Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Artikel DJKN
PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI PADA KPKNL TASIKMALAYA TAHUN 2022
Hadiwijaya
Selasa, 08 Februari 2022 pukul 14:06:19   |   530 kali

Pembangunan ZI WBK/WBBM merupakan salah satu arahan Presiden dan Wakil Presiden RI, bahwa pentingnya menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, bebas dari korupsi, terpercaya dan berintegritas dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Untuk itu pembangunan ZI WBK/WBBM merupakan suatu kebutuhan yang harus segera dilaksanakan dalam rangka meningkatkan percepatan reformasi birokrasi.

Ada enam tahapan dalam pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM yang harus dilalui oleh setiap unit kerja yang mengikuti penilaian. Tahapan pertama adalah Pencanangan Zona Integritas pada unit kerja. Tahapan kedua, yakni pembangunan terhadap enam area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Kemudian Tahapan ketiga, penilaian oleh Tim Internal. Tahapan tersebut dilanjutkan dengan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional. Tahapan kelima, penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK/WBBM. Sedangkan tahapan terakhir adalah penyerahan penghargaan ZI WBK/WBBM kepada unit kerja tersebut.

Pembangunan enam area perubahan pada KPKNL Tasikmalaya dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan yang didukung dengan berbagai inovasi untuk peningkatan kualitas pelayanan. Komitmen yang didukung dengan kontribusi optimal dan Integritas tinggi dalam pelayanan dari seluruh pegawai KPKNL Tasikmalaya untuk mewujudkan ZI WBBM di tahun 2021 belum berhasil mengantarkan KPKNL Tasikmalaya meraih predikat ZI WBBM 2021.

Oleh karena itu di tahun 2022 Kepala Kantor Wilaryah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Barat mengusulkan KPKNL Tasikmalaya melalui Nomor ND-1536/WKN.08/2021 tanggal 31 Desember 2021, sebagai unit kerja yang berpredikat Zona lntegritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM) pada tahun 2022. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Kepala KPKNL Tasikmalaya Nomor KEP-133 /WKN.08/KNL.05/2021 Tanggal : 31 Desember 2021 tentang PEMBENTUKAN TIM PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG TASIKMALAYA TAHUN 2022, KPKNL Tasikmalaya kembali berjuang dalam mencapai predikat ZI WBBM. Dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik internal KPKNL Tasikmalaya dan para pengguna layanan.sangat menentukan keberhasilan tersebut. Selanjutnya pembangunan ZI WBBM KPKNL Tasikmalaya dilakukan juga melalui sosialisasi yang berkelanjutan yang di mulai pada tanggal 9 Februari 2022. Untuk itu, mari dukung KPKNL Tasikmalaya untuk mewujudkan Anti Korupsi dan Pelayanan Prima untuk meraih predikat WBBM Tahun 2022. PASTI BISA.

(Tim Humas KPKNL Tasikmalaya)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini