Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
ALGORITMA MACHINE LEARNING pada lelang.go.id
Muhammad Waliyul Azman Nur Ritonga
Rabu, 27 April 2022 pukul 15:11:35   |   892 kali

Para pelelang maupun yang bergelut dibidang lelang dalam usaha agar objek yang dijual pada lelang.go.id laku, sering membuka kembali data para peserta lelang yang dimiliki dan kemudian memilih serta menghubungi peserta lelang tersebut yang dianggap cocok atau mempunyai potensi untuk membeli objek yang sedang ditawarkan demi meningkatkan peluang, nah itulah versi manualnya cara kerja algoritma Machine Learning.

Algoritma, suatu konsep berlandaskan ilmu matematika yang memungkinkan platform menyajikan tema konten sesuai kebiasaan para pengguna ketika menggunakan akun mereka. Algoritma menganalisis titik data tentang setiap pelanggan, seperti pembelian pelanggan sebelumnya, tren demografi, riwayat pembelian pelanggan lain untuk menentukan produk dan layanan apa yang mungkin direkomendasikan pada setiap pelanggan. Dengan algoritma halaman yang mempunyai akun pada suatu e-commerce akan dipenuhi dengan konten yang dianggap paling relevan dengan minatnya. Melalui algoritma machine learning, penyedia platform dapat 'memahami' kebutuhan dan kebiasaan penggunanya.

Melihat perkembangan bisnis e-commerce yang tepat tentunya keberadaan algoritma machine learning sangat penting dalam melihat preferensi konsumen untuk berbelanja produk-produk tertentu. Sebagai pengetahuan, ada beberapa penerapan algoritma machine learning pada e-commerce yang telah dilakukan, yaitu

1. Peranan Fitur Search pada Produk

Pada sebuah situs ecommerce, fitur search memiliki peran yang cukup penting. Setiap pengunjung yang datang akan menggunakan fitur ini untuk menemukan produk yang mereka mau. Nah, machine learning dapat diajari untuk mengoptimalkan fungsi pencarian ini. Misal, seseorang ingin mencari kaos dengan menggunakan keyword t-shirt maka machine learning seharusnya dapat memahami apa yang pengunjung inginkan. Dengan demikian user dapat memanfaatkan fitur search untuk menemukan produk mana yang akan dibeli. Dan oleh algoritma machine learning mampu memberikan rekomendasi produk kepada pengunjung. Hasilnya, pengunjung dapat merasa bahwa situs tersebut seperti hidup dan mampu melayani mereka dengan baik.

2. Penggunaan Similar Products

Penggunaan similar products juga mempengaruhi data untuk preferensi customer dalam keputusan pembelian produk. Dengan adanya penggunaan similar products akan membantu user untuk memilih produk mana dari sekian pilihan yang akan dibeli, harga produk, ketersediaan stok dan paket. Bermula dari kebiasaan pembeli atau toko yang memberikan pilihan lain, pendekatannya bisa berdasarkan user behavior atau dari spesifikasi produk. dengan begitu, customer diberikan pilihan yang bervariasi, sehingga exit time tidak terlalu cepat dan pengguna dengan mudah mendapatkan produk yang diinginkannya.

3. Rekapan History Pembelian

Selain yang telah diputuskan untuk dibeli, tidak sedikit kasus yang terjadi seseorang meninggalkan keranjang belanja mereka di situs e-commerce tanpa menyelesaikan proses transaksi. Konsepnya, machine learning akan mengingat riwayat pembelian dan memberikan saran produk yang sama kepada pengunjung tersebut ketika kembali mengunjungi situs.

Penerapan machine learning pada lelang.go.id

Strategi e-commerce dengan menggunakan algoritma machine learning dalam mengoptimalkan hasil penjualannnya dapat menjadi referensi bagi lelang.go.id untuk menuju level berikutnya, terutama dengan masuknya produk-produk UMKM pada lelang.go.id. Apakah machine learning secara otomatis dapat diterapkan pada lelang.go.id? Sama halnya dengan e-commerce lainnya, lelang.go.id mempunyai memiliki modal awal untuk dapat diterapkannya machine learning yaitu :

1. Barang/objek lelang yang ditawarkan untuk dijual/disewa

Jenis barang/objek lelang yang ditawarkan pada lelang.go.id menjadi salah satu komponen dalam penerapan machine learning, kriteria jenis barang dapat disesuaikan ragam jenis objek lelang yang ditawarkan, misalnya barang bergerak dan tidak bergerak, tanah, bangunan, kendaraan roda 4, kendaraan roda 2, dan sebagainya. Oleh karena itu masuknya produk UMKM pada lelang.go.id akan menambah ragam jenis barang yang ditawarkan yang juga akan menambah peluang jumlah calon pembeli yang mendaftar akun pada lelang.go.id.

2. Data Pemilik Akun pada lelang.go.id

Ilustrasi kecil dari pengalaman sebagian kita saat melewati sebuah toko dimana pemilik/pelayan toko tersebut sangat berusaha untuk menarik banyak orang untuk masuk kedalam tokonya, meskipun hanya sekedar melihat (belum membeli). Hal ini dikarenakan peluang untuk barangnya terjual bukan hanya dari orang yang berkunjung tersebut saja, tetapi peluang juga akan diperoleh dari “circle”orang tersebut. Oleh karena itu semakin banyak jumlah pemilik akun pada lelang.go.id maka peluang lakunya objek yang ditawarkan akan bertambah besar.

3. History pembelian maupun pencarian pada search box

Data history pencarian dan pembelian para pemilik akun pada lelang.go.id sangat dibutuhkan dalam penerapan Machine Learning agar rekomendasi/iklan yang disampaikan kepada pemilik akun dapat tepat sesuai yang diminatinya, dan peluang lakunya objek lelang yang ditawarkan akan lebih meningkat.

Mengingat keterbatasan dalam hal sumber daya manusia, biaya, aturan, dan lainnya, yang menjadikan hambatan dalam pengembangan lelang.go.id, sistem algoritma Machine Learning pada lelang.go.id sepertinya masih membutuhkan waktu menunggu yang lebih untuk dapat diterapkan secara otomatis. Namun, konsep algoritma Machine Learning perihal penyampaian promosi/pesan yang disesuaikan dengan minat calon pembeli dapat kita lakukan antara lain melalui pop up yang saat ini telah diterapkan pada lelang.go.id dalam mempromosikan lelang produk UMKM. Promosi melalui Pop up tersebut dapat lebih optimal apabila disesuaikan dengan history pencarian maupun pembelian yang telah dilakukan oleh si pemilik akun. Selain itu, saluran penyampaian promosi objek lelang juga dapat dengan menggunakan pesan langsung melalui contact person/email yang tersimpan pada lelang.go.id, dan kembali, promosi yang disampaikan akan lebih berpeluang meningkatkan capaian hasil apabila disesuaikan dengan minat para pemilik akun.

Penerapan konsep ini dapat dilakukan secara otomatis melalui system yang ada pada lelang.go.id, maupun secara manual sebagaimana yang telah biasa dilakukan oleh para insan lelang, sehingga dengan penerapan tersebut maka peluang lelang laku akan semakin meningkat, dan target lelang yang ditetapkan dapat tercapai, serta lelang yang memiliki peran dalam penegakan hukum dan membantu perekonomian Indonesia juga akan dapat lebih optimal.

Penulis: Wali Ritonga (JF Pelelang Ahli Muda KPKNL Pematangsiantar)

Daftar Pustaka:

1. https://mediaindonesia.com/teknologi/353560/kuasa-bahasa-algoritma-di-media-sosial

2. https://dqlab.id/penerapan-algoritma-machine-learning-dalam-e-commerce.

3. https://www.pointstar.co.id/blog/apa-itu-machine-learning/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini