Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
Healing dan Self Healing
Peter Sony
Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 14:46:51   |   96692 kali

Hmmmmh…..Ngaku dech, akhir-akhir ini sering banget ya kita dengar kata-kata ini : Healing dan Self Healing. Pusing dikit, healing, bosen dengan rutinitas sehari-hari, healing, jalan-jalan bersama bestie, disebut healing juga….Yach, pokoknya number one lah kata healing saat ini. Iya kan? Eits, tapi tunggu dulu, sebenarnya pada tahu nggak sich apa itu artinya healing? Yuks, kita sama-sama belajar mengetahui tentang seluk beluk healing.

Kata healing sebenarnya sudah ada sejak lama. Karena memang kata tersebut diambil dari bahasa asing. Namun, belakangan ini istilah dan arti healing memang begitu populer di sosial media. Mulai dari komentar, postingan status, caption, dan lain sebagainya. Healing berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan menurut kamus besar bahasa Inggris terjemahan Indonesia mengacu pada arti penyembuhan. Lingkup penyembuhan dari kata healing sendiri sebenarnya cukup besar. Arti healing juga dapat dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, perasaan, batin, maupun pikiran. Oleh karena itu,muncul istilah self healing atau jika diartikan adalah penyembuhan diri.

Tadi di atas kita sudah tahu ya arti healing, nah selanjutnya kita akan membahas tentang Self Healing. Kedua istilah ini sama populernya. Namun self healing bisa diartikan dalam cakupan yang lebih khusus lagi. Self healing ialah sebuah proses penyembuhan luka batin yang bisa mengganggu kondisi emosi seseorang. Tak bisa dipungkiri jika setiap orang memiliki sebuah luka, salah satunya adalah luka batin. Proses terjadinya luka batin ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perasaan gagal melakukan sesuatu. Selain itu, luka batin pada diri seseorang sebenarnya memiliki jangkauan waktu yang berbeda-beda bagi setiap orang yang mengalaminya. Secara umum, luka batin bisa saja terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Meski begitu, ada beberapa cara untuk menyembuhkan luka batin ini. Misalnya, dengan melakukan yoga, meditasi, hingga relaksasi.

Lalu, apa saja tuh tanda-tanda seseorang mengalami luka batin, sehingga perlu melakukan Self Healing? Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi luka batin. Contohnya adalah adanya pengalaman buruk pada masa lalu. Dari adanya pengalaman buruk masa lalu tersebut, orang terkait tak bisa mengeluarkan perasaan yang tersakiti yang akhirnya membuat dirinya memiliki kondisi memendam luka batin. Berikut ini adalah tanda-tanda orang seseorang sedang memendam luka batin yaitu:

1. Lebih sensitif dari sebelumnya

Salah satu ciri orang yang sedang dalam kondisi memendam luka batin yaitu mereka menjadi lebih sensitif dari biasanya. Misalnya, ketika mudah menangis terhadap hal-hal yang dianggap sepele sekalipun. Bahkan, peristiwa yang telah menyakiti juga bisa membuat seseorang menjadi mudah tersinggung hingga mengeluh. Kondisi lebih sensitif juga bisa dilihat ketika seseorang lebih mudah marah jika orang lain tak memperlakukan dirinya seperti yang mereka harapkan. Artinya, adanya luka batin akan membuat seseorang tidak bisa menyaring peristiwa yang ada dalam proses perlindungan diri terhadap rasa sakit yang berlebihan.

2. Sering muncul perasaan negatif

Seseorang yang mengalami kondisi luka batin juga akan lebih banyak atau sering mendapatkan pemikiran juga perasaan negatif dalam dirinya ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya, mereka akan lebih mudah mengalami pesimistis dalam menghadapi suatu hal di kehidupannya. Mereka juga mudah putus asa dan khawatir terhadap suatu hal buruk yang dikira akan menghampirinya kembali. Padahal kejadian yang mereka anggap akan terjadi tersebut hanyalah angan atau pembatasan diri untuk tidak melangkah ke hal yang lebih baik lagi.

3. Melakukan hal negatif sama seperti orang yang memperlakukan mereka.

Salah satu dampak terburuk dari adanya luka batin yang terpendam ialah orang tersebut bisa memiliki perilaku yang sama dengan apa yang mereka dapatkan dari orang lain terhadap dirinya. Orang tersebut akan memaksa untuk diutamakan dari orang lain. Bahkan mereka juga akan memiliki kecenderungan untuk memuaskan ego pribadi. Hal ini karena mereka memiliki kekosongan dan menggunakan perhatian orang lain untuk mengisi kehampaan atas keinginan pribadi agar terpenuhi. Secara tidak langsung kondisi tersebut bisa disebut juga dengan pelampiasan dendam pribadi terhadap orang lain dan tentunya hal tersebut juga bisa menyakiti diri mereka sendiri.

4. Sulit memberi maaf atau mempercayai orang lain.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melepaskan luka batin yang terpendam adalah dengan mencoba memaafkan masa lalu. Namun, terkadang meski sudah memaafkan, masih tetap ada rasa ragu dan masih sulit untuk berdamai. Hal ini akan menimbulkan kondisi sulit bergaul dengan orang lain hingga sulit untuk mempercayai orang lain. Oleh karena itu, terkadang orang yang memendam luka batin cenderung mementingkan diri sendiri tanpa memedulikan keberadaan orang sekitar.

5. Cuek atau tidak peduli dengan apapun.

Tanda yang terakhir adalah adanya rasa cuek atau tidak peduli dengan orang lain. Kondisi ini tergolong salah satu dampak terburuk dari adanya rasa memendam luka batin pada diri sendiri. Artinya, mereka sudah digerogoti luka batin yang selama ini belum dilepaskan. Jika memang sudah seperti ini, sebaiknya cobalah untuk segera menyelesaikan kondisi tersebut.

Selanjutnya, apa saja ya cara untuk melakukan self healing secara pribadi? Ada beberapa cara untuk melakukan self healing, diantaranya adalah :

1. Me Time

Me Time merupakan waktu untuk diri sendiri. Dengan menerapkan cara me time, kita bisa melakukan berbagai hal berguna untuk diri sendiri. Misalnya dengan melakukan hobi yang selama ini dianggap begitu menyenangkan atau bahkan bisa melakukan liburan ke beberapa tempat yang memang ingin dikunjungi. Dampak positif yang didapatkan dari me time misalnya mampu membuat kita rileks sekaligus nyaman. Tentunya hal tersebut bisa menjadi metode pengobatan mental yang sebelumnya dalam kondisi luka.

2. Mindfulness

Mindfulness yang juga menjadi salah satu cara self healing yang bisa kita lakukan. Caranya juga cukup mudah, lho. Kita hanya perlu menutup mata yang dilanjutkan dengan menghirup udara segar. Metode ini dinilai berguna untuk diri juga pikiran pribadi, mulai dari membantu proses pengelolaan pikiran, perasaan, hingga lingkungan yang ada pada diri kita.

3. Memaafkan Diri sendiri

Salah satu hal yang membuat seseorang mengalami kondisi luka batin adalah tidak bisa memaafkan diri sendiri terhadap keadaan yang pernah mereka buat. Tentunya cara self healing terbaik dalam kondisi ini adalah dengan memaafkan diri sendiri. Ya memang tidak mudah sich untuk memaafkan diri sendiri, tetapi cobalah secara perlahan untuk menerima kenyataan. Hal ini akan membantu kita secara perlahan untuk bisa lebih tenang dan mendapatkan cara penyembuhan diri terbaik

4. Melakukan Kegiatan Positif

Selanjutnya adalah melakukan kegiatan positif juga bisa jadi sebuah cara self healing. Banyak banget lho kegiatan positif yang bisa kalian lakukan seperti hobi, berolahraga, berkebun, mendengarkan musik atau bisa juga dengan membaca buku dll.

5. Meditasi

Meditasi juga menjadi salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk self healing. Cara yang digunakan juga cukup mudah untuk diterapkan. Jika kalian melakukan meditasi di dalam kamar, maka kalian bisa mematikan lampu yang ada di kamar tersebut. Pilih posisi paling nyaman dan lanjutkan dengan meletakkan kaki pada tanah. lalu, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Tapi ingat ya, metode meditasi ini bisa berjalan dengan baik jika dilakukan pada tempat sepi dan tenang.

6. Tingkatkan Self Compassion

Self compassion bisa disebut sebagai kemampuan memahami keadaan emosi dalam diri sendiri. Selain itu, self compassion juga merupakan kemampuan respons emosi yang dialami serta keinginan agar bisa menolong diri sendiri. Metode self compassion dinilai bisa mempermudah kita untuk lebih memahami dan mencintai diri sendiri.

7. Bicara pada Diri Sendiri

Melakukan tindakan berbicara pada diri sendiri juga menjadi salah satu bentuk self healing. Kita bisa memanfaatkan cermin untuk berkaca dan mulailah untuk jujur pada diri sendiri. Cobalah untuk ungkapkan apa yang kalian rasakan selama ini. Hal ini dinilai bisa lebih mempermudah bagi kita dalam memahami diri sendiri sekaligus mempermudah kita untuk bersyukur atas kehidupan.

8. Menulis Ekspresif

Jika memang kalian tidak begitu terbiasa berbicara pada diri sendiri menggunakan media cermin, maka kalian bisa menggunakan cara menulis ekspresif. Cara ini dinilai akan mempermudah kalian untuk bisa mengerti bagaimana kondisi dari perasaan yang sedang dialami selama ini. Biarkan perasaan kalian tertuang dan mengalir dalam tulisan. Luangkan waktu untuk menceritakan semua yang kalian rasakan secara rutin. Secara perlahan kalian juga akan semakin mudah untuk memahami diri sendiri.

9. Memaknai Masa Lalu

Artinya, kalian bisa mencoba untuk mengubah pola pikir atau pandangan terhadap masa lalu sebagai salah satu bentuk pengalaman dan pembelajaran. Ambil pelajaran positif yang diperoleh dari masa lalu. Dengan begitu langkah kalian untuk maju ke masa depan juga akan lebih ringan.

Dengan menggunakan beberapa cara self healing seperti penjelasan di atas, kita akan makin mudah untuk bisa bebas dari luka batin yang terpendam. Selain itu, cara-cara di atas juga dinilai efektif untuk membantu kita lebih memahami diri sendiri termasuk emosi pribadi.

Nah, dari pejelasan di atas, kita jadi tahu nich, apa saja manfaat self healing. Diantaranya adalah:

1. Melakukan self healing bisa membantu untuk mengobati luka di masa lalu.

2. Sangat efektif untuk menghilangkan kecemasan sehingga kondisi stress.

3. Bisa menjadi metode peningkatan produktivitas kerja menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Melakukan self healing juga menjadi salah satu cara efektif untuk lebih mudah mengetahui kelebihan maupun kekurangan diri sendiri.

5. Self healing merupakan salah satu cara agar bisa menerima masa lalu maupun kesalahan secara lebih baik.

Itulah sedikit penjelasan terkait beberapa manfaat dari melakukan self healing . Jadi, jika kalian memang memendam luka batin jangan ragu lagi untuk segera menyembuhkannya dengan metode self healing maupun bantuan profesional seperti psikolog. Jadi gimana, akhir pekan ini kalian mau healing kemana nich?

Penulis : Nurul Musobiqoh

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini