Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Manfaat Tempat Kerja yang Fleksibel
Muhammad Yose Rizal
Kamis, 22 September 2022 pukul 16:41:24   |   782 kali

6 Manfaat Tempat Kerja yang Fleksibel

Salah satu tujuan organisasi utama untuk setiap bisnis modern adalah retensi karyawan. Intinya organisasi dipengaruhi oleh penurunan omset dan mempertahankan personel puncak, yang membantu bisnis meningkatkan keunggulan kompetitif mereka, memotong biaya, dan mendorong pertumbuhan jangka panjang. Menurut data terbaru tentang biaya perekrutan, mengganti karyawan membebani majikan 40% dari gaji pokok mereka. Itu membuat retensi karyawan menjadi prioritas utama, terutama untuk bisnis kecil yang tidak dapat bersaing dari pesaing mereka yang lebih besar.

Meskipun ini adalah elemen penting dalam memikat dan mempertahankan personel, Anda juga dapat mempertimbangkan manfaat tambahan yang mendorong karyawan untuk bertahan dalam bisnis, yang pada akhirnya berdampak pada lingkungan tempat kerja. Pengusaha dapat mengungkapkan rasa terima kasih mereka dengan memberikan tempat kerja yang fleksibel. Menurut Annie Morton (pakar Manajemen SDM) terdapat 6 enam keuntungan tempat kerja yang fleksibel.

1. Jam Hari kerja lebih pendek

misalnya, bekerja enam jam sebagai lawan dari delapan jam standar. Untuk mengakomodasi tuntutan pekerja tertentu, Anda juga dapat menegosiasikan jam kerja. Misalnya, individu yang tidak dapat bekerja penuh waktu karena gangguan, masalah kesehatan, atau kewajiban pribadi (seperti studi di perguruan tinggi atau bayi baru lahir) mungkin masih dapat berkontribusi pada bisnis Anda.

Bekerja lebih sedikit tidak harus mengakibatkan penurunan produktivitas, Bekerja lebih sedikit dapat membantu karyawan menjadi lebih produktif, berkonsentrasi lebih baik, memprioritaskan aktivitas mereka, memanfaatkan waktu mereka dengan lebih baik, dan memiliki lebih banyak energi. Minggu kerja yang dipersingkat juga dapat membantu karyawan memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dengan memberi mereka lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama orang yang mereka cintai. Pada gilirannya, ini dapat meningkatkan kesejahteraan emosional, mental, dan fisik mereka dan mencegah kelelahan. Untuk kebahagiaan kerja yang lebih besar, produktivitas, dan retensi, ini adalah elemen penting.

Jangan khawatir bahwa jam kerja yang lebih sedikit akan merusak kerja tim dan budaya perusahaan.

Misalnya, beberapa orang mungkin memutuskan untuk memulai hari kerja mereka dua jam lebih awal dari biasanya dan bekerja sampai waktu makan siang. Beberapa orang mungkin lebih suka tidur dan mulai bekerja nanti. Untuk memastikan efektivitas operasional, jadwal setiap orang harus bertepatan selama waktu tertentu (seperti periode beban kerja puncak). Flextime dapat meningkatkan pengalaman kerja secara keseluruhan bagi karyawan, Mereka dapat memilih untuk bekerja pada saat yang paling nyaman bagi mereka atau pada saat mereka paling produktif. Mereka dapat menyesuaikan semuanya ke dalam jadwal mereka dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang baik, apakah mereka memiliki kewajiban untuk merawat anak-anak atau kerabat lanjut usia, menghadiri sesi terapi, atau memiliki komitmen lain.

2. Jadwal Kerja dipadatkan

Mereka dapat, misalnya, bekerja sepuluh jam setiap hari selama empat hari berturut-turut dan kemudian mengambil cuti pada hari kelima. Keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dapat dicapai dengan mengambil hari libur ekstra setiap minggu. Mengizinkan staf Anda mengambil hari libur tanpa dikenakan denda keuangan sehingga mereka dapat memenuhi kewajiban pribadi. Bagaimanapun, mereka akan mengimbanginya dengan bekerja lebih lama. Namun, tidak semua organisasi dapat membuat pengaturan pekerjaan ini berhasil. Ini hanya berfungsi jika personel Anda mampu bekerja lebih lama tanpa mengorbankan kesehatan atau kualitas mereka.

3. Pekerjaan Hibrid

Meskipun pekerjaan hibrida telah digunakan selama bertahun-tahun, epidemi COVID-19 telah mempercepat adopsinya. Saat ini, banyak bisnis membiarkan anggota staf mereka bekerja dengan kombinasi jam di rumah dan di kantor, memberi mereka yang terbaik dari kedua dunia. Menurut sebuah studi baru-baru ini tentang pekerjaan hibrida, 85% karyawan lebih menyukai gaya pekerjaan ini, terutama karena mempromosikan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Karena gangguan yang lebih sedikit, mereka dapat mengatur waktu mereka dengan lebih baik, membuat jadwal kerja yang sesuai dengan kewajiban pribadi mereka, dan menjadi lebih produktif dan efisien. Selain itu, dapat mempromosikan komunikasi dan kerja sama tim tanpa gangguan kerja atau kelelahan Zoom, mencegah kelelahan, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka.

4. Meningkatkan moral, retensi, kepuasan kerja, dan keterlibatan karyawan.

Anda dapat menurunkan pengeluaran operasional seperti sewa, IT, perjalanan, dan biaya omset sementara juga mempercepat pertumbuhan bisnis. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tenaga kerja hybrid Anda, pastikan untuk menginspirasinya. Tempatkan perhatian Anda pada jalur komunikasi terbuka, harapan yang jelas, latihan membangun tim (termasuk pertemuan sosial online), dan hubungan yang mendalam.

5. Taman dalam Kantor

Taman dalam Kantor merevolusi bisnis dan memperluas definisi kerja jarak jauh. Banyak bisnis, seperti Google, Toyota, Yahoo, PepsiCo, dan Intel Hillsboro, telah menambahkan taman ke kantor mereka sehingga anggota staf dapat bekerja dalam lingkungan yang memotivasi yang juga bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Kebun-kebun ini menyehatkan pekerja karena dekat dengan alam, termasuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres dan kecemasan. Pada akhirnya, mereka mungkin lebih puas dan efektif. Tapi bagaimana dengan pekerja yang melakukannya dari rumah mereka? Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh American Psychiatric Association, beberapa pekerja jarak jauh mengalami masalah dengan isolasi, kesepian, dan penutupan di penghujung hari. Mereka dapat melakukan hal-hal lain untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional mereka selain apa yang harus dilakukan majikan mereka, yaitu memberikan dukungan kesehatan mental.Membuat kantor di halaman rumah adalah salah satu cara untuk memberikan orang tempat yang tenang untuk bekerja tanpa gangguan. Mereka dapat melakukan tugas-tugas dan mengadakan pertemuan dalam suasana pribadi, bebas stres di area profesional selain dari tempat tinggal utama mereka, yang meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan umum.

6. Pembagian Tugas

Dalam pengaturan pembagian kerja, dua atau lebih karyawan membagi tugas dari satu posisi penuh waktu. Mereka bekerja sama, berbagi tugas secara setara, dan dibayar sesuai dengan tanggung jawab dan kontribusi mereka. Dalam perjanjian pembagian kerja, karyawan dapat bekerja lebih sedikit atau paruh waktu dalam peran yang sama, tetapi tenaga kerja gabungan mereka pada akhirnya menghabiskan jumlah waktu yang sama dan membutuhkan tugas yang sama dengan pekerjaan penuh waktu. Berbagi pekerjaan adalah yang terbaik untuk orang-orang yang memiliki dua pekerjaan atau yang membutuhkan waktu ekstra untuk mengurus keluarga atau kesehatan mereka. Dengan membagi tugas dan menurunkan stres selama periode sibuk, mereka dapat mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dan menghindari kelelahan.

Pengusaha juga bisa mendapatkan keuntungan dari pengaturan ini. Mereka dapat menggunakan banyak pengalaman dan berbagai bakat dalam satu peran, yang juga menurunkan biaya dan ketidakhadiran. Karena pengetahuan dan keterampilan yang dipertukarkan oleh rekan kerja, ini adalah situasi terbaik untuk mempertahankan personel puncak. Jika seseorang meninggalkan organisasi, yang lain dapat mengambil alih dan menjaga operasi tetap berjalan saat karyawan baru sedang dilatih. Karena dua kepala biasanya lebih baik daripada satu kepala dalam hal pemecahan masalah, tim berbagi pekerjaan juga dapat meningkatkan produktivitas.

Imbalan dari Pekerjaan yang Fleksibel

Menurut Survei Pengalaman Pekerja Digital Gartner 2021, kerja fleksibel adalah salah satu kriteria terpenting untuk meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan. Jika Anda memasukkannya ke dalam tempat kerja Anda, pengalaman karyawan Anda akan berubah, menarik mereka untuk tetap tinggal dan maju dengan bisnis Anda. Bagian terbaiknya adalah memberikan fasilitas tempat kerja yang fleksibel tidak memerlukan pengeluaran finansial apa pun. Pengaturan terbaik untuk staf Anda adalah yang terpenting; mengutamakan kebutuhan dan kesejahteraan mereka dapat membantu Anda meningkatkan kinerja perusahaan Anda.


Penulis : Taufiqurrahman

Pustaka:

Morton, Annie, Improve Employee Experience with 6 Flexible Workplace Benefits, 2022. @Thomasnet.com

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini