Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Foto Keren Engga Harus Pakai Kamera Lho !
Widya Aprilina Sinaga
Jum'at, 23 September 2022 pukul 09:49:39   |   5867 kali

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat memberikan perubahan yang signifikan terhadap pola kehidupan seluruh masyarakat. Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi adalah lahirnya berbagai platform media sosial di tengah masyarakat yang membangun kreativitas dan inovasi para pengguna, termasuk dalam menyajikan postingan dalam bentuk foto atau gambar. Setiap pengguna menjadi semakin gencar melahirkan karya-karya fotografi yang kian membaik, karena faktanya perkembangan dunia fotografi sudah semakin canggih dan mudah. Foto yang baik tentunya dapat memikat hati masyarakat dalam memahami maksud dari objek yang ada didalamnya, seperti kata pepatah “gambar dapat berbicara”. Dalam bukunya, Gani dan Kusumalestari mengatakan : rasanya tidak ada media massa cetak (surat kabar, tabloid, dan majalah) di negeri ini yang tidak menyertakan foto dalam setiap terbitannya. Foto tidak hanya diminati oleh masing-masing individu, tetapi juga digunakan menjadi daya tarik bagi pembaca sebelum membaca berita.

Kala ini, untuk menghasilkan foto dengan kualitas hasil yang baik, setiap individu tidak lagi harus mengandalkan kamera yang canggih dan mahal seperti layaknya fotografer profesional. Teknologi kamera terus berevolusi hingga sampai saat ini, kamera dengan kualitas tinggi dapat menyatu menjadi satu kesatuan dengan smartphone, sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Setiap penggunannya dapat langsung mengabadikan berbagai momen hanya dengan smartphone yang ia miliki. Berbagai perusahaan smartphone di dunia juga berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan jenis, kualifikasi, dan kualitas yang berbeda-beda. Salah satu ukuran kualifikasi dan kualitas dari sebuah smartphone yang baik diukur dari kualitas kamera yang dimiliki. Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar masyarakat kerap kali mempertimbangkan kualitas kamera dari suatu produk smartphone yang ia inginkan ketika ingin membelinya.

Nah, untuk memaksimalkan kualitas foto yang dihasilkan melalui smartphone kamu, ayo simak beberapa tips berikut ini.

1. Mengaktifkan mode gridlines pada kamera

Mengaktifkan mode gridlines pada kamera dapat memberikan keseimbangan pada kualitas foto yang didasarkan pada prinsip rule of thirds (prinsip komposisi fotografi) dimana sebuah gambar harus dipecah menjadi tiga, baik secara horizontal maupun vertikal, sehingga kita memiliki sembilan bagian dalam foto secara total.

2. Atur pencahayaan sesuai kebutuhan

Sesuaikan pencahayaan pada fitur kamera di smartphone kamu sesuai dengan objek yang ingin diambil. Apabila objek tersebut kekurangan cahaya, kamu bisa menambahkan cahaya (brightness) melalui fitur yang terdapat di kamera ponsel.

3. Hindari memperbesar foto

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur zoom in dan zoom out karena akan mengurangi kualitas objek yang difoto.

4. Bersihkan lensa kamera sebelum menggunakan

Sebelum menggunakan kamera, sebaiknya selalu cek dan bersihkan lensa kamera menggunakan kain berbahan lembut seperti lap kacamata karena tanpa kita sadari, kamera smartphone yang kita miliki mungkin saja tertempel pada tangan atau benda-benda, sehingga dapat meninggalkan kotoran pada lensa kamera yang kita miliki. Kualitas lensa yang baik tentunya akan berpengaruh pada kualitas foto yang dihasilkan.

5. Atur format kamera

Smartphone masa kini telah menghasilkan berbagai fitur dengan kualitas yang lebih baik. Atur sistem pengaturan kamera menjadi high efficiency agar menghasilkan kualitas foto terbaik.

6. Gunakan Mode Portrait

Salah satu fitur atau mode yang disediakan oleh smartphone masa kini adalah Mode Portrait. Mode ini menghasilkan efek bokeh seperti layaknya kamera profesional. Mode ini membuat foto terlihat dramatis terutama jika latar belakang foto sangat menarik. Mode Portrait lebih cocok digunakan untuk objek seperti manusia karena hasilnya bisa digunakan untuk menggambarkan kegiatan serta momen seru untuk dibagikan di media sosial.

7. Gunakan aplikasi editing untuk memaksimalkan hasil akhir foto

Ada kalanya foto yang kita hasilkan sudah baik tanpa memerlukan proses editing lanjutan. Namun ada kalanya pula foto yang kita hasilkan tidak sempurna, misalnya hasil jepretan yang tidak tajam atau nge-blur, di bawah kondisi cahaya gelap (low light), dan sebagainya. Padahal foto tersebut mungkin memiliki momen yang bagus dan tak mungkin diulang. Sekarang ini, sudah tersedia banyak aplikasi editing foto yang bisa mengoptimalkan hasil foto menjadi lebih baik dan aesthetic. Kita dapat menambahkan beragam efek, seperti efek aesthetic yang memiliki tone warna kekinian dan tentunya cocok diunggah di media sosial.


Catatan : Foto-foto di bawah ini diambil dengan menggunakan smartphone.

Sumber :

  1. Cahyono, Anang Sugeng. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia, https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79/73, diakses pada 14 September 2022
  2. jsp.co.id. (2021, 25 November). Teknik Fotografi Dengan Smartphone. Diakses pada 14 September 2022, dari https://jsp.co.id/teknik-fotografi-dengan-smartphone/
  3. Tanjung, Muhammad Rusdi. 2016. FOTOGRAFI PONSEL (Smartphone) SEBAGAI SARANA MEDIA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT MODERN, https://www.researchgate.net/publication/355342483_FOTOGRAFI_PONSEL_Smartphone_SEBAGAI_SARANA_MEDIA_DALAM_PERKEMBANGAN_MASYARAKAT_MODERN, diakses pada 15 September 2022
  4. tekno.kompas.com. (2022, 4 April). Suka Mobile Photography? 5 Fitur Photography Ini Wajib Ada di Smartphone. Diakses pada 15 September 2022, dari https://tekno.kompas.com/read/2022/04/04/15310037/suka-mobile-photography-5-fitur-fotografi-ini-wajib-ada-di-smartphone
  5. tekno.tempo.co. (2021, 31 Agustus). 6 Teknik Fotografi dengan Smartphone, Jangan Sekali-kali Zoom Obyek Foto. Diakses pada 14 September 2022, dari https://tekno.tempo.co/read/1500747/6-teknik-fotografi-dengan-smartphone-jangan-sekali-kali-zoom-obyek-foto
Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini