Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL PULIHKAN BANGSA INDONESIA DARI PANDEMI COVID-19
Nurul Fatmawati
Kamis, 19 Mei 2022 pukul 07:58:49   |   73 kali

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional selalu ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908, organisasi yang didirikan para pemuda Indonesia dengan menyatukan segala perbedaan, mulai dari identitas, ideologi, dan bagaimana cara pandang kebangsaan pada awal lahirnya negara Indonesia. Budi Utomo yang terdiri dari berbagai sumber daya manusia terdidik, memiliki jiwa nasionalisme, dan memiliki tujuan untuk melepaskan bangsa Indonesia ini dari penjajahan, berhasil mewujudkan Bangsa Indonesia yang merdeka. Hari kebangkitan Nasional adalah hari yang memiliki makna sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Kebangkitan Nasional merupakan titik awal bagi Bangsa Indonesia untuk bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme, rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Selain itu, Kebangkitan Nasional juga merupakan langkah awal untuk rakyat Indonesia memiliki kesadaran agar mampu memperjuangkan Indonesia untuk merdeka.

Peringatan hari kebangkitan nasional bukan hanya sekadar peringatan berkala setiap tahunnya saja, kebangkitan nasional ini perlu diimplementasikan di dalam kehidupan sehari – hari. Implementasi dari adanya hari kebangkitan nasional sekarang ini dapat terlihat dari bagaimana Indonesia telah mampu bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang sudah menghantui Indonesia dan negara - negara lain selama kurang lebih 3 tahun ini, awalnya menjadi momok yang menakutkan untuk Indonesia. Akan tetapi, karena berbagai penanggulangan yang telah dilakukan Pemerintah Republik Indonesia dalam mengatasi kasus Covid-19 ini, sampai dengan sekarang kasus tersebut telah mengalami penurunan. Hal ini membuktikan bahwa Bangsa Indonesia mulai bangkit dari pandemi Covid-19 dan menginspirasi seluruh elemen masyarakat termasuk Pemerintah di tengah Covid-19.

Bangkitnya Bangsa Indonesia dalam menghadapi kasus pandemic Covid-19 ini merupakan bagian peran dari seluruh masyarakat dan instansi – instansi Pemerintah didalamnya. Salah satu dobrakan yang Pemerintah Republik Indonesia lakukan adalah melakukan pemulihan perekonomian Negara Republik Indonesia dengan cara merangkul para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sempat mengalami keterpurukan dalam masa pandemic Covid-19. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang juga berperan aktif dalam memulihkan perekonomian Bangsa Indonesia dengan cara mengadakan lelang secara online yang diadakan oleh KPKNL dengan merangkul para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tujuan memasarkan produk-produk UMKM yang mereka hasilkan.

Dalam Era sebelum pandemic Covid-19, pelaksanaan lelang dilakukan secara offline dan belum melibatkan para pelaku UMKM, akan tetapi pelaksanaan lelang sekarang dapat dilakukan secara online untuk menghindari kontak langsung. Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka mengatasi kasus pandemi Covid-19 yang terjadi. Kebangkitan Nasional diterapkan oleh seluruh pegawai dilingkungan KPKNL Semarang. Dengan adanya hari kebangkitan nasional ini diharapkan seluruh pegawai dapat membangkitkan semangat dalam menyelesaikan setiap pekerjaan walaupun mereka berada pada masa – masa sulit.

Kita berharap kebangkitan optimisme dan kebersamaan kita memulihkan perekonomian Bangsa Indonesia dapat terus ditingkatkan meskipun Covid-19 masih ada ditengah-tengah masyarakat Indonesia.

BANGKIT KITA, BANGSA INDONESIA TANGGUH!!!

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL!!!

Referensi Artikel:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210520/9/1395960/hari-kebangkitan-nasional-ini-harapan-mulia-sri-mulyani-untuk-ekonomi-ri.


Penulis Artikel:
Nurul Fatmawati Pelaksana Seksi HI KPKNL Semarang dan Janet Bertha Amelia.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini