelang yang akan digunakan oleh Pemenang Lelang untuk keperluan balik nama objek lelang yang dibeli sehingga Kutipan Risalah Lelang yang dihasilkan tidak diperbolehkan adanya kesalahan redaksi. Untuk itu KPKNL Pematangsiantar membutuhkan waktu yang lebih dalam untuk melaksanakan pemeriksaan konsep Kutipan Risalah Lelang tersebut. Hal ini menyebabkan pemenang lelang/pemohon pemberian Kutipan Risalah Lelang harus menunggu lebih lama yang dimulai dari permohonan sampai dengan diterimanya Kutipan Risalah Lelang tersebut. Dan salah satu solusi atas kondisi tersebut dengan adanya MINUTES.

Tujuan dari inovasi MINUTES yaitu mempersingkat waktu pelayanan bagi pemohon pemberian Kutipan Risalah Lelang dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada KPKNL Pematangsiantar waktu kedatangan pengambilan ke KPKNL Pematangsiantar. Dengan pemberitahuan tersebut Petugas pembuat Kutipan Risalah Lelang dapat lebih dahulu mempersiapkan dengan tetap menjaga kualitas Kutipan Risalah Lelang yang diminta.

Dampak dari inovasi MINUTES yang telah dijalankan yaitu pelayanan pemberian Kutipan Risalah Lelang dapat lebih cepat, dimana pemohon Kutipan Risalah Lelang tidak lagi membutuhkan waktu lebih (biasanya menunggu lebih dari 1 jam) untuk menunggu pembuatan Kutipan Risalah Lelang tersebut, tetapi saat ini stakeholder datang ke KPKNL Pematangsiantar hanya dalam rangka mengambil Kutipan Risalah Lelang yang telah dipersiapkan terlebih dahulu (berkisar 5 sd 10 menit). Hasilnya kepuasan stakeholder atas salah satu layanan unggulan di KPKNL Pematangsiantar tersebut dapat lebih meningkat.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini